2561
  2017-01-12       ayobuka.com

4 Hal Penyebab Munculnya Rasa Penyesalan

Mungkin sebagian dari kalian tidak menyadari 4 hal penyebab munculnya penyesalan dalam diri kalian. Coba cek di artikel ini yuk!

Deane Lene 113 views

Mungkin sebagian dari kalian masih belum menyadari hal-hal apa saja yang bisa menyebabkan munculnya sebuah rasa penyesalan dalam diri kalian. Biasanya kalian akan menyalahkan keadaan dan mengesampingkan evaluasi diri sendiri. Jika kalian cermati, sebuah penyesalan berasalkan dari konflik diri dengan realita yang terjadi saat ini. Tidak selarasnya sebuah harapan dengan kenyataan membuat penyesalan itu muncul.

Hanya sedikit orang yang menyadari hal tersebut berasal dari kesalahan diri sendiri. Berikut 4 hal yang sering terabaikan oleh kalian, 4 penyebab tersebut diantaranya adalah:

1. Tidak siap

Ketika kalian merencanakan segala hal agar berjalan dengan baik seringkali kalian melupakan bagaimana mempersiapkan jika hal itu tidak berjalan sesuai dengan rencana yang kalian buat.

Kalian merencanakan cara A, B, C namun pada kenyataanya tidak ada satupun rencana yang kalian buat dapat berjalan sesuai dengan harapan kalian. Hingga akhirnya kalian frustrasi dan tidak dapat berpikir dengan baik. Hal ini sangat berbahaya jika tidak dapat diatasi dengan baik. Sebab pada fase ini kalian mengarah pada menyalahkan diri sendiri dan dalam kondisi tertentu kalian bisa mengalami depresi.

Jadi ada baiknya ketika kalian menyiapkan segala hal demi keberhasilan, kalian juga harus menyiapkan segala hal untuk mengatasi kegagalan. Dengan begitu kalian dapat mengatasi kondisi ini dengan baik dan terhindar dari keterpurukan yang berlarut-larut.

Iklhaslah dalam melakukan sesuatu. Dengan keiklhasan, akan mempermudah langkah kalian menuju keberhasilan dan melapangkan hati kalian jika gagal dalam pencapaian.

2. Harapan yang tidak realistis

Ketika kalian menggantungkan sebuah harapan atau cita-cita di masa depan boleh saja setinggi mungkin namun tidak terlepas dari unsur realistis. Walaupun tidak ada yang tidak mungkin terjadi atas dasar campur tangan tuhan dalam kehidupan kita, tetap saja cita-cita yang kalian miliki harus realistis.

Seperti menjadi seseorang yang terkenal, walaupun kalian saat ini belum ada hal yang bisa menjadi daya tarik atau masih biasa-biasa saja, seiring berjalannya waktu, kalian akan mendapatkan hal-hal penunjang untuk menjadi seseorang yang terkenal. Dengan usaha yang giat juga menjadi salah satu jalan bagi kalian untuk meraih cita-cita. Itu adalah suatu contoh cita-cita yang tinggi dan realistis.

Jika kalian memilik cita-cita yang tidak realistis dan tidak adanya usaha untuk mendekatkan diri pada cita-cita tersebut, tentunya kalian akan merasa terpuruk dan kehilangan kepercayaan atas kemampuan dan keistimewaan yang diri kalian miliki.

Seperti sebuah kutipan dalam salah satu buku yang pernah aku baca bahwa:

Pikirkan sebuah cita-cita yang sangat tinggi hingga kamu tidak dapat menggapainya. Hingga kamu membutuhkan campur tangan tuhan sebagai salah satu penolongmu. Pada saat itulah kamu tahu bahwa kuasa tuhan mengalahkan segala-galanya. Berusahalah dengan gigih mendekati cita-citamu hingga tuhan menyadari bahwa kamu bersungguh-sungguh terhadap tujuanmu.

Kutipan itu mengingatkan kita bahwa kita bisa memiliki cita-cita yang tinggu namun jangan sampai lupa kepada siapa kita harus menggantungkan cita-cita kita yang sebenarnya.

3. Keberhasilan orang lain sebagai tolak ukur

Source: i.huffpost.com

Jangan pernah menganggap keberhasilan orang lain menjadi standar keberhasilan kalian loh ya. Mengapa?

Moeslemates, setiap pribadi memiliki karakteristik yang unik dan berbeda-beda dan tentunya hal ini juga berpengaruh terhadap keberhasilan seseorang. Ketika kalian mencoba untuk menyamakan suatu keberhasilan dengan orang-orang yang ada disekitar kalian, sama saja kalian tidak percaya diri loh. Hal ini sangat berbahaya sekali. Mengapa?

Dengan menjadikannya keberhasilan seseorang dalam suatu hal sebagai tolak ukur kalian, secara tidak langsung kalian tidak akan pernah puas dengan pencapaian diri kalian sendiri hingga akhirnya kalian mengesampingkan nilai-nilai positif seperti kejujuran, kreatifitas, originalitas dan sebagaianya. Kalian akan tumbuh menjadi pribadi yang ambisius dan tidak ingin terkalahkan kepada siapapun.

Jadi, mulai sekarang kalian harus mulai menghargai diri sendiri. Apapun pencapaian yang telah kalian dapatkan, berbahagialah dan syukuri pencapaian-pencapaian tersebut. Ingatlah bahwa diri kita berbeda dengan orang lain dan cara kita untuk meraih sebuah kesuksesan pun berbeda begitupula hasilnya.

Sadari bahwa kalian didunia ini tidak sedang berlomba-lomba keuksesan dengan orang lain. Karena kesuksesan yang kalian raih hanya akan dilihat sepintas oleh orang lain begitupula dengan kondisi kalian saat ini. Karna sesungguhnya mereka tidak terlalu memikirkan kondisi kalian. Jadi, tidak perlu takut untuk menjadi diri sendiri.

4. Tidak berpikir secara matang

Biasanya, kalian akan merasa menyesal jika keputusan yang kalian ambil tidak tepat atau bahkan mendekati kesalahan fatal. Penyebab dari al tersebut adalah kalian tidak berpikir dengan sebaik mungkin dan memikirkan segala kemungkinan yang akan terjadi bila keputusan itu kalian ambil.

Moeselemates, ada baiknya kalian berpikir lebih banyak dan lebih mendetail ketika hendak mengambil sebuah keputusan. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya sebuah penyesalan diakhir keputusan. Pada kondisi ini kalian akan menyalahkan diri secara langsung dan menyesali keadaan yang terjadi saat itu. Hal ini juga berdampak pada mereka yang ada disekitar kalian loh.

Biarkan orang lain berpendapat bahwa kalian penuh pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Mungkin mereka yang beranggapan seperti itu tidak pernah mengambil satu hal penting dari sebuah penyesalan, yaitu pembelajaran dari sebuah kesalahan dimasa lalu dan bagaimana cara menjadi lebih baik dimasa yang akan datang. Jadi yakinkan diri kalian bahwa kalian harus memiliki pemikiran secara mendetail setiap kali ingin mengambil sebuah keputusan.

Deane Lene Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


no comments

Follow Moeslema on SNS