2483
  2017.01.07       www.tentik.com

5 Bahaya Dibalik Sebuah Penyesalan

Tahukah kalian bahwa terdapat bahaya yang serius dibalik sebuah penyesalan? Boleh menyesal namun jangan terlalu berlebihan ya moeslemates.

Deane Lene 52 views

C2lvdz260cjhijep1ea7 Source: sinarharapan.co

Pasti kalian semua pernah mengalami sebuah penyesalan bukan?
Pasti kalian juga pernah merasa bahwa penyesalan tidak mampu mengubah apapun terhadap apa yang telah terjadi kan?
Atau mungkin diantara kalian ada yang terus menerus menyalahkan diri sendiri hingga saat ini?

Ada banyak hal yang sebenarnya kalian bisa memilih, melakukan dan mendapatkan yang lebih baik lagi utnuk mendapatkan sesuatu yang kalian inginkan. Namun pada kenyataan hal tersebut berkata lain. Memang sebuah penyesalan rasanya selalu datang terlambat dan selalu datang diakhir. Penyesalan adalah sebuah kenyataan yang tidak dapat kita hindari dan tidak pula kita bisa menyangkalnya bahwa hal tersebut telah berlalu dan kita terlambat untuk menyadari hal terbaik yang bisa kita lakukan pada saat itu.

Seperti sebuah pepatah mengatakan :

Nasi telah menjadi bubur.

Pepatah diatas sangat tepat untuk mengawali rasa penyesalan yang pada akhirnya kalian rasakan. Memang penyesalan merupakan salah satu cara untuk mengingatkan kalian bahwa apa yang telah kalian lakukan tidak tepat atau mungkin kurang. Kalian boleh saja merasakan sebuah penyesalan namun tidak boleh secara berlebihan ya moeslemates. Mengapa?

Sebuah penyesalan yang dilakukan secara berlebihan ternyata berbahaya bagi diri kalian sendiri loh. Bayangkan jika kalian terus menerus menyalahkan diri kalian terhadap suatu peristiwa dalam jangka waktu yang lama? Kalian bisa bayangkan kan bagaimana kondisi kalian?

Apa itu penyesalan?

Penyesalan adalah situasi emosional yang memuat kita menyalahkan diri sendiri terhadap hasil yang buruk. Perasaan kehilangan dan sedih yang membuat kita berpikir untuk mengulang waktu ataupun mengubah keputusan yang sudah terjadi.

Bahaya penyesalan

Beberapa ahli dibidang psikologi mengatakan bahwa terdapat masalah yang sering dialami oleh orang-orang yang mengalami sebuah penyesalan terhadap dirinya secara berlebihan dan tentunya hal ini sangat berbahaya apabila terjadi secara terus menerus dan berkepanjangan. 5 hal tersebut diantaranya adalah :

1. Stress

Mqwgdhphpfpl4ya9km8p Source: cdn.klimg.com

Jika kalian terus menerus menyalahkan diri sendiri, secara tidak langsung kalian akan membentuk sebuah pemikiran bahwa orang lain disekitar kalian juga melakukan hal yang sama terhadap diri kalian. Hal tersebut akan menimbulkan perasaan tertekan dan perasaan bersalah yang ada di dalam diri kalian semakin lama semakin membesar dan secara bersamaan kalian akan terus tertekan dan gambaran rasa bersalah itu akan semakin kuat.

Semakin kuat keadaan tersebut maka akan semakin sulit bagi kalian bangkit dan melepaskan diri dari hal tersebut. Bayangkan jika kalian tidak dapat terlepas dari perasaan bersalah ini? Berapa banyak waktu dan kesempatan yang kalian sia-siakan hanya untuk terus berdiam diri tanpa melakukan sebuah perubahan yang mengarah kepada hal positif bagi kehidupan kalian di masa depan?

2. Menyakiti diri sendiri (fisik)

Tidak jarang seseorang melakukan hal ini. Mengapa? Dalam dunia psikologis hal ini dikatakan sebagai "katarsis" atau dalam bahasa umumnya adalah sebuah pengalihan atensi untuk menimbulkan rasa nyaman dari suatu kondisi yang membuatnya tidak nyaman.

PERHATIKAN! Ini sangat-sangat berbahaya sekali bagi siapapun yang melakukannya. Biasanya hal ini dimulai dengan menyakiti diri sendiri dari hal-hal yang kecil seperti membenturkan kepala ke dinding, menggunakan silet untuk membuat luka pada bagian tubuh, menggigiti bibir atau seputar bagian tangan, menarik rambut sendiri hingga terlepas dan masih banyak lagi. Kasus yang paling beratnya adalah bunuh diri.

