2545
  2017-01-27       www.mutiasalonmuslimah.com

9 Langkah Mudah Menghilangkan Jerawat Dalam Seminggu

Jerawat meang selalu bikin gemes, apalagi kalau minggu depan kita ada acara khusus. Duh... Yuk disimak bagaimana menghilangkan jerawat dalam waktu seminggu.

Official Moeslema Team 100,215 views

Assalaamu'alaikum Moeslemates,

Menghilangkan jerawat dengan cepat selalu menjadi topik yang dicari orang. Kamu jerawatan? Wajar kok. Jerawat adalah hal umum yang ingin dihindari hampir semua orang. Apalagi kalau tiba-tiba kamu jerawatan padahal sebentar lai ada acara khusus.

Menurut alodokter.com, jerawat adalah masalah kulit yang ditandai dengan munculnya bintik-bintik pada beberapa bagian tubuh, seperti wajah, leher, punggung, dan dada. Bintik-bintik tersebut dapat berkisar mulai dari yang ringan, seperti komedo hitam dan komedo putih, hingga bintik-bintik parah yang berisi nanah dan kista.

Jerawat bisa muncul karena berbagai faktor. Salah satunya dan yang paling umum adalah pori-pori yang tersumbat. Pori-pori ini, biasanya tempat dimana folikel rambut bisa tumbuh. Jika pori yang tersumbat, baik oleh kotoran; sel kulit mati; maupun minyak, terinfeksi oleh baktri, maka akan terjadi peradangan dan muncullah jerawat.

Jika memang pada dasarnya kulitmu berjerawat parah, sebaiknya langsung datang ke dokter kulit. Hindari ke klini kecantikan kecuali jika kamu memang ingin melakukan perawatan wajah. Datang ke dokter kulit dan konsultasikan masalah jerawatmu jauh lebih baik daripada coba ini itu karena mereka adalah ahlinya.

Kalau jerawatmu termasuk ke golongan jerawat yang suka muncul tiba-tiba, kami punya solusinya nih moeslemates. Dijamin, jerawat kamu akan berkurang dalam seminggu. Yuk disimak!

1. Jangan dipencet!

Bukan hal yan umum jika hal paling pertama yang harus kamu lakukan untuk menghilangkan jerawatmu adalah menjauhkan tanganmu dari jerawat! Memegang dan apa lagi memencet jerawat akan memperparah keadaan jerawatmu.

Kenapa?
Karena tangan adalah sumer bakteri. Saat kamu memegang jerawatmu, bakteri yang ada di tangan pun akan ikut menempel ke jerawat dan memperparah jerawatmu.

Lalu hubungannya dengan memencet jerawat?
Saat kamu memencet jerawatmu, tentunya tanganmu akan menyentuh langsung jerawatmu. Disinilah transfer bakteri akan terjadi. Resiko memecahkan jerawat seperti bakteri yang masuk ke dalam kulit karena adanya luka di kulitmu bisa dihindari dengan cara tidak memecahkan jerawat.

Tahukah kamu saat memencet jerawatmu cairan yang keluar ke permukaan hanya sebagian kecil?
Loh kok hanya sebagian kecil? Karena sebagian lainnya pecah di bawah lapisan terluar kulitmu. Ini yang membuat terjadi peradangan dan akhirnya jerawat meninggalkan bekas.

Jadi hindari ya moeslemates!

2. Rajin Mencuci Tangan

Source: www.obi.or.id

Meskipun memencet atau bahkan hanya menyentuh jerawat bukan kebiasaan yang baik, tapi namanya juga manusia, sering kali kita lupa dan dengan tanpa sadar menyentuk jerawat yang lagi besar-besarnya. Untuk mengurangi bahaya memegang jerawat, apalagi sampai memecahkan jerawatmu tanpa sengaja, ada baiknya jika kamu menjaga kebersihan tanganmu dengan rutin. Caranya dengan rajin mencuci tangan dengan sabun anti bakteri. Atau kamu bisa juga menggunakan gel anti bakteri di tangan setelah beraktifitas atau secara rutin dan berkala.

3. Mencuci Muka

Cara mencuci muka yang benar untuk wajah berjerawat adalah dengan menggunakan sabun pencuci muka bebas alkohol. Pilih pembersih muka yang memang dikhususkan untuk wajar berjerawat. Gunakan setidaknya 2 kali sehari, pagi dan malam sebelum tidur.

Di malam hari, jangan lupa bersihkan make up sebelum mencuci muka. Hal ini harus kamu lakukan agar tidak ada debu dan kotoran tertinggal di wajah.

