2603
  2017-01-13       pixabay.com

Amalan Penggugur Dosa (Part-1)

Sejatinya, manusia tak pernah luput dari kesalahan, kesalahan kecil ataupun besar. Yuk intip, perbuatan-perbuatan (amalan) apa saja yang bisa menggugurkan kesalahan (dosa) kita.

Indah 351 views

Assalamu'alaykum Moeslemates,

Pernahkah Moeslemates mencoba untuk menghitung berapa banyak bintang di langit pada malam hari ? Pusing ga sih ? Serasa ga ada habisnya. Kemunculan bintang yang muncul dari arah manapun adalah hal tersulit untuk bisa menghitungya. Barangkali dosa juga begitu. Diantara pintu-pintu kebaikan yang Allah tunjukan, juga banyak pintu-pintu dosa yang syaitan bisikkan untuk menyesatkan manusia. Perbuatan dosa yang kita tidak tahu sudah sebanyak apa, mungkin timbangannya bisa lebih berat dari timbangan kebaikan kita (*hiks) hingga membuat kita terkadang sempat menimbulkan tanya, "apakah kita pantas masuk syurga ? ".

Akan tetapi sungguh Allah Maha Baik, ada perbuatan-perbuatan yang dengannya Allah gugurkan dosa-dosa kita, diantaranya :

Taubat

Source: yufidia.com

Dimulai dari bermuhasabah diri, memohon ampun, dan berjanji tidak akan melakukan kesalahan yang sama tentu kita lakukan untuk melakukan sebenar-benarnya taubat (taubat nasuha)

“Maka barangsiapa bertaubat sesudah melakukan kejahatan itu dan memperbaiki diri, maka sesungguhnya Allah menerima taubatnya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
(QS Al-Maidah : 39)

Dan orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri , mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui. (QS Ali Imran : 135)

Doa, Dzikir, Istighfar

Source: 4.bp.blogspot.com

Moeslemates tentu pernah mendengar bahwa doa adalah senjata umat muslim, bukan ? dan doa bisa mengubah apa yang tidak mungkin menjadi mungkin asalkan Allah ridho.

Istighfar, bagian dzikir yang dengannya menjadikan hati tentram.

Barang siapa yang berkata dalam sehari "Subhaanallahu wa bihamdihi" seratus kali maka gugur dosa-dosanya meskipun sebanyak buih di lautan. (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Barang siapa yang mengucapkan sebanyak tiga kali astaghfirullahallazi laailahailla hualhayyulqaiyum waatubuilaih, maka akan diampuni dosa-dosanya meskipun ia telah kabur dari medan pertempuran.
(HR Abu Dawud dan At-Tirmidzi)

Sabar

Source: rumaysho.com

Sabar, melatih hati untuk selalu mengedepankan husnudzhon.

Dengan sabar, Allah kirimkan rejeki dari arah yang tak diduga-duga.
Salah satunya Allah hapuskan diantara dosa-dosa kita.

...kecuali orang-orang yang sabar, dan mengerjakan amal-amal saleh; mereka itu beroleh ampunan dan pahala yang besar. (QS Hud : 11)

Berbakti kepada Orang Tua

Source: bksduaisyiyah.files.wordpress.com

Kasih Ibu sepanjang hayat dan kasih Ayah tak pernah kita duga.
Apapun bentuk bakti kita pada orang tua, InsyaAllah, Allah jadikan kita sebagai anak sholeh.

Dan doa anak sholeh merupakan salah satu dari tiga amalan yang pahalanya tak pernah putus jika kita meninggal dunia.

Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah. Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdo’a:

“Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri".

Mereka itulah orang-orang yang Kami terima dari mereka amal yang baik yang telah mereka kerjakan dan Kami ampuni kesalahan-kesalahan mereka, bersama penghuni-penghuni surga, sebagai janji yang benar yang telah dijanjikan kepada mereka. (QS Al-Ahqaf : 15-16)

Hijrah

Source: 65.media.tumblr.com

Hijrah, meninggalkan yang buruk, mendekatkan diri pada kebaikan.

Hijrah pun bergantung pada niatnya. Jikalau hanya untuk duniawi saja maka perihal duniawi saja yang akan kita dapatkan, beda jika hijrahnya semata mengingat Allah dan Rasulnya. InsyaAllah dunia-akhirat kita dapatkan.

... Maka orang-orang yang berhijrah, yang diusir dari kampung halamannya, yang disakiti pada jalan-Ku, yang berperang dan yang dibunuh, pastilah akan Ku-hapuskan kesalahan-kesalahan mereka dan pastilah Aku masukkan mereka ke dalam surga yang mengalir sungai-sungai di bawahnya, sebagai pahala di sisi Allah. Dan Allah pada sisi-Nya pahala yang baik. (QS .Ali Imran : 195)

to be continue ...

Nantikan part-2 nya ya, Moeslemates :)

Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Related Tags
Curator Introduction

no comments

Follow Moeslema on SNS