2490
  2017-01-08       www.maxmanroe.com

5 Cara Memaksimalkan Fungsi Akun Sosial Media Milikmu

Punya banyak akun tetapi masih merasa tidak maksimal dalam menggunakannya? Coba 5 cara ini deh. Dijamin kalian akan mendapatkan manfaatnya.

Deane Lene 42 views

Source: jualan-online-di-social-media.jpg

Dewasa ini media sosial adalah cara lain bagi seseorang untuk menyalurkan kebutuhannya dan tentunya hal ini sudah melekat dalam kehidupan sehari-hari. Fungsinya sudah bergerser, semula hanya berupa kebutuhan tambahan dan sekarang bergeser menjadi kebutuhan utama yang tidak bisa dipisahkan walau hanya sebentar saja dalam kehidupan kalian.

Penggunaan sosial media dengan bijak dapat mendatangkan keuntungan serta manfaat bagi diri kita secara pribadi loh. Tetapi ternyata ada saja orang yang masih kurang bijak dalam penggunaannya sehingga hal ini dapat menimbulkan citra negatif baik pada dirinya pribadi ataupun pada sosial media itu sendiri.

Untuk kalian yang selalu mengikuti perkembangan jaman, tentunya kalian memiliki akun di berbagai media sosial tanpa ada yang terlewatkan. Jika kalian memiliki banyak sekali akun tentunya kalian juga punya banyak teman didalamnya atau mungkin kalian hanya sekedar mengikuti jaman dan tidak tahu bagaimana cara mefungsikan akun sosial media kalian secara maksimal?

Beberapa cara berikut ini dijamin akan membuat kalian memiliki lebih banyak teman dan akun sosial media kalian akan diakatakan sebagai akun yang memberikan pengaruh positif bagi orang lain.

1. Stop curhat!

STOP CURHAT!

Berhentilah memposting keluh kesahmu dalam sosial media. Dalam media sosial, ada jutaan pasang mata yang nantinya akan melihat postingan kalian loh. Keluh kesahmu bisa menjadi banyak arti bagi mereka yang melihatnya. Ada yang menganggap bahwa kamu berlebihan, ada yang menganggap itu senasib sepenanggungan, ada pula yang menganggap bahwa keluh kesahmu adalah sebuah sindiran.

Satu hal yang perlu kalian sadari bahwa tidak semua orang di dunia ini mengenal kalian dengan baik dan tidak pula ingin mengetahui permasalahan yang sedang kalian alami.

Ketika kalian memilih untuk menceritakan segala hal yang kalian alami di dalam media sosial kalian, dua pintu yang akan terbuka secara bersamaan. Pertama pintu kelemahan, karena dengan kalian bercerita sedemikian rupa, orang-orang yang tidak menyukaimu akan mengetahui kelemahanmu dan bersiap untuk menyerangmu. Kedua pintu empati, beberapa orang yang memiliki rasa peduli padamu akan meresponmu keluh kesahmu namun hal ini juga belum tentu berakhir baik. Bagaimana jika kondisi ini di manfaatkan oleh teman-teman kalian untuk menjadikan permasalahan yang kalian alami menjadi sebuah topik perbincangan dengan temannya yang lain (bergosip)?

Seperti kata pepatah:

Sudah jatuh tertimpa tangga pula

Kalian tidak akan menemukan solusi untuk permasalahan yang kalian alami jika hanya sekedar curhat di sosial media saja tetapi tanpa aksi nyata mencari cara untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Jadi ada baiknya jika kalian menghentikan kegiatan ini ya moeslemates.

2. Stop mengkritik!

Ini kebiasaan yang sering dilakukan namun terkadang tidak disadari oleh kalian. Biasanya kritik ini bisa muncul jika ada hal yang memang murni tidak disukai atau bisa juga berasal dari mereka yang memliki perasaan tidak suka secara subjektif loh.