4. Gunakan Facial Tissue atau Handuk Khusus untuk Mengeringkan Muka

Menggunakan Facial Tissue untuk mengeringkan wajah bisa mencegah bakteri yang ada di sepanjang badan menebar ke wajah. Tapi haus diperhatikan yaa moeslemates, menggunakan facial tissue untuk mengeringkan waah termasuk boros dan sebuah kegiatan yang kurang ramah lingkungan. Untuk menyiasatinya, kamu bisa menggunakan handuk terpisah untuk bagian wajah. Handuk yang kamu gunakan juga harus rajin di cuci dan berbahan lembut untuk mencegah iritasi kulit.

5. Tea Tree Oil

Manfaat Tea Tree Oil untuk jerawat tidak perlu dipertanyakan lagi. Sudah sejak lama Tea Tree Oil digunakan sebagai salah satu perawatan terpercaya untuk mengatasi jerawat. Hal ini dikarenakan Tea Tree Oil memiliki kemampuan untuk bekerja sebagai anti-septik yang mampu membunuh bakteri, virus, dan jamur.

Dikutip dari biutiva.com, hasil studi menemukan bahwa tea tree oil sama efektifnya dengan benzoil peroksida untuk mengobati jerawat, namun tidak menimbulkan efek samping negatif seperti kulit menjadi merah, kering, atau mengelupas.

6. Masker

Saat kulitmu sedang berjerawat, tentunya perlu perawatan khusus untuk mengurangi peradangan yang teradi. Jika jerawatmu muncul, kamu bisa gunakan masker aspirin, madu, dan aloe vera untuk jerawatmu. Aspirin, madu, dan aloe vera mampu menghilangkan kemerahan dan mengurangi peradangan jerawatmu.

Untuk membuat ketiga masker ini (bisa pilih salah satu atau selang-seling), caranya mudah sekali. Kamu bisa membuat masker aspirin dengan cara menghaluskan tablet aspirin (jumlah menyesuaikan) dan melarutkannya dengan air hingga menjadi berbentuk pasta. Sementara itu untuk masker madu, kamu bisa memnggunakannya secara langsung. Untuk masker aloe vera, kamu bisa mengunakan lendir lidah buaya yang ditambahkan sedikit perasan lemon. Diamkan di wajah sekitar 15 lalu kemudian bilas dengan air bersih.

Gunakan masker ini dua hari sekali.

Selain membuat maskermu sendiri, kamu juga bisa menggunakan masker-masker yang dijual di pasaran. Akan tetapi moesleates, kamu harus baca review masker yang akan kamu beli terlebih dahulu. Atau, kamu bisa menggunakan masker kesayanganmu.

7. Band Aid + Medication

Setelah membersihkan wajah dan menggunakan masker, kamu bisa menggunakan obat jerawat andalanmu. Acne gel atau spot treatment gel yang ada di pasaran, didesain untuk bekerja dengan efektif untuk mempercepat proses pematangan, atau proses pengeringan jerawat.

Selain acne gel, cuka apel ampuh untuk menghilangkan jerawat. Cara penggunaannya kamu hanya perlu menggunakan cuka apel pada jerawat dengan kapas atau cotton bud. Diamkan 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Kamu bisa menggunakan spot treatment, obat jerawat andalanmu, atau cuka apel sebelum tidur untuk hasil maksimal. Tapi tahukah kamu jika posisi tidurmu bisa membuat proses penyerapan obat jerawatmu menjadi tidak sempurna?

Saat tidur, bisa jadi, produk-produk perawatan yang kamu gunakan malah menempel pada sarung bantal. Untuk mencegahnya kamu bisa menggunakan plester agar pengobatan jerawat tersebut berlangsung sepanjang malam.

Caranya:
1. Oles obat jerawat andalanmu tepat di jerawat (boleh juga dengan cuka apel jika kulitmu tidak terlalu sensitif).
2. Pilih plester degan bahan kain agar kulit bisa bernafas.
3. Gunakan beberapa tetes obat jerawat andalanmu pada bagian putih plester (tempat dimana kamu biasa menggunakan obat luka seperti betadine, atau obat merah)
4. Tempel plester tersebut pada jerawat.
5. Biarkan semalaman.

Jika kamu memiliki kulit yang cukup sensitif dengan lem pada plester, kamu bisa menggunting bagian lem plester yang berlebih atau kamu juga bisa menggunakan Acne Cover yang ada di pasaran.

Acne cover berfungsi untuk menyerap cairan pada jerawat. Biasanya diperlukan 8 jam untuk menyerap cairan jerawat. Jadi jika kamu mau menggunakan acne cover, sebaiknya gunakan di malam hari. Gunakan acne cover hingga cairan di jerawatmu habis.

dan 2 langkah berikutnya adalah...

Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: FASHION&BEAUTY


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS