2598
  2017-01-25       www.cosmopolitan.com

Cara Tepat Menyimpan Makanan Agar Tidak Basi

Sisa makanan tak termakan jangan langsung dibuang ya, moeslemates. Coba tips berikut untuk menyimpannya agar tidak mudah basi.

santi lisnawati 192 views

Seringkali masakan di rumah tersisa cukup banyak. Jika hal ini terjadi, pastikan untuk menyimpannya dengan baik agar bisa dimakan lagi. Tapi cara menyimpan sisa makanan yang tidak benar bisa membuatnya jadi basi dan akhirnya terbuang percuma. How to do it right? Coba simak tips berikut.

Jangan tutupi makanan yang masih panas

Untuk makanan yang masih panas, pastikan untuk tidak menutupnya agar uap panasnya tidak terperangkap. Uap panas yang terjebak dalam tutup makanan akan menimbulkan embun. Embun ini akan jatuh masuk ke makanan dan membuatnya cepat basi.

Simpan sisa makanan dalam wadah

Bagi sisa makanan ke beberapa wadah dalam porsi kecil lalu tutup dengan rapat. Makanan yang terlalu sering dipanaskan bisa menjadi racun. Itulah mengapa penting membaginya dalam porsi kecil agar kamu bisa memanaskannya sesuai porsi yang ingin dimakan saja.

Masukkan sisa makanan ke dalam kulkas

Jangan biarkan makanan berada dalam suhu ruangan, apalagi untuk makanan berkuah. Simpan baik-baik di dalam kulkas untuk dimakan lagi esok hari. Kualitas makanan yang disimpan di kulkas ini hanya bertahan untuk dua hari. Jadi jangan disimpan terlalu lama ya.

Panaskan makanan yang disimpan di kulkas

Hangatkan makanan dahulu setelah dikeluarkan dari dalam kulkas sebelum dimakan. Untuk makanan berbumbu seperti telur balado, tambahkan sedikit air lalu panaskan. Sedangkan untuk makanan berkuah pastikan memanaskannya hingga mendidih.

Lumayan kan moeslemates makanan sisa yang disimpan ini jadi bisa dimakan untuk esok harinya juga. Lebih hemat dan tidak perlu repot masak lagi. Tinggal hangatkan sisa makanan, beres tinggal dimakan saja :)

GOOD FOOD, GOOD MOOD :)
santi lisnawati
santi lisnawati
writing and traveling enthusiast
Like our facebook page if you like this article!
Category: RECIPE&CULINARY


Curator Introduction
santi lisnawati
santi lisnawati
writing and traveling enthusiast

no comments

Follow Moeslema on SNS