Jadi, jika kalian mengalami sebuah penyesalan, secukupnya saja. Jangan berlebihan dan jangan pula hingga menakiti diri sendiri. Biasanya orang-orang yang telah melakukan hingga tahap menyakiti diri sendiri akan merasa bahwa perilaku ini adalah sebuah solusi yang tepat untuk menyelesaikan sebuah permasalahan tetapi pada kenyataannya hal tersebut tidak menyelesaikan apapun.

Jika seseorang sudah berada dalam tahap ini ada baiknya dikonsultasikan kepada para ahlinya dibidang psikis.

3. Hilang percaya diri

Jika kalian terus menerus menyesal dan menyalahkan segala hal, kalian selama itu akan terus menerus menggerus rasa percaya diri kalian. Terlebih untuk kalian yang terus menerus menyalahkan diri sendiri.

Ketika kalian terus menerus menyalahkan diri sendiri, kalian sama saja sedang melakukan pembunuhan karakter diri kalian sendiri. Bila kondisi ini terus menerus diterapkan, maka kalian akan memandang rendah kemampuan diri sendiri dan lama-kelamaan kalian akan menganggap diri kalian tidak pantas untuk dihargai dan tidak bernilai dimata orang lain. Bayangkan jika kalian tidak percaya terhadap diri sendiri, apa yang akan terjadi dengan masa depan kalian nantinya?

4. Merusak hubungan

Dn1bznlzexnck3wlnsrj Source: kobietapo30.pl

Penyesalan yang terjadi secara berlebihan tidak hanya berdampak buruk terhadap diri sendiri namun juga pada kehidupan sosial kalian. Ketika kalian sudah tidak lagi memiliki nilai dalam diri kalian sendiri, kalian akan mulai menganggap bahwa orang lain juga memiliki anggapan yang sama dengan kalian. Padahal kenyataanya tidak demikian.

Kalian akan mempersepsikan diri kalian kurang memiliki kemampuan, tidak pantas untuk dicintai orang lain dan segala hal negatif lainnya. Alhasil kalian lambat laun akan menarik diri dari lingkungan sosial. Hal ini tentunya merugikan bagi diri kalian sendiri. Mengapa?

Karena kalian akan terus menerus tenggelam dalam perasaan bersalah dan tidak pula bergerak kearah hal yang lebih postif dalam kehidupan kalian. Apakah kalian menginginkan sisa hidup kalian tenggelam dalam perasaan bersalah? Aku rasa tidak.

5. Gangguan mental

Dampak terburuk dari penyesalan tak berujung adalah gangguan mental. Mengapa bisa hal tersebut terjadi pada seseorang?

Mainfestasi dari parasaan cemas, bersalah, stress dan sebagainya membuat diri kalian lama kelamaan menuju kearah trauma hingga mengalami phobia. Keadaan terberat dalam hal ini adalah depresi. Mengapa depresi adalah gangguan terberat?

Karena pada kondisi seseorang yang mengalami depresi, pada saat itu seseorang akan merasa sedih berkepanjangan, putus harapan, tidak punya motivasi untuk beraktivitas, kehilangan ketertarikan pada hal-hal yang dulunya menghibur, dan menyalahkan diri sendiri. Ia akan cenderung berdiam diri dan tidak memiliki ketertarikan untuk bersosialisasi dengan orang lain. Jika hal ini terjadi dalam jangka waktu yang lama maka akan berujung pada kematian.

Let's Move On!

Every day is a new day, and you'll never be able to find happiness if you don't move on.

Sebuah penyesalan tidak bisa mengubah masa lalu. daripada terus menerus menyesalinya, lebih baik kita fokus terhadap hal-hal saat ini dan masa depan. Jadi stop menyalahkan diri sendiri secara berlebihan ya. Tidak ada kata terlambat untuk memperbaikinya dan memulainya dengan cara yang lebih baik. Jadikan penyesalan yang kalian rasakan sebagia sebuah pelajaran dan pengingat kalian bahwa kalian pernah gagal dimasa lalu dengan cara tersebut.

Jangan terlalu berfokus pada kesalahan yang telah kalian perbuat dimasa lalu tetapi fokuslah terhadap solusi terbaik yang bisa kalian lakukan.

Deane Lene Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something
この記事が気に入ったらいいね!しようMoeslemaの最新情報をお届けします
Category: LIFESTYLE


2707

5 Penyebab Seseorang Berperilaku Konsumtif

Deane Lene
Updated at 2017-01-21
2636

4 Bahaya Dibalik Sulitnya Memaafkan

Deane Lene
Updated at 2017-01-17
2973

Cara Tetap Tenang Saat Mengalami Stres (Part 2)

santi lisnawati
Updated at 2017-02-07
2131

5 Cara Lebih Menikmati Hidup

santi lisnawati
Updated at 2016-12-14

no comments

Follow Moeslema on SNS