2585
  2017-01-13       belajarislam.com

3 'Bonus' Apabila Rajin Puasa Senin Kamis

Puasa senin-kamis sudah tidak asing bagi moeslemates yang rajin menjalankannya. Selain menambah pahala, ada manfaat lain dibalik rajin puasa senin-kamis lhoh moeslemates.

Novia Causal 643 views

Dear Moeslemates, puasa salah satu ibadah yang banyak memberi manfaat bagi kita. Saat manusia terlahir ke dunia, Allah telah melengkapi tubuh kita dengan seperangkat organ tubuh yang tidak berhenti bekerja selama 24 jam dan dalam 7 hari. Mulai dari organ pernafasan, pencernaan, pendengaran dan organ lainnya. Salah satu organ yang dapat manusia atur kinerjanya yaitu organ pencernaan. Kita dapat mengatur makanan apa yang seharusnya dicerna, seberapa banyaknya, kandungan gizinya sampai mengatur kapan saatnya organ pencernaan direhatkan sejenak.

Puasa salah satu cara yang mudah untuk membantu memperingan kerja organ pencernaan kita. Dengan begitu organ pencernaan dapat 'rehat' selama kurang lebih 12 jam dari aktifitas 'pengolahan' makanan. Kita ibaratkan organ pencernaan sebagai 'mesin' yah. Apabila 'mesin' dirawat dan tidak dipaksa bekerja terus menerus, maka umur 'mesin' tersebut dapat lebih panjang.

Selain puasa ramadhan sebagai puasa wajib, ada puasa yang dapat kita jalankan tanpa harus menunggu bulan atau tanggal yang tepat untuk berpuasa yakni puasa sunnah senin-kamis. Puasa senin-kamis dapat kita lakukan dengan praktis dan mudah. Dalam waktu 7 hari kita mengistirahatkan organ pencernaan kita selama dua 2 hari. Apabila dilakukan selama satu bulan maka kita dapat mengistirahatkan organ pencernaan kita selama 8 hari. Lumayan membantu kinerja organ pencernaan kita moeslemates. Selain dapat mengistirahatkan organ pencernaan, ada loh manfaat lain yang akan kita peroleh dikemudian hari.

1. Tubuh Akan Detoksifikasi Racun Secara Alami

Saat kita makan, kita tidak sadar akan kandungan makanan yang kita masukkan ke dalam tubuh kita. Apabila kita mengistirahatkan organ pencernaan kita, zat merugikan yang mengganggu pencernaan dapat kita cegah. Selain puasa dapat membantu mencegah zat racun masuk ke dalam tubuh, ternyata tubuh kita memiliki kemampuan dengan sendirinya melakukan detoksifikasi racun-racun yang masuk ke dalam tubuh .

Puasa juga salah satu bentuk detoksifikasi paling alami dan natural yang dapat dilakukan, daripada melakukan diet tertentu
Source: dr. Mehmet Cengiz Oz (DR.OZ)

Organ hati, ginjal, usus besar secara otomatis akan memilah dan memilih makanan yang didalamnya terdapat racun yang harus dikeluarkan atau didetok. Dengan puasa, selain kita dapat mencegah memasukkan zat racun ke dalam tubuh, kita juga dapat membantu organ tersebut melakukan detoksifikasi racun.

Source: amazing.com

detoksifikasi tubuh manusia dengan sayuran

2. Dibukakan Pintu Surga

Beberapa dari kita sering bertanya dalam hati, mengapa harus Senin dan Kamis? Kenapa bukan Selasa dan Rabu? Ternyata ada alasannya moeslemates,

Pintu-pintu Surga di buka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Alloh dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap orang ini sampai keduanya berdamai. (HR. Muslim)
Source: HR.Bukhari Muslim

Pintu surga dibukakan oleh Allah setiap hari Senin dan Kamis. Sebagai umat muslim, disunnahkan untuk berpuasa senin-kamis dan perbanyak amalan sunnah untuk mendapatkan pengampunan dosa atas perbuatan yang telah kita lakukan.

Source: tribun.jabar.com

Sesungguhnya di surga ada satu pintu yang namanya “Ar-Rayyan,” yang akan di masuki oleh orang-orang yang sering berpuasa kelak pada hari kiamat, tidak akan masuk dari pintu itu kecuali orang yang suka berpuasa. di katakan : manakah orang-orang yang suka berpuasa? maka mereka pun berdiri dan tidak masuk lewat pintu itu kecuali mereka, jika mereka telah masuk, maka pintu itu di tutup sehingga tidak seorang pun masuk melaluinya lagi.
Source: (HR Bukhori dan Muslim)

Dari kutipan hadist di atas, tergambar betapa nikmatnya apabila kita rajin puasa senin-kamis. Ada satu pintu surga yang dibukakan khusus untuk umat muslim yang senang berpuasa senin-kamis.

3. Berat Badan Stabil

Source: amazonaws.com

Puasa dapat membantu kita mengatur pola makan. Sahur dipagi hari digunakan untuk mengisi energi selama berpuasa, dengan kata lain sebagai pengganti sarapan dipagi hari. Energi yang diperoleh dari sahur digunakan untuk beraktifitas sampai berbuka. Otomatis waktu kita untuk mengkonsumsi makanan lain tidak ada, dan tubuh akan membakar energi dan lemak yang kita miliki. Kebutuhan kalori manusia sehari kurang lebih 2000 kalori. Misal makan sahur kita makan berat nasi,lauk, sayur dengan total kalori kurang lebih 500 kalori. Masih ada sisa 1500 kalori. Saat berbuka puasa , makan makanan berat kurang lebih 500 kalori masih sisa 1000 kalori, tidak ada penambahan kalori, alhasil berat badan kita tetap stabil bahkan bisa menurun moeslemates.

Moeslemates semua, Islam mengajarkan kita beribadah sesuai firman Allah yang tertulis di dalam Al-Qur'an dan diperjelas melalui Hadist. Dibalik apa yang difirmankan Allah , pasti ada manfaat dan hikmahnya apabila manusia dengan ikhlas menjalaninya. Seperti Allah memerintahkan manusia untuk berpuasa, ternyata ada manfaat dibalik itu semua yang manusia saat ini tidak merasakan. Semoga yang saya share ini bisa membantu kita untuk memperbaiki ibadah kita menjadi lebih baik lagi ya moeslemates.

Novia Causal Novia Causal
A precious woman with a great husband
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Related Tags
Curator Introduction
Novia Causal
Novia Causal
A precious woman with a great husband

no comments

Follow Moeslema on SNS