2512
  2017-01-18       www.pfma.org.uk

10 Makanan Manusia yang Bahaya Dikonsumsi Kucing

Seringkali kita lupa dan asal memberikan makanan kita begitu saja ke kucing. Padahal, ada beberapa makanan manusia yang tidak boleh dikonsumsi oleh kucing lho.

Lidya O. 856 views

Pada dasarnya, kucing yang hidup dengan manusia pasti akan terbiasa melihat makanan kita. Bukan hanya melihat saja tapi juga mungkin memakannya. Tapi tahukah kamu bahwa ada beberapa makanan manusia yang tidak boleh dikonsumsi oleh kucing? Berikut adalah ulasannya.

1. Cokelat

Source: www.labbaik.id

Di dalam cokelat terkandung theobromine, yaitu zat kimia yang berbahaya bagi kucing. Selain itu, cokelat juga mengandung kafein yang bisa kamu temukan di minuman ringan tertentu. Toksisitas coklat dapat menyebabkan muntah, diare, kehausan, demam, denyut jantung cepat atau tidak teratur, mudah gelisah, tremor otot, dan kejang. Yang paling berbahaya buat kucing adalah jenis dark chocolate dan unsweetened cooking chocolate.

2. Kopi, Teh, Kafein

Semua produk apa pun yang mengandung kafein sangat beracun bagi kucing. Bahkan pada kasus tertentu kucing bisa meninggal karena mengkonsumsi kafein dalam jumlah yang banyak. Tanda-tanda keracunan kafein biasanya kucing mulai gelisah, degupan jantung menjadi cepat, sawan, gemetar, muntah diiringi diare.

3. Bawang

Bawang putih dan merah, sangat tidak disarankan untuk diberikan ke kucing karena kandungannya bisa menyebabkan sel-sel darah kucing memecah dan merusak sel darah merah. Selain itu, bawang bombay juga mengandung zat yang bernama N-propyl Disulphide yang pada bawang putih mengandung zat serupa namun dengan kadar yang sedikit. Efek yang didapatkan setelah memakan bawang adalah muntah-muntah, urin berwarna kemerahan dan lesu.

4. Alkohol

Tanpa perlu dijelaskan sepertinya kita sudah yakin bahwa minuman yang satu ini sangat terlarang untuk kucing. Haram hukumnya! Jangan pernah memberi sejumput wiski, bir, wine atau bahkan makanan yang mengandung alkohol lainnya. Karena minuman ini akan mempengaruhi sistem syaraf mereka hingga bisa menyebabkan meninggal.

5. Susu

Walaupun sering kita lihat kitten masih suka minum susu, tapi kalian perlu memperhatikan jenis susunya. Jangan sembarang memberikan susu manusia kepada kucing, baik waktu masih kitten maupun sudah dewasa. Yang aman adalah susu dari induknya dan jika ingin diberi ASI tambahan, cukup konsultasikan ke dokter hewan dan mencari produknya di Petshop terdekat. Karena cat milk memiliki formula yang khusus bebas dari laktosa dan aman dikonsumsi oleh kucing. Beberapa kucing yang tidak tahan juga tidak cocok dengan susu akan membuatnya diare. Kejadian ini pernah beberapa kali saya alami saat memberikan susu manusia ke kitten di luar jalan.

6. Alpukat

Tahukah kamu bahwa alpukat mengandung persin yang bisa merusak otot jantung binatang termasuk kucing. Baik dari daun, buah hingga kulit batang tanaman alpukat ini beracun lho. Tanda-tanda yang menunjukkan kucing sakit akibat memakan alpukat adalah muntah, diare, lesu dan kesulitan bernapas.

7. Xylitol

Xylitol atau pemanis buatan sering ditemukan pada produk permen, pasta gigi dan obat kumur. Xylitol berbahaya bagi kucing karena dapat menyebabkan gula darah rendah, sekresi insulin, hingga kerusakan hati. Keracunan pada xylitol tidak terlihat langsung tapi jika tidak segera diobati bisa berakibat fatal.

8. Ikan Mentah

Kalau kamu lagi di dapur dan hendak menggoreng ikan sedangkan kucingmu sudah siap-siap menerkam, hati-hati ya. Pastikan kucingmu tidak mengambil ikan mentah karena bisa mengakibatkan defisiensi vitamin B1 yang sangat dibutuhkan untuk fungsi otot dan saraf. Pokoknya, masak dulu sampai matang baru dikasih ke kucing untuk menghancurkan enzim thiaminase.

9. Daging Mentah

Source: www.akalil.com

Daging mentah berpotensi mengandung kuman dan bakteri jika dikonsumsi oleh kucing. Untuk manusia saja tidak boleh, apalagi untuk hewan ya.

10. Anggur dan Kismis

Kismis dan buah anggur adalah makanan yang baik dimakan manusia, tetapi berbeda untuk kucing. Kedua makanan ini sangat berbahaya dan beracun karena dapat menyebabkan gagal ginjal. Gejalanya terjadi dalam waktu 24 jam seperti diare, nafsu makan berkurang, lesu, lemah dan penurunan buang air kecil.

Nah, kira-kira seperti itu Moeslemates ulasan mengenai makanan manusia yang tidak boleh sembarang diberikan ke kucing. Walaupun niatnya hanya berbagi, kalau tidak hati-hati bisa mengancam nyawa si meong lho. Semoga artikel ini bermanfaat.

Lidya O. Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Related Tags
Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS