2421
  2017-01-15       www.google.co.id

5 Tips Menjadi Solo Traveller

Solo traveller? Kenapa tidak! Kamu bisa lakukan apapun yang kamu mau, bahkan kamu bisa bebas mau kemana aja tanpa terkendala teman lain

Arverinda Lintang Respati 96 views

Assalamualaikum Moeslemates !

Menjadi seorang solo traveller bagi sebagian orang mungkin menjadi hal yang susah, tapi ternyata menjadi seorang solo traveller itu menyenangkan loh guys!!! Tapi dalam menjadi seorang traveller kamu harus tau apa saja yang perlu kamu lakukan sebelum travelling, Ga cuma dari persiapannya aja, hal - hal apa saja ketika kamu sudah on vacation, yuk simak tips dibawah ini.

1. Make a Plan

Yang pertama dan pastinya adalah membuat planning atau rencana. Rencanakan tujuan liburanmu, kamu mau kemana saja. Misal kamu mau ke Jogja, kamu harus tau berapa hari kamu stay disana, mau ke tempat wisata mana saja, akomodasi dari tempat kamu ke Jogja bagaimana, penginapan disana, transportasi selama di Jogja, tempat makan yang akan kamu cicipi, dan lain hal nya. Semua hal tersebut harus kamu rencanakan secara matang karena planning tersebut akan berpengaruh terhadap budget yang akan kamu keluarkan. Sebagai bahan ilustrasi aku buat list sebagai berikut yaaa

Kota Asal : Jakarta
Tujuan : Jogjakarta
Akomodasi : Kereta / Bis / Pesawat
Penginapan : Kosan teman / hostel / hotel murah
Transportasi : Sewa kendaraan / kendaraan umum / pinjam kendaraan teman
Tujuan Wisata :
Day 1 : Jogja bagian selatan ( Mangunan, Hutan Pinus Imogiri, Gumuk Pasir Parangkusumo, Pantai Parangtritis)
Day
Day 2 : Jogja Kota ( Kotagede, Tamansari, Wisata Kuliner, Malioboro, Benteng Vrederburg, Keraton, Alun-alun Utara, Alun-alun Selatan.
Day 3 : Jajaran Pantai Gunung Kidul (kira-kira ada 16 pantai ini)
Day 4 : Wisata kuliner, Belanja Oleh-oleh, Back to Jakarta

2. Siapkan Budget

Budgeting, yap ini menjadi hal yang terpenting kedua setelah kamu membuat planning. Kamu juga harus bisa membuat siasat atau trik untuk menekan budget kamu. Contoh untuk akomodasi dari tempat kamu ke tujuan kamu bisa menggunakan kereta atau bis, atau biar lebih murah lagi kamu bisa ikutan nebeng dengan sesama orang yanh ingin ke tujuan tersebut contohnya komunitas nebengers. Untuk transportasi selama disana kamu bisa mengandalkan teman-teman mu yg berada di kota tersebut untuk memfasilitasi kamu. Kalo untuk penginapan juga kamu bisa mengandalkan temanmu atau mungkin kamu bisa menumpang tidur di rumah warga.

Karen keuangan adalah hal yang paling penting jadi kamu harus pintar-pintar mengalokasikan dana kamu. Contoh hal yang harus kamu perkirakan antara lain :
1. Ongkos dari Jakarta ke Jogja (Lebih murah kereta, bis atau pesawat)
2. Tiket masuk tempat wisata
3. Penginapan (Hotel murah, rumah teman, pavilion)
4. Transportasi selama disana (Sewa mobil, pinjem kendaraan teman, dll)
5. Biaya makan ( makan alakadarnya, makan di tempat hitz, dsb(
6. Budget Oleh-oleh (karena ga mungkin kamu pulang gabawa oleh-oleh)
7. Biaya tak terduga

3. Hubungi Teman Kamu

Jika kamu mempunyai komunitas-komunitas online yang mana anggotanya berasal dari seluruh Indonesia kamu bisa memanfaatkan hal tersebut. Kamu bisa menghubungi teman kamu yanh berada di kota tersebut untuk menjamu kamu bahkan kamu bisa numpang menginap disana loh. Ga cuma itu aja karena sekalian kopi darat dengan temanmu itu kamu juga bisa menyalurkan hobi kamu juga, misal kamu berasal dari komunitas fotografi, kamu bisa hunting banget. Pengalaman aku karena aku punya teman di komunitas fotografi setiap aku ke daerah mereka pasti aku selalu dijamu dengan baik dan begitu pula sebaliknya ketika mereka main ke tempatku aku pun menjamunya dengan baik.

Hubungi teman-temanmu entah itu teman sekolah dahulu, teman kuliah atau teman komunitas. Perdayakanlah teman-teman mu yang ada di daerah tersebut, eits maksudnya memperdayakan bukan berarti memanfaatkan loh ya. Kalian bisa temu kangen, reuni, kopi darat bahkan melakukan hobi kalian. Tidak ada ruginya menghubungi temanmu, kamu pun bisa leluasa berlibur tanpa campur tangan orang lain.

4. Cari Tempat Penginapan Murah

YYang keempat adalah mencari tempat penginapan. Nah pada tips sebelumnya adalah hubungi temanmu, kamu bisa saja menginap di tempat temanmu, tapi ingat yaaa jangan merepotkan dia, atau jika memamg di daerah tersebut sudah terkenal dengan traveller yang sering menginap di rumah warga kamu bisa menerapkan konsep tersebut. Atau jika kamu ragu kamu bisa memilih hotel ataupun penginapan dengan harga terjangkau, tidak harus hotel yang mahal terkadang ada perumahan warna yang dapat disewa harian seperti kamar kosan.

Kamu bisa mencari hostel atau penginapan lain yang harganya terjangkau dengan budgetmu. Sharing penginapan dengan orang lain juga dapat menjadi hal menarik, karena kamu bisa mendapatkan teman baru dan pengalaman baru.

5. Bawa Barang Secukupnya

Yang terakhir adalah bawa barang bawaan secukupnya, karena kamu solo alias sendiri jangan bawa barang yang terlalu berat. Bawa baju secukupnya, jika penginapan memungkinkan untuk mencuci baju kamu bisa membawa hanya sedikit baju, jika tidak kamu harus bisa menjadwalkan baju yang akan kamu pakai setiap harinya. Jangan bawa barang bawaan yang tidak perlu seperti hair dryer, catokan rambut dll, karenan itu hanya akan menambah berat daftar barang bawaanmu. Jangan lupa juga untuk packing dengan benar agar kamu tidak perlu membawa banyak tentengan.

Bawalah barang bawaan secukupnya. Jangan bawa barang yanh tidak perlu, serta packing lah bawaanmu dengan sebaik mungkin agar lebih simple dan tentunya tidak menyusahkanmu. Jangan membagi barang bawanmu kedalam banyak tas. Paling tidak kamu perlu membawa sau tas besar dan satu tas kecil untuk menaruh barang pribadimu.

Nah bagaimana moeslemates? Sudah terinspirasi belum menjadi solo traveller? Mungkin kamu perlu keluar dari zona nyaman kamu dan mencoba hal - hal yanh baru. Kamu tidak perlu takut tapi tetap kamu harus berhati - hati, pelajari kondisi wilayah dan segala sesuatu di tempat kamu akan berlibur agar kamu tidak terlalu buta dengan wilayah tersebut. Sekian dulu yaa sampai jumpa di artikel berikutnya mengenai plus minus menjadi solo traveller.

Salam
-Arve

Like our facebook page if you like this article!
Category: TRAVEL


Curator Introduction

no comments

Follow Moeslema on SNS