2569
  2017-01-11       assets.entrepreneur.com

5 Hal Positif yang Akan Kalian Dapatkan Dari sebuah Penyesalan

Ada banyak hal yang bisa kalian dapatkan dari fase penyesalan. Mungkin tidak semuanya kalian sadari. Coba cek artikel ini yuk untuk lebih mengetahui hal positif tersebut.

Deane Lene 35 views

Beberapa penelitian mengatakan bahwa ada banyak hal positif yang bisa kalian dapatkan dari sebua fase penyesalan. Hal positif tersebut dapat membangun dan mendorong diri kalian menjadi lebih baik lagi dimasa yang akan datang. Mungkin dampaknya tidak akan terasa secara instan dalam jangka waktu dekat. Namun seiring waktu berjalan, hal positif ini akan menjadikan diri kalian lebih baik lagi dimasa yang akan datang.

Biasanya hal ini terjadi pada mereka yang berada pada usia muda. Mereka menganggap bahwa penyesalan adalah salah salah satu cara untuk memperingatkan dirinya terhadap sebuah kesalahan dan segera mengambil sisi positifnya untuk terus melanjutkan kehidupannya. Mereka menganggap bahwa penyesalan adalah salah satu cara untuk memotivasi dirinya untuk terus melakukan evaluasi diri demi masa depan yang lebih baik. Beberapa hal positif diantaranya adalah :

1. Berkembangnya wawasan

Sebuah kegagalan tidak hanya mendatangkan penyesalan. Dibalik penyesalan yang datang pada dirimu terdapat sesuatu hal positif yang bisa kalian ambil.

Sebuah kegagalan terjadi akibat tidak utuhnya sebuah informasi yang kalian kumpulkan dan kalian dapatkan. Dengan kesalahan, kalian mengetahui hal apa yang hilang dan belum kalian ketahui. Kedepannya, ketika kalian menghadapi persoalan yang serupa, kalian tidak akan gagal lagi selama kalian mengingat hal apa yang terjadi dimasa lalu dan bagaimana cara mengatasinya dimasa yang akan datang.

Selain itu, ketika kalian berada pada fase penyesalan, kalian akan menyadari tingkat kemampuan diri kalian sudah sampai mana. Ada dua kemungkinan pada kondisi ini. Pertama, kemampuan kalian berada dibawah rata-rata standari keberhasilan yang artinya kalian harus terus belajar dan terus mengasah kemampuan kalian agar keahlian dalam bidang tersebut meningkat. Kedua, kemampuan kalian diatas rata-rata dan kondisi saat itu tidak cocok dengan kemampuan yang kalian miliki. Ada baiknya kalian mencari lingkungan yang cocok dengan kemampuan kalian saat ini.

Dua hal itu adalah sisi positif yang bisa kalian ambil dalam fase penyesalan dan meminimalisir kalian untuk menyalahkan diri sendiri karena kegagalan. Teruslah berusaha, berpikir dan memandang dari sisi positif dalam kehidupan. Maka penyesalan yang kalian alami bukan hal yang sia-sia.

2. Menyadari dan berani menghadapi kenyataan

Berhentilah menyalahkan diri sendiri!
Berhentilah menyalahkan keadaan!

Sadari dan terimalah kenyataan bahawa hal yang tidak menyenangkan telah terjadi pada diri kalian!
Ikhlaskanlah!

Jika kalian terus menerus berfokus terhadap masalah, sampai kapanpun kalian tidak akan pernah menemukan solusi yang terbaik untuk menghadapi masalah tersebut dimasa yang akan datang.

Ketika kalian sudah mengatakan dan meyakinkan pada diri kalian bahwa "ya. hal itu telah terjadi dan aku menyesalinya."

Pada tahap ini kalianmulai mengikhlaskan kesalahan yang telah kalian perbuat dan memaafkan kelalaian diri kalian dimasa lalu. Memang pernyataan ini tidak mengubah seuatu hal yang telah terjadi tetapi dengan pernyataan ini kalian sudah mulai mengikhlaskan dan mau membuka diri untuk sebuah perubahan.

Jangan takut untuk menghadapi kondisi yang serupa ketika kalian mengalami kegagalan. Kegagalan pada awal percobaan itu biasa namun usahakan kalian tidak akan gagal untuk percobaan kedua dan seterusnya dengan kondisi yang sama ya moeslemates.

Teringat sebuah kutipan dari buku yang pernah aku baca, sang penulis mengatakan bahwa:

Dewasalah! Duniamu saat ini bukanlah dunia dongeng seperti yang ku buat saat ini. Sadarilah! Bahwa kesalahan, penyesalan dan keberhasilan selalu datang silih berganti dengan moment yang cepat juga tidak terduga. Belajarlah segala hal dari mereka untuk mendapatkan kebahagiaan kelak.

