2436
  2017-01-20       www.google.co.id

5 Problema Wanita Muslim yang Belum Berhijab untuk Mulai Berhijab

Kamu wanita muslim tapi belum menggunakan hijab? Simak beberapa hal berikut yang sering menjadi problem kamu

Arverinda Lintang Respati 205 views

Assalamualaikum Moeslemates !!

Apakabarnya hari ini? Kali ini aku mau membahas beberapa persoalan yang sering terjadi pada mereka wanita muslim yang sudah baligh namun belum berhijab. Anjuran berhijab telah tertuang dalam Al-Quran dan Al-Hadis. Jadi untuk kamu para wanita muslim yang belum berhijab, segera tunaikan kewajiban tersebut. Dan untuk ulasannya berikut dapat kamu baca artikel ini.

Belum Ada Niat

Terkadang untuk mereka yang belum berhijab ketika ditanya kapan akan berhijab mereka menjawab "belum ada niat, nanti aja deh". Memang susah jika dari dalam diri orang tersebut belum ada niatan untuk hijrah menggunakan hijab, tapi jika ditelisik sampai kapan niat tersebut akan ada? Jika sampai ajal menjemput belum ada niatan juga lalu kapan? Hukum wanita berhijab dalam Islam adalah wajib. Jadi buat kami yang belum berhijab jangan tunggu ngumpulin niat dulu, segerakanlah berhijab karena itu adalah ketentuan Allah yang telah tercatat dalam Al-Quran dan Hadis.

Perbaiki Akhlak Dahulu

...dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya... (An Nuur :31)

Permasalahan berikutnya adalah ketika mereka para wanita yang belum berhijab berkata "aku harus perbaiki akhlak dulu" atau "malu ah sama kelakuan masih kaya gini, nanti aja deh". Memang untuk memantapkan diri menggunakan hijab juga harus disertai perubahan akhlak menjadi lebih baik. Tapi sekali lagi, bahwa kewajiban menggunakan hijab bagi wanita yang sudah baligh tercantum di Al-Quran dan Al-Hadis. Jadi jangan sangkut pautkan kewajiban menggunakan hijab dengan akhlakmu saat ini. Segerakanlah tunaikan kewajibanmu menggunakan hijab, Insya Allah ketika kamu mulai memakai hijab akhlak yang baik pun akan turut serta mengikuti.

Berbenah Hati

"Aku harus berbenah hati dulu"
"Aku belum siap"

Ucapan tersebut juga sering terlontar oleh mereka yang belum menggunakan hijab. Memakai hijab perumpamaannya sama dengan kamu dimarahi bosmu di tempat kerja, siap tidak siap kamu harus menghadapi amarah bosmu. Jika kamu tidak siap dari sekarang mau kapan lagi? Hidup matinya seseorang tidak ada yang tahu, jadi segeralah menutup auratmu.

Keluarga

Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Al-Ahzab :59)

Pada suatu keluarga jika kadar keislamannya kurang seringkali mereka mengikuti gaya hidup barat. Orang tua juga dapat menjadi penentu kualitas keimanan dan keislaman seorang anak. Jika pada suatu keluarga sang Ayah jarang sholat, si Ibu tidak menggunakan hijab serta lebih sering berpakaian terbuka menjadi contoh yang kurang baik. Jika pada suatu keluarga sang Ibu menggunakan hijab secara otomatis kesadaran anak untuk mulai berhijab akan tumbuh dengan sendirinya. Berasal dari tipe keluarga apapun kamu harus menjalankan kewajiban menggunakan hijab ini. Jadilah generasi yang lebih baik dari orang tuamu.

Lingkungan Sekitar

Dengan siapa kita bergaul itu juga menjadi salah faktor mengapa sampai saat ini kamu belum berhijab. Terlebih lagi jika lingkungan kerjamu bukanlah bernuansa Islam hingga kamu menjadi kaum minoritas. Dengan menggunakan hijab bukan berarti kamu harus melulu bergaul dengan remaja masjid dan sebagainya. Kamu masih bisa tetap bergaul dan berteman dengan siapapun, tinggal pintar-pintarnya kamu membawa diri. Jangan takut menjadi minoritas dan jangan takut untuk tampil beda.

Jadi bagaimana moeslemates? sudah terbuka kah pikiranmu untuk segera berhijab? Jangan menunggu dan jangan menunda lagi yaaa.

Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction

no comments

Follow Moeslema on SNS