2521
  2017-01-09       zowienews.files.wordpress.com

Review Film Rain man 1988

Bagaimana jika kalian berada dalam kondisi tertekan? Bagaimana jika disaat yang bersamaan kalian tidak memiliki uang dan harus menghadapi saudara yang memiliki gangguan psikologis? Semua perasaan itu tercurah dalam film ini.

Deane Lene 12 views

Tentang film

Rain Man adalah sebuah film Amerika tahun 1988. Film yang resmi rilis di bulan Desember pada tanggal 16 tahun 1988 ini mengangkat genre drama komedi yang berdurasi selama 133 menit atau sekitar 2 jam 13 menit.

Film yang disutradarai oleh Barry Levinson dan naskah yang ditulis oleh Barry Morrow dan Ronald Bass ini menjadi film terlaris pada eranya dan tentunya film ini memenangkan banyak penghargaan. Tidak tanggung-tanggung, film ini memenangkan empat Oscar pada Academy Awards ke-61 yaitu pada bulan Maret tahun 1989.

Sinopsis

Charlie Babbitt adalah seorang pria yang memiliki usaha penjualan mobil mewah. Namun pada saat itu Charlie mengalami kesulitan untuk mengirimkan barang-barangnya karena mobil yang dijual oleh Charlie tidak lolos uji emisi dan tentunya hal ini tidak terlepas dari masalah keuangan yang semakin mendesak hingga menyebabkan perusahaan yang dimilikinya mendekati kehancuran. Saat itu juga ia mendengar bahwa sang ayah telah meninggal dunia. Keadaan yang sulit dan kewajiban seorang anak untuk menghadiri pemakaman orang tua adalah dua hal yang sama-sama dibencinya dan ia mau tidak mau harus melalui kondisi tersebut.

Charlie berharap kepergiannya menghadiri pemakaman sang ayah membawa angin segar untuk menutupi biaya oprasional perusahaan yang dimilikinya. Namun kenyataan berkata lain. Charlie tidak mendapatkan sedikitpun harta milik ayahnya. Ia hanya mendapatkan pekarangan kecil berisi bunga dan sebuah mobil yang ia pernah gunakan pada masa lampau. Charlie merasa tidak terima dengan perlakuan mendiang ayahnya yang tidak meninggalkan sedikitpun harta kekayaan padanya.

Harapan yang pupus, usaha yang sia-sia menjadikan Charlie putus asa dan bertanya-tanya kemana semua harta kekayaan milik ayahnya diberikan. Charlie sangat ingin mengetahui siapa yang mendapatkan harta tersebut. Beberapa hari setelahnya Charlie mengetahui bahwa harta milik ayahnya diberikan kepada salah seorang pria yang tinggal dirumah sakit jiwa Raymond Babbitt.

Mengetahui hal itu, Charlie segera pergi menunjugi rumah sakit tersebut dan mencari Raymond. Sesampainya disana Charlie awalnya hanya bertemu dengan dokter yang merawat Raymond. Charlie sangat mendesak ingin bertemu dengan Raymond dan meminta sebagian harta warisan ayahnya. Sebelumnya Charlie tidak mengetahui bahwa Raymond adalah saudara kandungnya.

Hingga akirnya Charlie bertemu dengan Raymond dan pada hari yang sama, Charlie membawa Raymond pergi dari rumah sakit tersebut dengan dalih ingin membawa Raymod hingga setengah dari harta warisan ayahnya ia miliki. Sang dokter tidak bisa memutuskan apakah Charlie bisa mendapatkan harta tersebut atau tidak karena sang dokter tidak memiliki hak apapun untuk hal itu.

Charlie merasa sangat frustrasi. Ia membenci kebersamaannya dengan Raymond namun ia harus tetap membawanya kemanapun ia pergi demi mendapatkan harta tersebut. Tidak jarang Charlie mengeluarkan kata dan perlakuan kasar pada Raymond.

Raymond memiliki sindrom savant dan mematuhi rutinitas yang ketat. Dia memiliki ingat yang luar biasa tapi dia menunjukkan ekspresi emosional sedikit kecuali ketika dalam kesulitan. Nammun Raymond memiliki kemampuan daya berpikir diatas rata-rata dan daya ingatan yang sangat kuat.

Pada akhirnya, Charlie dapat berdamai dengan kenyataan dan mulai memliki keterikatan emosional yang kuat pada Raymond. Disaat itu pula Raymod harus dibawa oleh sang dokter kembali ke rumah sakit jiwa agar kondisinya terpantau dan keselamatannya terjamin.

Review Film

Harus aku akui bahwa film ini sangat emosional sekali. Kalian bayangkan jika kalain berada dalam kondisi membutuhkan uang, banyak hal yang harus diperjuangkan namun kalian tidak memiliki cukup uang untuk memperbaiki keadaan? Bagaimana jika harapan satu-satunya untuk jalan keluar semua permasalahan kalian seolah-olah hanya sebuah mimpi yang tidak pernah menjadi kenyataan?

