2547
  2017-01-24       pbs.twimg.com

Berkunjung ke Kampung Inggris Pare (Part 3)

Di Kediri ada sebuah daerah yang dinamakan Kampung Inggris, lho! Yuk kenali lebih dalam tempat wisata yang paling nge-hits di Kampung Inggris Pare

Nabiilah Hassa 318 views

Tempat-tempat berikut di bawah ini menjadi tempat wajib yang harus di kunjungi Moeslemates selama berapa di Pare Kediri.
Untuk itu mari mengenali terlebuh dahulu seperti apa tempat-tempat yang dimaksud.

1. GUMUL

Simpang Lima Gumul menjadi ikon dari Kota Kediri yang menyerupai Arc de Triomphe di Paris.
ukiran yang terdapat di monumen Gumul merupakan simbol dari sejarah Kediri.

Pada Malam hari kesan yang diberikan lebih eksotis dan menawan. Lampu-lampu berwarna kuning menambah kemewahan.

Gumul menjadi wisata yang wajib dikunjungi Moeslemates saat berada di Kediri.
Lokasinya pun sangat strategis karen merupakan persimpangan jalan yang menjadi titik pertemuan lima ruas jalan.

Waktu tempuh ke monumen Gumul dari kampung inggirs mencapai 1 jam dengan menggunakan kendaraan roda empat. Namun tak jarang gerombolan pelajar berbondong-bondog menuju Gumul menggunakan sepeda dengan waktu tempuh 1,5-2 jam.

2. CANDI SUROWONO

Candi Surowono merupakan peninggalan sejarah bangsa Hindu pada jaman Majapahit yang terletak di Kediri Jawa Timur. Candi ini memang tidak sebesar Candi Borobudur, bahkan candi ini terlihat seperti belum selesai dibangun. Terlihat dari banyaknya arca atau candi yang masih berserakan di pelataran.

Halamanya terawat, terlihat dari kerapihan serta kebersihan lingkungan sekitar candi. Biaya masuk candi ni pun relatif murah kisaran 2.000 hingga 3.000 rupiah, biaya parkir sepeda seberas 1.000 rupiah

Jarak tempuh menuju candi ini lebih dekat dari gumul. Tak jauh dari sini ada wisata lain yang lebih seru dan menantang.

Pemandangan sekitar candi dari atas Candi Surowono

3. GOA SUROWONO

Konon GOA SUROWONO dibuat pada jaman Kerajaan Kediri. Goa ini menjadi sistem kanal pada jaman tersebut. Goa Surowono merupakan akses lain menuju kota Kediri melalui jalan bawah tanah. Sepanjang Goa dialiri air sungai yang jernih dan deras.

Berdasarkan cerita warga sekitar, dahulu kala Goa ini menjadi tempat persembunyian para Raja dan persembunyian dari musuh-musuh pada jaman penjajahan Belanda.uniknya sepanjang jalan permukaan atas Goa merupakan pemukiman warga sekitar.

Terdapat lima pintu Goa. Satu pintu diantaranya merupakan akses menuju Gunung Kelud namun hingga kini belum ada yang sanggup melaluinya, dikarenakan akses goa tersebut semakin curam dan mengharuskan Moeslemates untuk merungkuk sepanjang perjalanan sehingga bisa membuat kesulitan untuk bernafas.

Di dalam Goa terdapat banyak cabang yang bisa bisa dilalui namun bisa menyesatkan Moeslemates juga dalam perjalanan. Untuk itu sangat dibutuhkan bahkan diharuskan menggunakan jasa Tour Guide untuk melalui Wisata Goa Surowono ini.

Penerangan (senter) sangat dibutuhkan, karena tidak ada sumber pencahayaan sama sekali di dalam Goa . Dalam satu team yang menelusuri Goa biasanya terdapat 10-15 orang dengan 1 Tour Guide. Semakin dalam menelurusi Goa tinggi air mencapai Perut Moeslemates. Permukaannya terdiri dari batu-batu licin sehingga harus sangat berhati-hati.

Dibutuhkan konsetrasi serta keseimbangan saat melalui Goa ini. Saat mulai memasuki bibir Goa Moeslemates masih bisa berjalan normal degan tegak namun perlahan-lahan Moeslemates harus merungkukkan badan sedikit-demi sedikit, hingga posisi ruku dan juga oksigen yang terdapat di dalam Goa menjadi alasan yang memaksa Moeslemates untuk memiliki kondisi tubuh yang fit sebelum menjelajah Goa Surowono.

Pintu masuk Goa Surowono

suasana di dalam Goa Surowono

4. KOLAM RENANG SUROWONO

Kolam renang Surowono adalah kolam renang terbesar keuda yang ada di Pare. Lokasinya tidak jauh dari Goa Surowono.

Terdapat dua buah kolam. Untuk dewasa dan anak-anak.
Biaya masuk kolam renang sebesar 5.000 rupiah dan biaya parkir sepeda 1.000 rupiah.

5. KEDIRI WATERPARK

Letak Kediri Waterpark berdekatan dengan Gumul.
Dan ini merupakan kolem renang terbesar yang dimiliki Kota Kediri.
Selain kolam renang, tempat wisata ini juga dilengkapi dengan wahana lainnya.

6. GUNUNG KELUD

Gunung Kelud adalah wisata yang paling dinanti-nanti bagi setiap pelajar maupun wisatawan yang berkunjung di Jawa Timur.

Gunung ini terletang antara perbatasan antara Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar dan Kabupaten Magelang. Dan Wisata ini merupakan wisata terjauh diantara ke enam wisata di atas. Untuk menuju ke sana minimal dengan menggunakan sepeda motor ya Moeslemates bukan sepeda ontel.

kubah lava gunung Kelud

sumber air panas gunung kelud.

sumber air panas ini terletak di bawah kaki gunung kelud. Cukup menguras tenaga untuk dapat mencapainya, Namun semua kelelahan akan terbayar setelah sampai di sumber air panas gunung Kelud ini.

Wisata Gunung Kelud menjadi penutup artiket berseri aku kali ini mengenai Kampung Inggris Pare Kediri.
Terimakasih banyak untuk Moeslemates yang sudah membaca dan mengikuti part demi part dari artikel ini.

Sampai jumpa di artikel-artikel menarik lainnya..

Nabiilah Hassa
Nabiilah Hassa
Makeup Artist Consultan
Like our facebook page if you like this article!
Category: REVIEW


Curator Introduction
Nabiilah Hassa
Nabiilah Hassa
Makeup Artist Consultan

no comments

Follow Moeslema on SNS