2449
  2017-02-26       www.google.co.id

4 Kreasi Masakan Berbahan Dasar Telur

Kamu ga bisa masak? Yuk coba masak menu berbahan dasar telur ini, dijamin mudah dan cocok untuk kamu yang pemula

Arverinda Lintang Respati 211 views

Telur, merupakan salah satu makanan yang bernilai protein tinggi. Dibanding ayam dan ikan, telur sangat mudah untuk dimasak dan mudah untuk dikreasikan. Berikut adalah beberapa resep masakan yang dapat kamu coba dan cukup mudah diterapkan untuk kamu yang masih pemula dalam hal masak-memasak.

Scrambled Egg

Scrambled Egg, kalau orang Indonesia biasanya menyebutnya dengan sebutan telur orak-arik. Nah dalam membuat scrambled egg ini sangat mudah banget dan kamu bisa mengkreasikannya dengan berbagai macam bahan.

Bahan :
4 butir telur ayam
mentega secukupnya
merica secukupnya
cream cheese (jika ada)
susu cair (jika suka)

Cara Membuat :
1. Siapkan wajan anti lengket, panaskan mentega pada wajan tersebut.
2. Masukkan 4 butir telur tadi yang sebelumnya sudah dikocok terlebih dahulu, aduk-aduk hingga setengah kalis
3. Tambahkan cream cheese/susu cair kemudian merica dan sedikit garam
4. Aduk kembali hingga benar-benar matang
5. Scrambled egg siap dihidangkan.

*note : kamu juga dapat menambahkan potongan daging ham atau daging cincang

Avocado and Poached Egg Brunch Toast

Menu selanjutnya adalah poached egg. Poached egg sendiri adalah telur ceplok rebus namun setengah matang. Teknik pembuatannya pun harus sesuai untuk mendapatkan hasil yang sesuai.

Bahan :
2 butir telur ayam
Alpukat
Roti gandum / roti tawar

Cara Membuat :
1. Isi panci dengan air sampai 2/3 penuh kemudian tambahkan 2 sdt cuka putih. Biarkan hingga mendesis (jangan sampai mendidih).
2. Pecahkan telur dan masukkan ke dalam mangkuk kecil (seperti ramekin). Hal ini memudahkan anda dibandingkan langsung memasukkan telur ke dalam panci.
3. Buat putaran pada air searah jarum jam (atau berlawanan arah jarum jam) tapi biarkan selama sekitar 2-3 detik sebelum Anda meletakkan telur di. Jika berputar-putar terlalu keras, telur akan pecah dan tampak seperti benang.
4. Jatuhkan telur langsung ke pusat air yang berputar-putar. Pastikan telur tetap cantik dan masih berada di bawah panci. 3 menit setelah telur dimasukkan ke panci telur perlahan akan mengapung. Angkat dengan sendok berlubang dan tempat di handuk kertas dapur untuk menghapus air yang berlebih.
5. Siapkan piring, letakkan roti tawar kemudian beri potongan alpukat diatasnya kemudian taruh poached egg tadi diatasnya. Tambahkan sedikit merica diatasnya.

*note : menu sarapan sehat yang simple

Smoke Beef and Cheese Omelet

Pada dasarnya omelet itu adalah telur dadar. Orang Indonesia sering mengkombinasikan telur dadar dengan memasukkan bahan-bahan lain seperti bawang bombay, cabai, bayam hingga kol. Untuk menu sarapan kamu bisa coba resep dibawah ini.

Bahan :
- 6 butir telur ayam
- 1 1/2 sendok makan (25 mililiter) susu
- 1 sendok makan daun peterseli, cincang
- mustard bubuk
- garam dan lada hitam bubuk yang baru digiling
- Smoke Beef, potong kecil
- Segenggam keju Cheddar, parut atau potong dadu
- mentega tawar secukupnya

