2428
  2017-01-16       www.google.co.id

Tips Belanja Online Agar Tidak Kecewa

Terkadang kita suka merasa kecewa dengan barang belanjaan yang kita beli di online shop. Mau ga kecewa? Yuk simak tips berikut ini

Arverinda Lintang Respati 101 views

Assalamualaikum Moeslemates !!!

Pasti hampir semua yang baca artikel ini pernah belanja online kan?? Pernah ga sih kamu ragu akan suatu barang? Nah berikut tips buat kamu yang mau belanja online biar ga kecewa sama barang yang kamu beli mending simak dulu yaaa hehe

Trusted Online Shop

Ini adalah hal yang pertama dan yang paling penting, kenapaa??? ya pasti kamu sendiri sudah tahu kan, kalo online shop tersebut terpercaya kamu pun akan berbelanja dengan aman. Telusuri online shop tersebut melalui akun media sosialnya, misalkan dia punya instagram kamu bisa cek tag fotonya, kalo tag-an nya masih berupa testimoni artinya online shop tersebut bagus dan terpercaya, tapi jika ada beberapa foto yang bilang kalo online shop ini menipu dan lain sebagainya kamu pastinya perlu cross check ulang lagi ya guys.

Jadi sebelum kamu beli ini itu pastikan toko yang akan kamu beli produknya benar - benar terjamin, dan bukan online shop abal - abal yaa.

Telusuri Produk

Seringkali kita komplain kalau barang yang kita pesan tidak sesuai dengan apa yang dikirimkan, biasanya sih masalah warna dan tekstur bahan. Nah kenapa bisa demikian? Jadi begini moeslemates, tidak semua online shop memiliki budget untuk sesi dokumentasi produk, biasanya mereka hanya ambil foto dari google atau dari seller sebelumnya. Misal untuk tas yang aslinya KW bisa tampak sedemikian menggugah mata karena foto yang dipasang adalah foto tas aslinya. Jadi sebenarnya kita sebagai pembeli harus pintar - pintar juga dalam memilih dan jangan mudah tergiur dengan harga murah. Ga mungkin kan tas branded harga ratusan hingga jutaan tiba-tiba berubah menjadi dibawah seratus ribu. So jadi pembeli pun kita harus cerdas, ada rupa ada harga.

Sebagai pembeli yang cerdas kita harus bisa memilah - milah mana barang branded dengan harga sesungguh mana barang kw alias tiruan dengan harga alakadarnya.

Review Produk

Yang ketiga adalah review produk. Review ini sangat penting bagi kamu, terutama bagi kamu yang masih takut berbelanja online. Rasa takut itu sebenarnya wajar karena sebagai manusia kita sudah kodratnya ingin mendapatkan barang dengan kualitas yang baik. Cari tau barang yang akan kamu beli pada kolom review atau pada area testimoni. Jangan hanya terpaku pada review "barangnya bagus" atau "ga nyesel belinya" dan lain sebagainya. Fokus juga pada komen atau testimoni yang kurang baik pula seperti "barangnya tidak sama seperti di foto" atau "bahannya panas, tidak seperti foto katanya adem bahannya" dan lainnya. Mengapa kita harus melihat komentar yang negatif? agar kita tahu kualitas produk itu sesungguhnya.

Lihatlah pula komentar negatif dari review suatu produk agar kamu betul - betul mengetahui plus minus produk tersebut.

Window Shopping

Selanjutnya adalah window shopping, window shopping ini bukan berarti kamu belanja jendela ya moeslemates ehehhe. Window shopping disini artinya melihat - lihat barang pada suatu toko, jika kamu sedang ke mall coba saja lihat - lihat barang apapun itu agar menambah daftar pengetahuan kamu akan suatu produk. Dan kamu pun bisa menilai jika kamu ingin membelinya di online shop kamu akan dengan mudah percaya, karena sebelumnya kamu sudah mengetahui mengenai harga, kualitas produk dan sebagainya.

Tidak ada salahnya ketika kamu jalan - jalan ke mall atau suatu toko kemudian melihat - lihat produk yang ada di dalamnya untuk bahan perbandingan.

Testimoni Teman

Jika kamu masih ragu cobalah minta saran temanmu, atau mungkin jika temanmu pernah membeli suatu produk dari seller tersebut testimoninya bisa kamu jadikan bahan acuan. Memang belanja online itu memang gampang - gampang susah, tapi jangan buat dirimu terbebani dengan berbagai macam komentar orang mengenai suatu barang. Kamu harus menjadi diri sendiri juga untuk menentukan kamu ingin beli produk ini atau tidak.

Testimoni teman itu penting tapi kamu juga harus dapat memilah - milah, karena belum tentu temanmu bilang bagus tapi dimatamu tidak. Bagus tidaknya suatu barang itu relatif ya moeslemates.

Nah bagaimana moeslemates? sudah lebih terbuka belum pikiran kamu kalau mau belanja online? Jadi sadari diri sendiri, jangan menuntut kesempurnaan suatu barang kalau harganya saja diskon besar - besaran. Jadilah pembeli yang cerdas ya moeslemates.

Salam
-Arve

Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction

no comments

Follow Moeslema on SNS