2393
  2017-01-05       www.ryylxjw.com

7 Keuntungan Menakjubkan Dari Tertawa

Walaupun terlihat sangat sederhana, tertawa ternyata membawa kebaikan terutama bagi kesehatan. Penasaran?

santi lisnawati 108 views

Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang - Warkop DKI

Sadarkah moeslemates bahwa tertawa bisa membuat badan dan pikiran jadi lebih rileks? Tak hanya itu, tertawa juga bisa mencairkan suasana yang hening dan serius jadi lebih santai. Terlebih lagi, ternyata tertawa juga sangat baik untuk kesehatan. Berdasarkan penelitian dari Dr. Lee Berk dan Dr. Stanley Tan at the Loma Linda University in California, berikut 7 manfaat yang bisa didapat dari tertawa.

Memicu keluarnya endorphine

Endorphine is body's natural painkiller. Dengan tertawa, endorphine dalam tubuh akan keluar hingga membuat kondisi tubuh jadi sangat baik bahkan mampu menghilangkan sakit.

Membangkitkan T-cells

Source: madbridge.com

T-cells adalah sel sistem kekebalan tubuh. Saat tertawa, sel ini akan aktif dan mampu melindungi tubuh dari serangan virus, kuman dan bakteri penyebab banyak penyakit seperti flu misalnya.

Sebagai pengganti latihan kardio

Tertawa sebagai latihan kardio akan lebih mudah dilakukan dibandingkan olahraga berat terutama bagi orang yang sedang cedera atau sakit. Tertawa mampu memompa jantung dan membakar kalori setara dengan 1 jam jalan santai. So, let's laugh really hard :)

Membentuk otot perut

Otot-otot pada perut akan ikut bergerak saat tertawa. Dengan begitu, otot perut akan menjadi kencang sama seperti saat berolahraga. Ingin perut ramping? Banyak-banyaklah tertawa :)

Menghilangkan hormon stress

Tertawa akan menghilangkan hormon stress serta mengurangi kecemasan dalam diri. Singkirkan masalahmu sejenak, nikmati candaan dan tawa lepas bersama teman atau rekan kantor would be the best medicine.

Menurunkan tekanan darah tinggi

Source: faithhub.net

Tertawa mampu menurunkan tekanan darah tinggi hingga ke batas normal. Secara tidak langsung, tertawa juga menurunkan risiko terkena stroke dan sakit jantung.

Membuat lebih positive thinking

Source: www.123rf.com

Hasil penelitian membuktikan tertawa akan membuat seseorang lebih positive thinking. Untuk pasien dengan penyakit kronis, justru akan memiliki penampilan lebih baik daripada yang penuh negative thinking akibat kurang tertawa. Let's laugh and live longer!

Jadi mari biasakan tertawa setiap hari mulai sekarang. Mudah, praktis dan banyak manfaatnya pula. Feel like need to laugh right now? Just watch the video below. Enjoy! :)

santi lisnawati
santi lisnawati
writing and traveling enthusiast
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
santi lisnawati
santi lisnawati
writing and traveling enthusiast

no comments

Follow Moeslema on SNS