2518
  2017-01-15       karuta.game.coocan.jp

Mengenal Jepang: Let's Catch Karuta! Part 3

Lanjutan artikel dari bagian kedua.

Lidya O. 195 views

Sebelum melanjutkan di bagian terakhir, tidak ada salahnya kok untuk membaca bagian pertama dan kedua. Silakan disimak ya Moeslemates.


Seperti yang sudah saya sampaikan di bagian pertama dan kedua, karuta adalah jenis permainan kartu tradisional yang akrab banget sama gaya puisi terkenal dan ternama di Jepang. Biasanya, pada saat bertanding karuta, mereka menggunakan yukata dan menundukkan tubuh saat bersiap-siap memulai pertandingan.

Belajar dari setiap peribahasa Jepang yang mendunia.

Permainan seru yang masih "hidup" hingga sekarang.

Karuta memiliki keunikan dan keunggulan tersendiri bagi setiap pemainnya. Salah satunya adalah melatih kemampuan panca indera seperti penjelasan di bawah ini:

1. Melatih Indera Pendengaran

Ketika menonton film Chihayafuru 1 dan 2, yang paling ditonjolkan dari permainan karuta ini adalah kemampuan pendengaran masing-masing pemainnya, terutama pemain utama. Yap, Chihaya memang memiliki telinga yang bagus banget begitu ia fokus. Bahkan, suasana di sekitarnya pun bisa berubah hening banget waktu fokus mendengar lagu karuta itu.

2. Melatih Kecepatan Penglihatan

Saat fokus pada kartu masing-masing, tentunya kamu bisa melatih kemampuan penglihatanmu lewat permainan ini. Begitu wasit membacakan kartu yomifuda, matamu harus fokus ke kartu yang dituju. Kalau sedikit saja lewat atau "miss", bisa-bisa kartu itu sudah keambil duluan sama lawanmu. Sebaliknya, kalau kamu salah menyentuh sedikit saja, kesempatan untuk menang sudah mulai berkurang. Jadi, kudu harus hati-hati banget saat mengambil kartu.

3. Melatih Daya Ingat

Permainan karuta sangat bermanfaat buat kamu melatih daya ingat. Pembacaan karuta dilakukan secara random atau acak. Sebagai pemain diwajibkan untuk menghafal dan fokus pada puisi-puisi yang akan dibacakan oleh wasit.

Nah, ini merupakan akhir dari artikel mengenai Jepang yang perlu kita ketahui bersama. Walaupun bagi sebagian orang Jepang menganggap permainan ini adalah permainan yang cukup sulit bagi orang asing pembelajar bahasa Jepang pemula, tidak ada salahnya juga lho jika kamu mau mencoba menghafal atau membaca dari puisi/peribahasa di karuta tersebut. Kamu juga nggak perlu khawatir karena penulisannya menggunakan huruf hiragana yang masih muda dihafalkan.

Bagaimana, kamu tertarik untuk bermain karuta?

Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS