2575
  2017-01-14       whytoread.com

Tips Memasak Untuk Para Pemula (Part 2)

Bagi para pemula, memasak akan jadi proses yang menegangkan. Jangan panik moeslemates, yuk pelajari apa saja yang harus kamu tahu tentang memasak.

santi lisnawati 163 views

Food is a passion. Food is love - quote by Hector Elizondo

Melihat berbagai resep makanan yang kian variatif, rasanya tangan ikut gatal ingin coba membuatnya juga. Untuk moeslemates yang hobi dan sudah biasa memasak, mungkin akan lebih mudah untuk membuat suatu resep. Lalu bagaimana dengan para pemasak pemula? You better read this tips.

Panaskan wajan sebelum memasak

Jangan pernah langsung memasukkan bahan makanan ke wajan sebelum api kompor dinyalakan. Pastikan memanaskan wajan dengan api sedang selama beberapa menit dahulu. Baru kemudian masukkan bahan makanan yang akan dimasak.

Cairkan es pada daging beku

Jangan memasak bahan makanan daging (sapi, ayam atau seafood) dalam keadaan beku. Keluarkan dulu daging dari dalam freezer lalu rendam dalam air agar es nya cepat mencair. Lalu pastikan keringkan daging dahulu, lap dengan kain bersih sebelum dimasak.

Diamkan daging sejenak setelah matang

Jika moeslemates memasak daging, coba diamkan selama 5 menit setelah daging matang agar tekstur juicy-nya tetap terjaga. Setelah itu baru nikmati hidangan daging yang super juicy dan lezat :)

Gunakan sendok takaran yang seharusnya

Source: www.amazon.com

Terbiasa menggunakan alat makan di rumah sebagai takaran bahan memasak? Tinggalkan kebiasan tersebut. Sendok yang moeslemates gunakan tentu memiliki ukuran berbeda-beda. Paling tepat adalah menggunakan sendok takaran yang seharusnya. Hal ini demi menghindari kesalahan takaran yang nantinya memengaruhi rasa masakan.

Perhatikan besar api saat memasak

Source: www.oprah.com

Perhatikan besar api yang dibutuhkan sesuai panduan resep masakan. Sesuaikan besar api dengan bahan masakan serta proses memasak yang dilakukan.

Jangan terlalu banyak improvisasi

Source: whytoread.com

Saat pertama kali mencoba memasak suatu resep, usahakan jangan terlalu banyak berimprovisasi. Boleh saja membuat catatan tambahan sesuai yang kamu harapkan untuk percobaan memasak berikutnya. Di saat itulah silakan mengganti bahan makanan yang kurang moeslemates suka dengan bahan lain. Pastinya dengan tidak banyak mengubah rasa awal dari masakan tersebut.

Jadilah fleksibel

Gagal saat percobaan memasak? Jangan cepat menyerah karena daging gosong atau rasa masakan yang tidak pas ya, moeslemates. Jika hal ini terjadi, sah saja kok untuk akhirnya beli makanan di luar atau delivery :)

Remember, kegagalan adalah satu langkah lebih dekat menuju keberhasilan. Just chill and don't give up!

Siapa bilang memasak itu gampang? It is indeed, jika kamu rajin berlatih hingga betul-betul bisa menghasilkan masakan sesuai resep atau bahkan selevel dengan hasil karya chef restoran bintang lima. Practice makes perfect :)

santi lisnawati
santi lisnawati
writing and traveling enthusiast
Like our facebook page if you like this article!
Category: RECIPE&CULINARY


Curator Introduction
santi lisnawati
santi lisnawati
writing and traveling enthusiast

no comments

Follow Moeslema on SNS