Dalam keadaan tersebut, sebagian besar orang akan merasa frustrasi dan mungkin tidak ada satupun ide yang dipikirkan masuk akal. Kondisi yang penuh dengan tekanan membuat seseorang sulit untuk berkonsentrasi dan berpikir dengan baik untuk mencari jalan keluar dalam sebuah permasalahan. Ia hanya berpikir bagaimana masalah tersebut dapat segera teratasi dengan cepat dengan melakukan apapun caranya baik itu cara yang baik ataupun yang buruk.

Dalam film ini, seluruh gambaran emosi dapat tersampaikan dengan jelas dan terlihat secara tajam. Dalam film ini aku merasakan bagaimana perasaat putus asa, bagaimana perasaan tertekan hingga merasakan sebuah hubungan yang berdasarkan ketulusan. Tidak hanya itu saja yang aku bisa rasakan, dari film ini juga aku bisa lebih mengerti bagaimana cara menghadapi seseorang yang unik dan istimewa.

Terkadang orang yang unik dan istimewa ini sering dikatakan sebagai orang yang memiliki gangguan jiwa atau orang awam mengatakan bahwa orang unik dan istimewa ini adalah orang "gila". Dari film ini sangat tergambar jelas bahwa orang yang unik dan istimewa ini tidak hanya berbeda, tetapi ia memiliki dunia lain miliknya yang lebih indah yang tidak kita miliki meskipun sebagian besar darinya tidak bisa menjadi realita.

Terkadang orang normal pada umumnya lebih memilih untuk menjauhi orang yang unik dan istimewa ini lantaran mereka lebih memilih untuk menjauhinya karna perasaan tidak nyaman. Namun dalam film ini mengajarkan bahwa semakin kita mendekati dan mengenal orang-orang unik dan istimewa ini, semakin kita merasa bahwa kita harus lebih dekat dengannya dan terus berada disampingnya. Suatu kebahagiaan yang tidak ternilai dan tidak dapat digantikan oleh hal apapun ketika kita sudah bisa hidup berdampingan dengan orang-orang tersebut tanpa ada rasa benci dan merasa terganggu bila ada mereka disekitar kita.

Aku sangat menyukai alur cerita yang disajikan. Begitu dinamis. Konflik yang padat dan cukup berat mewarnai jalan cerita film ini. Semua masalah dan konflik terjadi begitu cepat dan hampir beberapa konflik datang secara bersamaan.

Para pemain dalam film tersebut sangat sukses menyampaikan dinamika emosi dalam film tersebut. Sungguh luar biasa. Rasanya setiap pemain sama-sama kuat dan tidak ada satupun pemain yang menjadi bayang-bayang dari pemain lainnya termasuk para pemeran pendukungnya.

Rating

Film ini tentunya mendapat rating yang cukup tinggi. Berdasarkan dari beberapa sumber dan tentunya juga berdasarkan penilaian pribadi, Film ini mendapatkan nilai 8.0/10. Sebuah nilai dan tentunya film ini direkomendasikan untuk kalian tonton.

Cast

- Dustin Hoffman sebagai Raymond "Ray" Babbitt
- Tom Cruise sebagai Charles "Charlie" Babbitt
- Valeria Golino sebagai Susanna
- Jerry Molen sebagai Dr. Bruner
- Ralph Seymour sebagai Lenny
- Michael D. Roberts sebagai Vern
- Bonnie Hunt sebagai Sally Dibbs
- Beth Grant sebagai ibu di sebuah rumah petani
- Lucinda Jenney sebagai Iris
- Barry Levinson sebagai Dr. Marston
- Jake Hoffman sebagai a laki-laki di kedai Pancake

Rain man - Official Trailer

Apakah direkomendasikan?

Dengan sangat yakin aku mengatakan bahwa film ini aku merekomendasikannya untuk kalian tonton. Ini juga menjadi salah satu film yang bisa kalian gunakan untuk menjadi bahan ajar observasi tingkah laku dan macam-macam gangguan psikologis.

Aku yakin, setelah kalian menonton film yang satu ini, cara pandang kalian dalam melihat seseorang yang unik dan istimewa akan berbeda. Dengan adanya film ini kalain juga akan tergugah perasaanya bahwa mereka tidak semata-mata sebuah pengacau dalam kehidupan normal yang kalian miliki tetapi dibalik itu semua, mereka memiliki ketulusan untuk membangun sebuah hubungan sosial dengan siapapun.

Selamat menonton moeslemates...

Deane Lene Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something
Category: REVIEW


2406

Movie Review: Passanger

Official Moeslema Team Updated at 2016-12-29
2264

Review Film The Dark Horse 2014

Deane Lene  Updated at 2017-01-08
2415

Movie Review: Carrie (2013)

Lidya O. Updated at 2017-01-07
824

Review Film Dead Poets Society 1989

Deane Lene  Updated at 2016-09-13

no comments

FOLLOW US