2604
  2017-01-15       log.viva.co.id

Mengupas Rahasia Umur Panjang Warga Zona Biru

Rata-rata umur hidup orang Indonesia adalah 60 - 70 tahun. Namun, di belahan bumi lainnya ternyata ada daerah dimana warganya memiliki umur hidup hingga ratusan tahun. Dimanakah itu? dan apa rahasianya? Yuk simak rahasianya berikut ini

Nabila Ghaida Zia 82 views

Istilah zona biru pertama kali ditemukan oleh Dan Buettner dalam proyeknya yang bernama Quest Network Inc. Jadi Dan Buettner ini melakukan perjalanan keliling dunia untuk mencari tempat-tempat yang paling sehat dan menemukan rahasia sehat para penghuni tempat tersebut. Pengertian dari zona biru sendiri adalah daerah di dunia ini dimana penduduknya hidup dengan usia yang lebih panjang. Usia mereka bisa mencapai ratusan tahun dibanding usia warga normal pada umumnya. Misalnya di Indonesia sendiri saja rata-rata umur hidup seseorang adalah 60 sampai 70 tahun. Lalu dimana sajakah letak zona biru di dunia ini? Dan Buettner menemukan bahwa ada lima daerah di dunia ini yang memiliki kehidupan paling sehat. Daerah mana sajakah itu?

1. Wilayah pegunungan Barbagia, Sardinia, Italia

Para warga yang tinggal di wilayah pegunungan Barbagia, Sardinia, Italia termasuk yang memiliki usia paling panjang hingga lebih dari tujuh puluh tahun bahkan lebih dari seratus tahun. Mayoritas bekerja sebagai penggembala. Salah satu rahasia mengapa mereka memiliki usia yang panjang adalah karena kegemaran mereka yang selalu mengeratkan tali silaturahmi. Wah ternyata terbukti ya hadits Rasulullah SAW berikut ini:

“Barang siapa yang ingin dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung tali silaturahmi”. [Muttafaqun ‘alaihi].

Jadi, kalau moeslemates ingin panjang umur maka gemarlah untuk bersillaturahmi ya/

2. Pulau Okinawa , Jepang

Penduduk di Pulau Okinawa Jepang ini juga memiliki umur lebih dari seratus tahun. Apa rahasia mereka? ternyata rahasianya adalah dengan hara hachi bu, istilah dalam Okinawa yang artinya makanlah hingga anda merasa 80% kenyang, makanlah hingga anda tidak merasa lapar lagi tetapi jangan menunggu kenyang.

Penduduk di Pulau Okinawa juga memperhatikan sekali makanan yang mereka makan. Makanan yang mereka santap adalah hasil panennya sendiri yang masih segar dan nutrisinya masih banyak pula. Mereka memakan makanan yang rendah kalori namun tinggi protein yang rendah lemaknya.

3. Kota Loma Linda, California

Source: www.tempo.co

Di kota Loma Linda California terdapat sembilan ribu anggota komunitas Advent Hari Ketujuh, yang merupakan kelompok dengan usia terpanjang di Amerika

4. Ikaria, Yunani

Di Ikaria ini sesuai dengan penelitian dikatakan bahwa usia hidup penduduk disini memiliki usia 10 tahun lebih panjang dari usia hidup warga eropa lainnya. Bahkan persentase terbesar penduduknya adalah berumur sembilan puluh tahunan. Tingkat penderita kanker disana pun 20% lebih rendah dibandingkan dengan wilayah-wilayah di Yunani lainnya dan bahkan jarang yang mengalami penyakit demensia.

Salah satu rahasianya adalah bahwa mereka hidup di daerah yang rendah polusi, memakan makanan yang segar dan mengeratkan hubungan antarsesamanya.

5. Nicoya, Costa Rica

Siapa bilang negara berkembang identik dengan usia harapan hidup yang rendah. Hal ini tidak terbukti di Nicoya , Costa Rica. Justru disini banyak warganya yang memiliki usia harapan hidup panjang dibandingkan negara-negara maju lainnya.

