2601
  2017-01-20       pixabay.com

Amalan Penggugur Dosa (Part-2)

Amalan (Perbuatan-perbuatan) yang bisa menggugurkan dosa kita (bagian-2) Yuk, intiip

Indah Gumala Andirasdini 282 views

Assalamu'alaykum Moeslemates,

Berikut amalan-amalan lain yang bisa menggugurkan dosa-dosa kita. Juga sambungan artikel dari amalan penggugur dosa part-1 yang lalu. Untuk Moeslemates yang ketinggalan artikel sebelumnya, Moeslemates bisa buka link berikut

Sholat

Source: 1.bp.blogspot.com

Sungguh begitu sayangnya Allah kepada kita, Allah turunkan perintah sholat dimana salah satu faedah dari melaksanakan sholat adalah menggugurkan dosa-dosa kita sendiri.

Sholat-sholat lima waktu, dan sholat jum'at hingga sholat jum'at, ramadhan hingga Ramadhan berikutnya adalah penggugur dosa yang ada diantaranya selam dijauhi dosa-dosa besar." (HR Muslim)
Sesungguhnya jika seorang hamba sedang sholat, ia datang membawa dosa-dosanya dan Allah meletakkan dosa-dosanya itu di atas kepala atau pundaknya, maka setiap ia ruku‘ atau sujud dosa-dosa itu jatuh berguguran...” (HR.Ibnu Hibban dinyatakan shahih oleh Syaikh Syu’aib Al Arnauth,Kanzul Ummal 7/287)

Wudhu'

Source: candradewojati.com

Rasulullah SAW pernah bersabda, "Tidak diterima shalat salah seorang dari kalian apabila ia berhadas, hingga ia berwudhu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Jika dengan shalat Allah gugurkan dosa-dosa kita, wudhu yang menjadi syarat sahnya shalatpun menjadi salah satu amalan yang bisa menggugurkan dosa-dosa.

Tidaklah seorang lelaki muslim berwudhu lalu ia baguskan wudhunya lalu ia sholat kecuali Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang ada antaranya hingga sholat yang berikutnya.
(HR Al-Bukhari dan Muslim)

Infaq-Sedekah

Source: 4.bp.blogspot.com

Alangkah baiknya Infaq ataupun sedekah yang diberikan tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu juga. Pun tanpa dibatasi karena momentum sesaat dan biarlah ridho Allah semata yang menjadi tujuan kita.

Sedekah memadamkan dosa sebagaimana air memadamkan api. (HR At-Tirimidzi)

Jika kamu meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya Allah melipat gandakan balasannya kepadamu dan mengampuni kamu. Dan Allah Maha Pembalas Jasa lagi Maha Penyantun.” (QS Al-Taghabun : 17)

Haji/Umroh

Source: akhbarona.com

Naik haji bagi yang mampu, Rukun Isalm ke-5 mengingatkan kita bahwa Ibadah haji diwajibkan bagi muslim yang mampu baik secara materi dan jasmani (fisik), pun melaksanakan umroh.

“Orang yang berperang di jalan Allah, orang yang berhaji dan berumrah adalah tamu Allah. Allah memanggil mereka dan mereka menjawab panggilan itu. Karena itu ketika mereka meminta KepadaNya maka Allah mengabulkannya”. Seorang sahabat bertanya : “Wahai Rasulullah bukankah jihad itu adalah amal yang paling utama? Jawab Rasul: “Jihad yang paling utama adalah Haji mabrur” (HR Bukhari).

Teruslah melakukan haji dan umroh, karena keduanya menghilangkan kemiskinan dan dosa-dosa sebagaimana alat pandai besi menghilangkan karatan/kotoran besi, emas, dan perak.
(HR An-Nasaai dan At-Tirimidzi)

Berbuat Baik pada Sesama

Source: tango.image-static.hipwee.com

Berbuat apapun asal niatnya baik, insyaAllah mendapatkan kebaikan pula. Termasuk dengan membuang duri di tengah jalan lo Moeslemates.

Jangan pernah meremehkan bentuk perbuatan baik apapun, karena kita pun tidak tau, kebaikan apa saja yang mendatangi kita.

Bertakwalah kepada Allah kapanpun dan dimanapun engkau berada, dan berbuatlah kebaikan setelah keburukan niscaya kebaikan tersebut akan menghapus keburukan tersebut, dan berakhlak yang mulialah kepada manusia. (HR At-Tirmidzi)

Sesungguhnya perbuatan-perbuatan baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat. (QS. Hud : 114)

Wallahu 'Alam Bishawab

Semoga Allah senantiasa mendekatkan kita pada kebaikan-kebaikan :)
Aamiin

Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Related Tags
Curator Introduction

no comments

Follow Moeslema on SNS