2465
  2017.01.11       www.google.co.id

Lakukan Hal Ini Ketika Sakit Gigi

Sakit gigi, gusi bengkak adalah hal yang paling tidak enak karena membuat susah makan, susah berbicara dan sakit banget deh pokoknya. Yuk lakukan beberapa hal dibawah ini yang dapat meredakan sakit gigimu

Arverinda Lintang Respati 23 views

Sakit gigi, mungkin seringkali seseorang berpendapat lebih baik sakit hati daripada sakit gigi. Yap, karena pada kenyataannya sakit gigi itu emang ga enak banget moeslemates. Mau beraktivitas pun jadi susah, apalagi kalo giginya lagi senut-senut aduh udah deh rasanya bikin kepala mau pecah. Bagi moeslemates yang sedang sakit gigi berikut ada tips untuk menghilangkan rasa sakit gigi tersebut.

Senam Mulut

Seringkali bagi mereka yang sedang menderita sakit gigi sulit untuk berbicara atau berkomunikasi. Mereka lebih memilih berbicara alakadarnya dengan tidak membuka mulut. Hal ini ternyata salah besar loh moeslemates. Ketika kita sedang mengalami sakit gigi biasanya disertai pembengkakan pada gusi ataupun pada dinding mulut, pembengkakan inilah yang mengakibatkan seseorang menjadi susah untuk berbicara. Namun sesakit apapun itu harus kita lawan, kita harus tetap berbicara seperti biasanya tanpa menahan gerakan mulut.

Membuka mulut dengan lebar kemudian mengucapkan huruf A-I-U-E-O selama 1 menit dapat membantu mengurangi pembengkakan yang terjadi. Apabila kita terus menahan gerakan mulut otot dalam mulut kemudian tidak dapat bekerja hingga nantinya mulut kita benar-benar tidak dapat terbuka, menyeramkan bukan moeslemates? Jadi menggerakkan mulut dengan sedemikian rupa dapat membantu mengurangi pembengkakan yang diakibatkan oleh sakit gigi.

Kompres Air Hangat dan Dingin

Kompres, merupakan hal yang sering dilakukan orang-orang ketika mereka atau keluarganya terkena demam. Betul sekali, mengompres merupakan hal yang tepat, jika orang yang demam di kompres pada bagian dahi, untuk mereka yang mengalami nyeri gigi bisa mengompres di pipi. Tujuannya untuk mengempeskan bagian yang bengkak dan melenturkan otot mulut.

Kompres pipimu dengan air hangat kemudian bergantian dengan air dingin, lakukan hal tersebut secara berulang. Fungsi dari mengompres pipi kita dengan air hangat kemudian air dingin yaitu untuk membantu mengurangi pembengkakan yang terjadi. Lakukan hal ini rutin di pagi dan malam hari ya moeslemates.

Sikat Gigi

Sikatlah gigi dengan gerakan yang sudah dianjurkan oleh dokter gigi yaitu keatas kebawah bukan menyamping. Sikatlah gigi minimal dua kali sehari dan jangan lupa sebelum tidur harus menyikat gigi dulu ya dan jangan menghindari gigi yang sakit. Sikat gigi sebelum tidur adalah hal yang wajib dilakukan jika tidak mau gigimu semakin sakit.

Gunakan Obat Kumur

Hal selanjutnya ketika kamu mengalami sakit gigi adalah menggunakan obat kumur. Ketika kita sakit gigi sudah pasti banyak bakteri dan kuman yang menempati mulut oleh karena itu perlu menggunakan obat kumur, karena dengan sikat gigi saja tidak cukup moeslemates. Gunakan obat kumur paling tidak 1 menit, kumur - kumur dan tujukan ke segala arah terutama pada bagian yang sakit.

Gunakan obat kumur yang mengandung antiseptik, mengapa perlu mengandung antiseptik? Salah satu fungsinya adalah membunuh mikroorganisme seperti bakteri, jamur, virus, protozoa dan spora bakteri. Jadi jika kamu sakit gigi jangan gunakan obat kumur yang hanya membuat mulut segar tapi juga harus mengandung antiseptik.

Makan Makanan Bergizi

Makan makanan bergizi sangatlah penting dalam membantu penyembuhan sakit gigi. Seringkali seseorang malas makan ketika sakit gigi karena memang rasa sakit yang begitu dahsyat. Namun ketika kamu mengurangi asupan gizimu bakteri akan dengan mudah berkembang biak karena tidak ada sistem imun yang membantu mempertahankan daya tubuhmu. Jangan pernah sekali-kali diet ketika kamu sedang mengalami sakit gigi. Menjalankan program diet ketika sakit gigi akan memperparah sakit gigimu karena kamu akan kekurangan asupan gizi. Untuk kamu yang tidak bisa makan makanan yang keras mungkin bisa mengakalinya dengan membuat bubur atau nasi tim karena teksturnya lebih lembut, tapi kamu juga harus melatih gerakan ototmu dengan memakan buah langsung tanpa diolah menjadi jus atau dihaluskan terlebih dahulu. Memakan buah bisa menjadi olahraga untuk mulutmu.

Minum Obat Sesuai Anjuran

Yang terakhir adalah minum obat, tentunya kamu harus terlebih dahulu konsultasi ke dokter gigi agar dokter bisa memberikan saran yang tepat untukmu. Ketika dokter memberi resep obat minumlah dengan teratur atau dengan kata lain sampai obat tersebut habis. Seringkali seseorang menghentikan konsumsi obat setelah rasa sakitnya hilang padahal obat tersebut masih ada. Tidak menghabiskan obat sesuai anjuran dokter dapat menimbulkan sakit gigi lagi di kemudian hari lagi loh moeslemates.

Mengkonsumsi obat adalah hal perlu dilakukan untuk menghentikan rasa sakit gigimu. Konsumsi obat sesuai anjuran dokter, dan jangan berhenti meminum obat ketika obat tersebut belum habis.

Nah bagaimana moeslemates, semoga buat moeslemates yang sedang sakit segera sembuh yaa dan bisa juga dicoba tips-tips dibawah ini yaa. Sekian dulu sampai jumpa di artikel berikutnya (masih seputar sakit gigi kok hehe).

salam
-Arve

Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


no comments

Follow Moeslema on SNS