Ada baiknya jika kalian membiarkan postingan itu berlalu dan tidak memberikan komentar negatif terhadap postingan tersebut. Salah-salah bukan postingan itu yang mendapat nilai buruk dimata pengguna media sosial lainnya tetapi malah nilai buruk itu jatuh pada akun sosial media kalian. Kalian tidak ingin mendapat predikat buruk bukan? Walaupun hal ini hanya hal kecil dan tergolong sepele dalam sosial media, tetapi jangan meremehkan dampaknya dalam dunia nyata loh ya. Bisa saja kalian kehilangan teman karenannya.

Jadi mulai sekarang berhentilah mengkritik suatu postingan dalam sosial media jika kalian tetap ingin menjadi akun yang memiliki citra baik.

3. Ciptakan konsep

Sosial media tidak hanya sekedar upload, posting hal-hal yanga ada dalam kehidupan kalian saja secara keseluruhan. Ada baiknya kalian membuat konsep sebaik mungkin agar sosial media kalian tidak hanya terlihat rapih dan bagus tetapi juga menarik untuk terus menerus dilihat dan di ikuti oleh banyak orang.

Buatlah sebuah ciri khas pada akun sosial media kalian. Gunakan sentuhan-sentuhan efek tertentu dari sebuah software untuk menambah ciri khas postingan kalian. Dengan adanya postingan yang memiliki ciri khas tertentu, akan sangat mudah untuk diingat dan mudah untuk dicari.

Selain itu, kalian juga harus mengatur jadwal postingan kalian. Hal ini juga termasuk pada konsep ciri khas kalian dalam sosial media loh. Jangan terlalu sering dan jangan pula terlalu jarang. Jika kalian memposting satu moment berkali-kali hanya dengan berbeda pose saja sepertinya akan menimbulkan ketidak nyamanan bagi para pengguna sosial media lainnya. Jadi aturlah jadwal postingan sebaik mungking seperti seminggu tiga kali atau sehari satu postingan, terserah kalian.

4. Postingan seru

Selfie boleh tetapi jangan mempostingnya terlalu sering ya. Ada baiknya sesuatu hal yang kalian posting lebih kepada moment seru dan mengasikan seperti momen liburan, bersama teman, makan malam romantis ataupun hal lainnya yang tidak sepenuhnya hanya wajah kalian yang terlihat. Bahkan karya kalian seperti lukisan, fotografi atau hal lainnya bisa kalian posting juga loh. Jadi orang-orang yang berteman dengan kalian di sosial medai tidak bosan hanya melihat postingan selfie kalian saja. Justru dengan memposting hal-hal lain seleain selfie dapat mendatangkan banyak hal kebaikan loh. seperti terbukanya peluang usaha, peluang teman baru, peluang tempat wisata baru ataupun produk-produk yang belum kalian ketahui juga datang menghampiri kalian untuk memperkenalkan dirinya loh.

5. Gunakan hastag

Beberapa sosial media memberikan fasilitas hastag nih. Hal ini bisa kalian manfaatkan untuk mencari teman sebanyak-banyaknya loh. Kenapa bisa begitu?

Ternyata penggunaan hastag ini bisa membantu postingan kalian bisa dilihat oleh semua orang dari belahan dunia manapun loh. Jadi sering-sering saja menggunakan hastag ini dalam postingan kalian. Dengan tertariknya seseorang pada postingan kita, mereka tidak akan segan-segan untuk berteman dengan kita di sosial media dan tentunya akan mendatangkan hal positif juga buat akun kalian loh.

Sejatinya sosial media adalah sumber terbaik bagi kita untuk membuka segala peluang sebesar mungkin. Kalian bisa merangkul seseorang di belahan dunia sana hanya dari sosial media. Sosial media akan berdampak baik bagi para penggunanya apabila digunakan secara bijak dan akan berdampak buruk bagi para penggunannya yang tidak memanfaatkan hal ini dengan baik.

Sebagai generasi moderen, ada baiknya kalian menggunakan sosial media secara bijak agar kebaikan senantiasa selalu bersama kalian.

Deane Lene Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


no comments

Follow Moeslema on SNS