Rahasianya pun sebenarnya sederhana saja yakni dengan banyak mengonsumsi air mineral yang kaya kalsium dan magnesium, memakan buah-buahan yang intens, dan mengeratkan hubungan dengan keluarga dan lingkungan sekitarnya

Jadi, Ini Nih Rahasia yang Bisa Kita Terapkan di Kehidupan Kita

Memang benar moeslemates bahwa tidak ada yang tahu sampai kapan umur kita. Namun, kita wajib menjaga kesehatan diri kita dengan melakukan gaya hidup yang sehat pula. Kita bisa menerapkan rahasia hidup sehat ala warga zona biru. Apa saja sih rahasianya? Ini dia rahasia mereka

1. Menjaga Pola Makan

Menjaga pola makan sangat penting sekali. Bukan hanya saja untuk menjaga berat badan agar tetap ideal namun juga bisa mengurangi resiko penyakit-penyakit degradasi yang muncul akibat pola makan yang salah. Pola makan warga zona biru cenderung memilih makanan yang rendah kalori, rendah lemak dan tinggi protein namun bernutrisi tinggi. Mereka selalu memperhatikan nilai kandungan apa saja yang terkandung di dalamnya. Mereka tidak membatasi jumlah makanan yang dimakan asalkan makanan tersebut rendah kalori dan tinggi protein. Banyak dari mereka yang memakan kacang-kacangan. Khusus untuk makan malam biasanya mereka makan pada sore menjelang malam tetapi tidak larut malam. Kalau dikonversikan pada waktu maka jangan makan malam melebihi pukul 7 malam. Mereka pun mengurangi minuman yang mengandung gula, karena mereka mengasosiasikan minuman yang mengandung gula dapat memicu penyakit degradasi seperti penyakit jantung dan diabetes.

2. Kedekatan Relasi dengan Keluarga

Bagi penduduk zona biru, keluarga adalah inti bagian dari penduduk zona biru. Kedekatan dengan keluarga sangat diutamakan. Mereka saling mendukung satu sama lainnya. Mereka saling menjaga satu sama lainnya. Mereka menjaga dan merawat orang-orang tua mereka. Bahkan ada penelitian yang menunjukkan bahwa jaringan sosial yang kuat dapat bermanfaat untuk mengurangi obesitas hingga risiko penyakit kronis. Komitmen mereka pada keluarga memberikan alasan dan motivasi yang kuat bagi mereka untuk terus menyibukkan diri yang membentuk satu tujuan kuat hingga mereka selalu termotivasi untuk menyambut tahun-tahun baru yang akan datang.

Dikatakan dalam sebuah hasil penelitian pada tahun 2009 bahwa,

"Tetap menyibukkan diri dan memiliki suatu tujuan membuat orang hidup lebih lama."

3. Aktif Berolahraga

Aktif menggerakkan anggota badan juga merupakan salah satu rahasia panjang umur warga zona biru. Mereka menggerakkan diri dengan aktif bergerak seperti berjalan kaki. Memiliki aktifitas fisik seperti ini bisa menjadi salah satu peredam dari rasa stress yang melanda.

4. Memakan Bahan Makanan Lokal

Hal ini seharusnya bisa kita jadikan contoh untuk mencintai produk dalam negeri. Rahasia penduduk zona biru memakan bahan makanan lokal adalah karena lebih segar tentunya. Mereka juga mengurangi makanan olahan karena sudah tentu makanan olahan yang sudah diawetkan memiliki kesegaran yang berbeda dibanding bahan makanan lokal yang tidak diawetkan.

Jadi, untuk para moeslemates pengen dirimu dan keluargamu panjang umur? Terapkan rahasia-rahasia di atas ya.

Selamat mencoba!

Like our facebook page if you like this article!



Related Tags
Curator Introduction

no comments

Follow Moeslema on SNS