2485
  2017-01-07       i.kinja-img.com

3 Bahaya Vaping yang Perlu Kalian Waspadai

Sayangi diri kalian sebelum semuanya terlambat!

Deane Lene 206 views

Siapa diantara kalian yang belum mengetahui apa itu vaping?
Apa kegunaan vaping?
Atau kalian sudah mengetahuinya namun hanya sekedar tahu kegunaanya tetapi tidak beserta bahaya di baliknya?

Artikel ini akan membahas 4 bahaya yang ditimbulkan dari vaping itu sendiri. Bukan bahaya untuk orang lain atau untuk lingkungan sekitar kalian para pemakai vaping. Tetapi artikel ini akan menekankan bahaya yang tersirat dibalik kenikmatan penggunaan vaping itu sendiri bagi diri kalian sendiri loh.

Dewasa ini vaping tidak hanya kaum adam saja yang ramai menggunakannya namun ternyata para kaum hawa pun berbondong-bondong menggunakannya. Apa sih yang membuatnya tertarik menggunakan vaping ini?

Apa itu vaping?

Source: i.ytimg.com

Vaping adalah versi rokok elektronik. Berbeda dengan rokok pada umumnya yang berbahan dasar tembakau, rokok elektrik ini berbahan dasar cairan. Rokok elektronik ini menggunakan e-liquid dalam tangki atau cartomiser yang kemudian dipanaskan hingga menjadi uap cair, uap ini kemudian dihirup.

Secara fungsi, ini adalah alat moderen pengganti rokok tembakau yang hampir 95% orang menganggap asapnya lebih dapat diterima lingkungan sekitar dibandingkan asap yang dihasilkan rokok berbahan dasar tembakau. Ada banyak macam liquid yang ditawarkan oleh para penjual produk ini. dari harga yang murah hingga yang sangat mahal.

Saat ini tidak hanya para pria saja yang menggunakan benda ini tetapi juga para wanita sangat menggemari benda ini karena bermacam-macam rasa liquidnya yang menjadi daya tarik benda ini.

Efek berbahaya yang jarang disadari oleh para penggunannya

Dibalik sensasinya yang menyenangkan dan dianggap ramah lingkungan ternyata benda ini memiliki efek samping yang tidak main-main loh moeslemates. Beberapa kasus di Amerika Serikat terkait dengan vaping, korban mengalami koma, kejang-kejang, pendarahan pada hidung dan berakhir dengan kematian loh. Jadi ini adalah masalah serius yang sering diabaikan oleh para pengguna benda ini. Ada bahaya lain yang mengintai para pengguna vaping ini loh moeslemates. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Zat berbahaya

Cairan yang beraneka ragam rasanya ini ternyata berbahaya loh moeslemates. Cairan ini sangat berbahaya ketika dipanaskan. Tidak banyak para penggunanya mengetahui bahwa cairan ini ternyata adalah salah satu pemicu aktifnya sel kanker dalam tubuh kita loh. Menurut beberapa penelitian hal ini tidak hanya berlaku hanya pada para penggunannya saja tetapi juga para penghirup asap dilingkungan sekitarnya (perokok pasif). Jadi, ada baiknya kalian menghindari terpapar asap ini ya moeslemates.

2. Gangguan pernapasan

Berdasarkan beberapa penelitian mengatakan bahwa asap dari vape ini akan terjebak di dalam paru-paru para penghirupnya. Jika terpapar dalam jangka waktu yang tidak intensif maka hal ini tidak menimbulkan permasalahan serius. Tetapi lain halnya jika kalian terpapar asap ini secara intens dan terus-menerus. Jika kalian terpapar asap secara terus menerus, dampak yang terjadi pada diri kalian secara perlahan-lahan akan memicu pembengkakan rongga arteri yang akan berujung pada gangguan pernapasan seperti batuk-batuk tidak berkesudahan, asma, sesak nafas, bronkitis, hingga kondisi terburuknya adalah pneumonia loh.

4. Kecanduan

Source: incomebully.com

Siapa bilang liquid ini tidak mengandung zat nikotin? Ternyata sama saja dengan rokok tembakau pada umumnya. Liquid ini mengandung zat nikotin yang menimbulkan ketergantungan atau kecanduan para penggunanya. Sehinga dalam kondisi ini para penggunanya sedikit kemungkinan bisa terlepas dari jeratan kebiasaan menggunakan benda yang satu ini. Beberapa kasus mengatakan bahwa ketika seorang anak-anak sudah mengenal benda ini dan mulai menggunakannya, maka sangat besar peluang kemungkinan anak menjadi seorang pecandu rokok baik rokok elektrik (vaping) ataupun rokok tembakau.

Hentikan kebiasaan ini sekarang juga!

Jika kalian masih menganggap ini adalah sebuah kebiasaan yang tidak berdampak buruk bagi kesehatan kalian, pikir lagi ya!

Beberapa kasus dari berbagai belahan dunia ini adalah bukti nyata mengenai bahaya dari penggunaan beda ini. Diantaranya adalah:

Seorang pria Inggris, mengalami pengeringan dan pendarahan di hidung. Beradsarkan analisa dokter mengatakan bahwa gangguan itu disebabkan ia sering menghembuskan asap vape melalui hidung.
bahwa nikotin yang sangat terkonsentrasi dalam cairan rokok elektrik adalah racun mematikan. Kemasan, rasa, dan warnanya dapat menjadi magnet
Menurut studi yang dilakukan oleh Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS (CDC), peningkatan jumlah pasien yang keracunan setelah menggunakan rokok elektronik dan nikotin cair terus meningkat.

Nah itu dia beberapa fakta berbahaya dibalik kenikmatan vaping dan berbagai macam liquidnya. Jadi aku menyarankan kalian untuk menghentikan kebiasaan ini sekarang juga sebelum semuanya terlambat.

Deane Lene Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS