2477
  2017-01-06       resepmasakankuliners.blogspot.co.id

Tips Membuat Sayur Daun Pepaya Tidak Pahit

Pahitnya daun pepaya bisa dihilangkan dengan berbagai cara berikut. Simak tipsnya yuk.

santi lisnawati 214 views

Daun pepaya memiliki banyak kandungan zat baik di dalamnya. Tak heran jika daun pepaya banyak digunakan sebagai obat. Di Indonesia biasanya daun pepaya dimasak menjadi sayur yang kaya akan vitamin A, B, C, D, E dan kalsium. Tapi rasanya yang pahit justru membuat sebagian orang apalagi anak-anak ogah untuk memakannya.

Padahal daun pepaya berguna untuk mencegah penyakit kanker, membantu pencernaan, meningkatkan trombosit dan masih banyak lagi manfaatnya. Oleh sebab itu, mari cari tahu cara hilangkan pahit pada daun pepaya ini.

Cuci daun pepaya

Cara ini paling mudah dan praktis dilakukan. Cukup cuci sambil meremas daun pepaya, hingga air bilasan tak lagi berwarna hijau. Dengan begitu, getah daun pepaya yang terbuang akan mengurangi rasa pahitnya.

Rebus daun pepaya dengan asam jawa

Source: manfaat.co.id

Rebus daun pepaya dengan tambahan asam jawa. Sesuaikan takaran asam jawa hingga daun pepaya tidak terasa pahit. Selain menghilangkan pahit, asam jawa juga membuat daun pepaya jadi lebih wangi.

Rebus bersama daun lain

Source: youtu.be

Coba rebus daun pepaya berbarengan dengan daun jambu mete, daun jambu biji atau daun singkong untuk menghilangkan rasa pahitnya. Setelah direbus, tiriskan dan pisahkan daun pepaya. Jika daun pepaya masih terasa pahit, coba ulangi proses rebusan.

Remas dengan garam kasar

Remas-remas daun pepaya dengan garam kasar untuk hilangkan getahnya hingga rasa pahitnya akan berkurang. Remas hingga daun menjadi layu lalu biarkan selama 10-15 menit.

Setelah proses menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya dilakukan, saatnya memasak daun pepaya ini jadi sayur enak dan lezat. Cek resepnya di button link di bawah ini ya :)

santi lisnawati
santi lisnawati
writing and traveling enthusiast
Like our facebook page if you like this article!
Category: RECIPE&CULINARY


Curator Introduction
santi lisnawati
santi lisnawati
writing and traveling enthusiast

no comments

Follow Moeslema on SNS