2505
  2017-01-01       radiodfm.com

7 Tips Membuat Resolusi di Tahun Baru

Tahun sudah berganti tapi resolusi tahun kemarin, bahkan mungkn tahun sebelumnya lagi, belum tercapai juga? Mungkin kampu perlu baca artikel ini.

Official Moeslema Team 606 views

Asalaamu'alaikum Moeslemates,

Alhamdulillah kita masih diberikan kesempatan utuk melihat pergantian tahun. Bagaimana resolusimu tahun kemarin moeslemates? Seberapa banyak yang sudah tercapai? Adakah dari kalian yang resolusinya belum tercapai?

FYI, dilangsir dari kirmansyam.com, sebuah penelitian di Amerika 45% penduduknya selalu membuat resolusi tahun baru, namun yang berhasil mencapai apa yang ditulisnya itu hanya sekitar 8%.

Nah bagaimana dengamu?

Kenapa sih kok resolusi kita jadi hal yang susah tercapai?
Nah kami punya tips yang harus kamu ketahui sebelum membuat resolusi supaya resolusimu bukanlah hanya sebuah catatan awal tahun yang amu lupakan setelahnya. Yuk disimak :)

1. Resolusi adalah Misi untuk Mencapai Visi Hidupmu!

Ini yang paling pertama harus kamu ingat untuk membuat resolusi tahunan. Resolusi tahunanmu haruslah misi dari visi hidupmu.

Misal, salah satu visi hidupmu adalah punya usaha sukses di tahun 2018 atau di umur sekian, maka kamu harus membuat misi yang jelas untuk mencapai visimu di tahun yang kamu harapkan. Kamu bisa menjadikan step-step yang harus kamu persiapkan dan lakukan di tahun ini sebagai misi atau resolusi yang harus kamu penuhi untuk mencapai mimpimu di tahun 2018.

Resolusimu ini harusnya menjadi bagian dari misi sekaligus strategi untuk mencapai mimpimu moeslemates. Jadi sebaiknya lupakan resolusi seperti dibawah ini:

1. Menjadi lebih cantik
2. Menjadi lebih sehat
3. Menjadi lebih baik
4. Bisa diet dan lebih kurus
5. Lebih sukses
6. Lebih taat beribadah
7. Menjadi lebih dewasa,
8. dan sebagainya...

Kenapa harus kamu lupakan?
Karena itu adalah visi hidup. Ingat, resolusi adalah misi sehingga apa yang jadikan resolusi haruslah jelas, achievable, TERUKUR, dan kamu tahu langkah untuk mencapainya.

Kamu bisa mengganti
1. Menjadi lebih cantik -> rajin cuci muka dan mandi 2 kali sehari.
2. Menjadi lebih sehat -> olahraga setidaknya seminggu sekali.
3. Menjadi lebih baik -> selalu memulai hari dengan senyum dan menjaga lisan di sosmed. Tidak menggunakan kata-kata kasar sehari-hari.
4. Bisa diet dan lebih kurus -> olahraga seminggu dua kali masing-masing minimal 30 menit dan puasa senin kamis.
5. Lebih sukses -> punya usaha dipertengahan tahun dan punya 500 follower organik di sosmed.
6. Lebih taat beribadah -> sholat selalu di awal waktu.
7. Menjadi lebih dewasa -> belajar mendengarkan, berhenti berkomenar negatif dimanapun.
8. dan masih banyak lagi resolusi terlalu "umum" lain yang bisa kamu ganti supaya resolusimu lebih realistis.

2. Evaluasi Resolusi Tahun Kemarin yang Belum Tercapai

Langkah selanjutnya, kamu harus kembali mengevaluasi resolusimu yang belum tercapai. Mulai pisahkan kembali, apakah itu adalah sebuah misi atau visi? Kemudian kamu bisa membuat map besar soal hidupmu.

Visi harus menggambarkan tujuan jangka jauh.
Misi adalah hal yang harus atau bisa kamu lakukan untuk mencapai visimu.

Setelah tahu mana yang harusnya menjadi misi, kamu bisa mulai merangkai resolusi yang harus kamu capai tahun ini.

Tidak berhenti disitu, kamu harus mendapatkan jawaban kenapa setiap resolusimu belum tercapai. Usaha apa yang belum kamu lakukan untuk mencapai resolusimu dan juga resolusi mana yang bisa kamu laksanakan tahun ini.

3. Jangan Muluk-Muluk

Dengan berbagai impian yang kamu miliki, ada baiknya kamu mulai fokus mana yang akan kamu pilih, rasional, dan bermanfaat untuk kamu prioritaskan tahun ini. Sebagai manusia, tentunya kita akan memiliki keterbatasan untuk melakukan sesuatu. Oleh karena itu coba pikirkan baik-baik mana yang bisa kamu pilih dan laksanakan sebagai resolusimu tahun ini yaa moeslemates.

“You can have it all. Just not all at once.” - Oprah Winfrey

4. Tulis Resolusimu dan Pajang di Tempat yang Mudah Terlihat

Menulis merupakan salah satu proses pembelajaran. Dengan menulis apa yang kamu ketahui, ini membuatmu mengingat sesuatu dengan lebih baik. Termasuk resolusimu!

Apa gunanya dicatat tapi tidak terlihat?

Selain bisa menjadi hiasan, dengan menempatkannya di tempat yang mudah terlihat bisa membuatmu selalu mengingat tujuan-tujuanmu di tahun ini.

5. Memiliki Tenggat Waktu yang Pasti

Manusia memang hanya bisa berencana dan berusaha, tetapi dengan membuat tenggat waktu yang pasti dan jelas, kamu akan memiliki motivasi yang lebih. Ini juga akan membuat dirimu lebih berkomitmen untuk mengejar resolusimu loh...

“Those who make the worst use of their time are the first to complain of its brevity.” - Jean de La Bruyère, Les Caractères

6. Libatkan Orang Lain

Manusia adalah makhluk sosial. Terkadang melibatkan orang lain untuk mewujudkan resolusimu bisa jadi adalah tindakan yang baik.

Manusia adalah makhluk sosial. Terkadang melibatkan orang lain untuk mewujudkan resolusimu bisa jadi adalah tindakan yang baik.

Tapi perlu diingat ya moeslemates, melibatkan disini sebatas untuk bantu saling menyemangati, bukan berarti kamu membuat mereka melakukan sesuatu untuk mencapai resolusimu.

7. Mulai dari Sekarang

Yang terakhir, yap, apalah arti resolusi kalau kamu tidak pernah melaksanakannya?

Mulailah dengan Bismillah, niat karena Allah, keyakinan yang kuat, dan kesungguh-sungguhan yang lebih dari tahun-tahun sebelumnya.


Itu dia moeslemates yang harus kamu ketahui sebelum membuat resolusi di tahun ini. Semoga impian dan resousi kita di tahun ini bisa terapai yaa...

Jangan lupa perbanyak sedekah ya moeslemates :)

Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pahalanya) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak.
Source: QS. Al Hadid Ayat 18
Official Moeslema Team Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


no comments

Follow Moeslema on SNS