2443
  2017-02-07       www.google.co.id

5 Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Mulai Berbisnis

Tips untuk kamu yang akan mulai berbisnis, sudah siap suka dukanya?

Arverinda Lintang Respati 57 views

Assalamualaikum Moeslemates !!!

Kali ini aku mau membahas mengenai hal-hal yang perlu kamu persiapkan sebelum mulai berbisnis. Karena bisnis atau usaha itu bukanlah sesuatu yang asal-asalan kamu harus mempersiapkannya secara matang ya !! Yuk simak tips berikut ini

Tentukan Jenis Usaha

Yang pertama kali harus dilakukan adalah kamu harus menentukan bisnis apa yang akan kamu lancarkan. Entah itu bisnis di bidang fashion, kuliner atau apapun yang sekiranya sesuai dengan kepribadian dan juga kesanggupanmu.

Pemetaan

Hal kedua yang perlu kamu lakukan adalah membuat pemetaan terhadap bisnis yang akan kamu jalankan, mulai dari target pasarnya siapa? Modal yang dikeluarkan kapan kembalinya? Kualitas barang / jasa bagaimana? dan lain sebagainya. Pemetaan ini sangat penting walaupun bisnis mu belum berjalan sepenuhnya atau belum berjalan sama sekali. Tujuan pemetaan ini untuk mengetahui kapan kita akan untung, dan masalah apa saja yang akan kita hadapi, dan bagaimana cara menanggulangi masalah yang terjadi.

Modal Usaha

Yang harus kamu pikirkan selanjutnya adalah mengenai modal. Modal ini bisa kamu dapatkan dari uang tabunganmu atau pinjaman modal dari orang tua atau dari bank. Jika modal tersebut dari orang tuamu jangan lupa menghitung nilai modal yang harus kamu kembalikan ke orang tuamu seperti halnya meminjam modal dari bank, dan berapa lama modal tersebut akan kembali, dan kapan kamu akan mendapatkan keuntungan.

Tenaga Usaha

Hal keempat yang harus kamu perhatikan adalah, siapa yang akan membantumu dalam menjalankan bisnismu? Dalam menjalankan bisnis tentunya kamu butuh pekerja, tapi untuk membayar pekerja dengan gaii yang tinggi rasanya sulit, oleh karena itu kamu bisa manfaatkan open internship. Kamu dapat mempekerjakan mahasiswa yang butuh uang tambahan untuk bekerja di tempatmu entah itu sebagai tenaga marketing, content writer atau si ahli IT.

Mental

Tips terakhir untuk memulai usaha yaitu mempunyai mental yang kuat. Dengan memulai bisnis artinya kamu sudah siap untuk menuai untung ataupun rugi. Ketika seseorang sedang mendapatkan kentungan dia akan happy - happy saja, tapi jika sedang keadaa merugi biasanya orang akan menjadi terpuruk. Jangan biarkan dirimu terpuruk, bangkit lagi dan lanjutkan bisnis yang sudah kamu bangun sedemikian rupa. Jangan pernah menyerah dengan kondisi apapun karena kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda.

Jadi, sudah siapkah kamu untuk mulai berbisnis?

Like our facebook page if you like this article!
Category: ENTREPRENEURSHIP


Curator Introduction

no comments

Follow Moeslema on SNS