Cara Membuat :
1. Pecahkan telur dan masukkan ke dalam mangkuk dan kocok hingga rata, kemudian tambahkan susu, peterseli dan bubuk mustard, bumbui dengan garam dan merica, aduk rata. Masukkan daging ham dan keju Cheddar.
2. Panaskan mentega dalam wajan ovenproof dengan api tinggi sampai itu sepenuhnya meleleh. Tuang campuran telur tersebut ke dalam wajan, untuk mendorong telur jauh dari sisi panci gunakan spatula tahan panas. Segera kecilkan api sampai sedang dan biarkan telur dadar masak perlahan-lahan sampai bagian bawah telur dadar matang, sekitar 3 menit
3. Jika Anda ingin melipat telur dadar Anda, gunakan spatula untuk membalik 1 sisi omelet atas yang lain untuk membentuk setengah lingkaran dan terus masak sampai telur dadar diatur, sekitar 3 menit lagi. Jika Anda ingin meninggalkan telur dadar Anda datar, geser wajan di bawah broiler dipanaskan sampai bagian atas telur dadar diatur, sekitar 3 menit.
4. Setelah telur dadar dimasak, angkat segera, dapat disajikan dengan dilipat atau dibiarkan flat

Crepes

Resep selanjutnya adalah membuat crepes. Sebenarnya resep yang tercantum dibawah ini sedikit sulit bahan serta cara pembuatannya. Untuk memudahkan kamu sebenarnya ada resep simplenya yaitu kamu cukup siapkan 2 butir telur, mentega/margarin yang telah dilelehkan, gula pasir, dan tepung terigu. Kocok telur, gula dan mentega cair hingga warnanya berubah menjadi putih, kemudian masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit jangan sampai kebanyakan terigunya, adonan harus encer tapi jangan terlalu encer.

Kemudian siapkan pan anti lengket/ teflon, kemudian tuang adonan crepes dan ratakan ke seluruh pan, masak hingga adonan mulai berubah warna menjadi kuning kecoklatan, kemudian balik dan angkat. Untuk toping dalamnya kamu bisa isi dengan apa saja seperti meses. keju, nutella, selai, kit kat dan sebagainya. Crepes mu pun sudah jadi.

Source: cafedelites.com

Bahan :
- Macerated Strawberries and Cream:
2 cups strawberries, washed and divided
2 tablespoons natural sweetener or sugar of choice
1 - 2 tablespoons Cointreau (adjust to your tastes)
1½ cups reduced fat cooking cream (Philadelphia) or Greek yogurt
2 tablespoons (extra) sugar or sweetener of choice
1 teaspoon vanilla extract
- Crepes
3 large eggs
2 tablespoons oil/ (or reduced fat butter, melted)
1 teaspoon vanilla extract
2 tablespoons sugar
1¼ cup skim/low fat or almond milk
1 cup plain; light spelt or all-purpose flour

Cara Membuat :
- Untuk stroberi.
Potong stroberi menjadi empat. Campur stroberi ke dalam mangkuk dengan pemanis atau gula dan Cointreau, sisihkan adonan ini selama 15 menit. Sementara adonan stroberi ini menyerap, persiapan untuk membuat crepesnya.

- Untuk Crepes:
Kocok telur, minyak / mentega, vanili, gula dan susu sampai berwarna putih. Tambahkan tepung dan aduk lagi sampai adonan tidak bergelembung.
Olesi pan anti lengket dengan minyak (atau lapisi dengan mentega) kemudian setelah minyak/mentega panas, bersihkan dengan paper towel. Tuangkan ¼ cangkir adonan per krep ke tengah pan, kemudian putar wajan hingga adonan merata ke seluruh pan dengan lapisan tipis. Masak hingga warna crepes berubah menjadi kuning kecoklatan, kemudian balik adonan dan tunggu hingga warnanya berubah, angkat menggunakan spatula, lakukan hal yang sama berulang hingga adonan crepes habis

- Untuk Stroberi Dan Cream:
Setelah pembuatan crepes selesai, gabungkan krim / yoghurt, dengan pemanis / gula, dan vanili. Potong setengah dari stroberi yang telah dimaserasi menjadi potongan kecil. Oleskan campuran stroberi dan krim ke seperempat setiap krep dan lipat dua, dan kemudian di setengah lagi. Susun crepes kemudian hias dengan sisa stroberi yang sudah dimaserasi dan taburi dengan icing sugar (gula halus).

Nah baiklah moeslemates, kamu bisa mendapatkan kreasi masakan dari telur dan ini sangat mudah kamu terapkan jika kamu ga jago-jago banget dalam hal memasak.

Selamat Mencoba !!

Like our facebook page if you like this article!
Category: RECIPE&CULINARY


Curator Introduction

no comments

Follow Moeslema on SNS