3. Meningkatkan kemampuan

Ternyata dibalik sebuah penyesalan, terbuka pintu peluang bagi kalian untuk terus melangkah kemasa depan loh.

Ketika kalian berada dalam suatu lingkungan sosial yang mengetahuin bagaimana cara kalian menghadap, dan bagaimana proses mempelajari sebuah kegagalan kemudian setelahnya terjadi sebuah perubahan dalam pribadi kalian dalam menghadapi masalah tersebut, disaat itulah orang lain mempertimbangkan kepribadianmu yang tangguh saat menghadapi masalah.

Mereka akan mempertimbangkan kalian untuk memberikan kesempatan kedua atau bahkan kesempatan lain yang jauh lebih besar skalanya agarkalian lebih merasa tertantang.

Jadi, jangan lagi merasa segera putus asa saat menghadapi kegagalan dan penyesalan ya moeslemates.

4. Pengalaman

Jika kalian megambil hal positif dan mempelajari sesuatu dari sebuah kegagalan dan penyesalan, pasti dimasa depan kalian tidak akan gagal untuk kesekian kalinya karena kalian telah berpengalaman dengan kondisi terebut.

Pada tahap inilah kalian menjadi pribadi yang lebih unggul daripada orang lain disekitar kalian yang tidak memiliki pengalaman yang sama dimasa lalu. Mungkin mereka baru megalaminya saat ini sedangkan kalian sudah berpengalaman sebelumnya. Bisa dikatakan kalian selangkah lebih unggul dibandingkan yang lainnya.

Pengalaman yang kalian miliki saat ini bisa kalian bagikan kepada mereka yang baru kali ini merasakan fase penyesalan persis seperti yang kalian rasakan dulu. Dengan pengalaman juga kalian terlihat sebagai pribadi yang lebih matang dan lebih dewasa ketika menghadapi sebuah masalah. Jadi, masa lalu yang pahit akan berbuah mais selama kalian menyadari dan mempelajari kondisi dan keadaan tersebut sebaik mungkin.

5. Peningkatan hubungan sosial

Ketika kalian memiliki permasalahan pada hubungan sosial dimasa lalu, sebuah penyesalan adalah guru yang sangat penting untuk membantu menyadarkan diri kalian bahwa apa yang telah kalian lakukan salah karena telah menyinggung perasaan seseorang atau bahkan membuatnya tidak nyaman sehingga orang tersebut lebih memilih untuk menghindari kalian.

Setelah kalian melewati amsa penyesalan itu, kalian menyadari bahwa seberapa penting arti sebuah hubungan sosial yang baik dan bagaimana cara mempertahankannya. Memulai suatu hubungan pada orang lain tergolong mudah, namun tugas terberat dari hal ini adalah bagaimana cara kalian untuk mempertahankannya agar terjalin dengan baik dalam jangka waktu yang panjang.

Moeslemates, ketika kalian gagal mempertahankannya bukan berarti kalian gagal untuk segala-galanya ya. Kegagalan memahami kepribadian orang lain adalah awal perkenalan yang sebenarnya. Setiap hubungan selalu memiliki masalah dan tidak selalu mulus. Jadi, ketika kalian merasa berbuat suatu kesalahan dan kalian telah menyesalinya, ada baiknya kalian segera mengakui dan menyampaikan perasaan bersalah kalian pada orang tersebut dan sampaikan pula bahwa kalian telah menyesalinya. Penyampaian rasa penyesalan secara tulus dari hati akan mengalahkan keegoisan seseorang untuk mempertahankan dirinya.

Dari proses kalian membuat kesalahan hingga mendapatkan kesempatan baru untuk memperbaikinya adalah cara kalian mempelajari sesuatu hal yang baru dan tentunya akan berdampak postif untuk masa depan kalian selama kalian menghadapinya dengan sikap yang positif.

Kesimpulan

Ketika kalian berada dalam sebuah kondisi penyesalan, ada baiknya kalian berserah diri, mengaku kesalahan dan menerima kenyataan bahwa hal tersebut telah terjadi. Dengan begitu kalian akan melihat sisi positif dari sebuah penyesalan.

Jangan berhenti untuk teru mengevaluasi diri.
Jangan berhenti untuk terus belajar.
Jangan berhenti untuk terus mencari sisi positif terhadap hal apapun dalam kehidupan.

Dengan kaian yang selalu mendari sisi positif dalam kehidupan, kalian akan merasakan kebahagian yang tidak terhingga. Dengan kebagagiaan, semua permasalahan akan terasa lebih ringan untuk dilalui dan diselesaikan.

Deane Lene Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


no comments

Follow Moeslema on SNS