2498
  2017-01-08       patrickkicken.tk

Cara Ampuh Menyimpan Daging Lebih Tahan Lama

Usahakan kualitas daging tetap terjaga demi cita rasa masakan yang sempurna.

santi lisnawati 292 views

Daging ayam dan sapi adalah menu makanan sehari-hari. Dua jenis daging ini memang juara rasanya, apalagi jika diolah dengan berbagai macam bumbu. Tahukah moeslemates, ternyata daging yang asal disimpan saja di freezer bisa merubah warnanya jadi pucat. Pastinya juga akan memengaruhi rasa karena daging ini sudah tidak fresh lagi. That's why moeslemates harus simak cara ampuh menyimpan daging segar agar lebih tahan lama berikut.

Beli daging yang benar-benar segar

Saat membeli daging di pasar, pastikan daging itu disembelih di hari yang sama saat kamu membelinya. Semakin segar dagingnya akan semakin lama juga bisa tahan dibekukan. Namun, jika moeslemates membeli daging di supermarket, masaklah semua daging di hari itu juga. Daging di supermarket telah mengalami pembekuan yang lama dan telah melalui proses pencairan (thawing). Jadi sebaiknya jangan ulangi lagi di proses pembekuan dan thawing ini di rumah jika ingin daging tetap segar.

Bersihkan daging sebelum disimpan

Cuci bersih daging dengan aliran air keran hingga bersih. Setelah itu jangan biarkan daging dalam keadaan terbuka untuk menghindari perkembang biakan kuman dan bakteri. Langsung simpan dalam freezer setelah daging dicuci bersih.

Potong daging jadi beberapa bagian sebelum disimpan

Source: www.satujam.com

Menyimpan daging dalam jumlah besar dalam satu plastik di freezer bukanlah ide yang baik. Jika mencairkan semua daging beku padahal hanya sebagian saja yang akan dimasak, akan membuat sisa daging lainnya berkurang kesegarannya. Apalagi jika sisa daging ini akan disimpan lagi di dalam freezer. Ingat moeslemates, proses pencairan daging beku (thawing) berulang kali membuat daging kehilangan kesegarannya.

Solusinya potong daging jadi beberapa bagian lalu simpan dalam plastik dan masukkan ke freezer. Saat ingin mengolahnya, tinggal ambil saja jumlah daging beku sesuai kebutuhan untuk dicairkan kemudian dimasak.

Untuk tahu cara memotong daging yang benar, klik button link di bawah ini.

Simpan daging dalam keadaan sudah dibumbui

Sebelum memasukkannya ke dalam freezer, bumbui dulu daging tersebut. Lakukan proses marinasi untuk daging sapi atau proses ungkep untuk daging ayam. Menyimpan daging dengan cara ini akan membuatnya lebih awet daripada menyimpannya dalam keadaan mentah.

Simpan daging sebaik mungkin

Simpan daging dalam plastik terikat atau wadah bertutup rapat. Hal ini penting untuk menghindari masuknya kuman dan bakteri ke dalam daging.

Cek suhu freezer

Source: food.unl.edu

Semakin dingin suhu freezer, semakin sulit bakteri pada daging bertahan hidup. Set suhu di 18°C untuk suhu yang pas.

Kualitas daging ditentukan dari cara penyimpanannya. So, be smart moeslemates :)

santi lisnawati
santi lisnawati
writing and traveling enthusiast
Like our facebook page if you like this article!
Category: RECIPE&CULINARY


Curator Introduction
santi lisnawati
santi lisnawati
writing and traveling enthusiast

no comments

Follow Moeslema on SNS