2502
  2017-01-09       id.pinterest.com

Tips Memaafkan dari Lubuk Hati Terdalam

Selalu ada rasa pahit dan kelam dalam hidup. Namun, kita sebagai manusia diberikan pilihan untuk bisa melupakan dan memaafkan dari lubuk hati terdalam. Yuk simak tips memaafkan berikut ini!

Syanin Ss 48 views

Assalamu Alaikum Moeslemates,

Siapapun pasti pernah mengalami masa-masa kelam di dalam hidupnya, ntah masalah seberat apapun itu atau saat ini tengah kamu alami kamu bisa mencoba beberapa tips berikut ini untuk membantu kamu mengatasi hal tersebut.

Ingat Kamu Selalu Memiliki Pilihan di Dalam Hidup

Bahkan disaat kamu melihat seorang nenek-nenek tengah menyebrang jalan pun kamu memiliki pilihan. Membantu menyebrangkan nenek tersebut atau berpura-pura tidak melihat dan meneruskan perjalanan. Disaat kamu seseorang tidak sengaja menyenggol kamu , kamu pun memiliki pilihan, membiarkan emosi hingga ke ubun-ubun atau memaafkan orang tersebut, dan tidak memperpanjang masalah. Apapun pilihan yang kamu buat, pastikan hal tersebut merupakan hal paling baik yang bisa kamu usahakan, tetapi solusi yang paling baik tetap berasal dari hati diseimbangkan dengan keputusan logis.

Maafkan Kesalahan Orang Lain Seberat Apapun Itu

“Apa orang tersebut pantas dimaafkan?”

Pasti pertanyaan itulah yang berputar-putar di kepala kamu. Sebenarnya masalahnya bukan ada pada “orang tersebut” tapi ada pada diri kamu sendiri. Apa kamu sanggup menyimpan dendam selama bertahun-tahun? Apa kamu sanggup membiarkan waktu kamu habis hanya untuk meluapkan amarah terhadap orang tersebut? Apa kamu mau membiarkan dia memenuhi sepertiga kepala kamu hanya karena kesalahannya? Apalagi jika hanya karena masalah kecil.
Siapa sih yang tidak pernah membuat kesalahan? Hei, manusia mana di dunia ini yang tidak pernah berbuat salah?
Masalah jika sesudah dimaafkan dia tetap berbuat kesalahan yang sama itu ada pada “diri orang itu” bukan pada kamu. Relax. Masalah kamu hanya perlu memaafkan dan sebisa mungkin tidak terlibat lebih jauh dengan orang tersebut.

Jangan Pernah Membiarkan Mereka Semena-Mena

“Tetapi dia akan kembali membully saya di depan umum jika dimaafkan.”
“Tetapi dia sudah meremukkan tulang rusuk saya!”

Tidak! Tidak! memaafkan mereka bukan berarti membiarkan mereka kembali semena-mena terhadap kamu. Terkadang ada momen dimana kamu perlu menjernihkan hati kamu dari rasa dendam dan rasa-rasa yang tidak seharusnya disimpan di dalam hati, oleh karena itu kamu perlu memaafkan kesalahan orang tersebut dan melupakan hal-hal yang memicu hati kamu membusuk. Dan terkadang ada maaf tersembunyi yang tidak wajib diungkapkan atau diucapkan. Terutama untuk masalah-masalah berat dimana “orang itu” tidak harus tau kalau kamu sudah memaafkan mereka. Intinya kamu sudah “ikhlas” tentang apapun yang terjadi.

Nah Moeslemates, itu tadi beberapa tips untuk memaafkan dan mengatasi kepahitan hidup. Semoga membantu :D

Syanin Ss
Syanin Ss
Neverland❤
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Syanin Ss
Syanin Ss
Neverland❤

no comments

Follow Moeslema on SNS