2447
  2017-02-20       www.brickwallcomedy.com

7 Manfaat Madu yang Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Madu selain digunakan sebagai campuran makanan dan minuman ternyata mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan loh

Arverinda Lintang Respati 121 views

Assalamualaikum Moeslemates !!

Madu adalah cairan yang seperti sirup dan dihasilkan dari nektar bunga yang diolah oleh lebah madu. Zat glukosa yang terkandung dalam madu murni membuat madu memiliki rasa yang manis bahkan dapat melebihi rasa manis pada gula. Para ahli kesehatan pun membuktikan khasiat dan manfaat dari madu asli. Madu sendiri mengandung vitamin B1, B2, C, B6, B5 dan B3, yodium, sodium dan seng.

1. Melembabkan Kulit

Manfaat yang pertama dari madu yaitu dapat melembabkan kulit. Mengapa demikian? Pada madu terkandung gula serta asam amino yang membantu mempertahankan kelembaban kulit. Selain melembabkan kulit madu juga dapat menghaluskan kulit karena didalamnya terdapat asam glukonat dan asam organik ringan lainnya yang terdapat dalam madu dapat melonggarkan ikatan sel-sel kulit mati sehingga mempercepat regenerasi.

Karena manfaatnya yang baik ini, madu seringkali digunakan sebagai bahan utama produk-produk kecantikan dan body care.

2. Mencegah Diabetes

Banyak orang yang terkena diabetes kemudian menghindari gula dan akhirnya beralih ke gula diet atau madu. Yap madu merupakan pemanis alami yang aman dikonsumsi meskipun dengan jumlah yang banyak. Kandungan gula dalam madu tidak akan membuat orang terkena diabetes, asalkan madu tersebut adalah madu asli bukan campuran dengan bahan lain. Kandungan senyawa yang terdapat pada madu dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dan juga kolesterol jahat serta menghasilkan kolesterol yang baik bagi tubuh.

3. Menyembuhkan Sariawan

Sariawan merupakan hal yang paling tidak enak kedua setelah sakit gigi. Kalau lagi sariawan rasanya mau beraktivitas pun susah, makan susah, ngomong susah. Sariawan sendiri timbul akibat kekurangan vitamin C. Madu merupakan cairan yang banyak mengandung vitamin C yang bermanfaat menyembuhkan luka sariawan. Selain dikonsumsi gunakan madu sebagai obat sariawan dengan mengoleskannya pada bagian yang luka. Lakukan secara rutin hingga sariawan hilang.

4. Mengobati Luka

Luka luar seperti luka bakar, luka karena terjatuh, penyakit kulit, ataupun karena terkena sayatan pisau sangatlah menyakitkan dan kadang hingga membuat sulit bergerak. Gunakanlah madu sebagai obatnya karena madu dapat mempercepat penyembuhan luka dan meregenerasi kulit. Oleskan madu pada luka mu lakukan secara teratur, fungsi madu ini selain mempercepat penyembuhan luka adalah mengurangi infeksi serta rasa sakit akibat luka tersebut.

5. Meredakan Batuk

Batuk, terlebih lagi jika batuk kering yang membuat tenggorokan gatal sekali, atau mungkin batuk berdahak yang membuat tenggorokan menjadi meradang. Madu dapat kamu gunakan untuk mengurangi batukmu jika sedang terkena batuh. Dengan mengkonsumsi madu dapat memicu air liur dan lendir terproduksi sehingga dapat membahasahi tenggorokan dan menyembuhkan batuk. Khasiat madu satu ini sepertinya dapat disamakan dengan obat batuk yang mengandung dextromethophan.

6. Menghilangkan Noda Hitam di Wajah

Flek hitam di wajah merupakan hal yang sangat tidak diinginkan oleh wanita pada umumnya. Karena dianggap sebagai musibah, banyak wanita yang mempercayakan perawatan kulitnya di dokter kecantikan, padahal kamu bisa menggunakan madu untuk menghilangkan noda hitam tersebut. Gunakan madu sebagai masker pada wajah, kamu bisa mencampurkan madu dengan bubuk greentea, air perasan jeruk nipis, kopi, ataupun susu bubuk. Penggunaan masker madu ini juga dapat meremajakan kulitmu.

7. Mencegah Penuaan Dini

Menjadi terlihat lebih tua dari umurmu yang seharusnya merupakan tanda penuaan dini. Munculnya kerutan di sekitar mata pun juga menjadi salah satu tanda penuaan dini. Menggunakan masker madu dapat menjadi solusi memperlambat penuaan dini.

Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction

no comments

Follow Moeslema on SNS