2378
  2017-01-10       www.nausicaa.net

Movie Review : Spirited Away (2001)

Ingin tau review film terbaik sepanjang masa ini? Yuk simak artikel berikut ini!

Syanin Ss 93 views

Assalamu Alaikum Moeslemates,

Hayo siapa yang pernah dengar dan nonton film ini? Film ini bisa dibilang udah menyebar luas dan mendapat tempat di hati khalayak ramai. Filmnya memang bukan humor yang tipe bisa bikin terbahak-bahak tiap sesi film, tapi tetap ada sisi humornya, bukan tipe film romantis sekelas The Notebook, tapi tetap ada sisi romantisnya meskipun tanpa ungkapan kata-kata puitis lebay. Sisi petualangannya pun dapet. Ngga ngerti sejatuh cinta itu sama film ini, meskipun udah ditonton dari jaman aku kecil sampai segede ini tetep aja ngga pernah bosen.

Tentang Film

Spirited Away merupakan film garapan Hayao Miyazaki yang berhasil meraih berbagai penghargaan di kancah internasional seperti, penghargaan Oscar pada tahun 2002 dalam kategori Film Animasi Terbaik dan menjadi anime pertama yang meraih penghargaan dalam kategori tersebut, Penghargaan Beruang Emas pada Pesta Film Internasional Berlin 2002. Film ini diproduksi oleh Studio Ghibli, dan seperti yang sudah kita ketahui, karya-karya studio Ghibli selalu melekat di hati. Judul asli dari Spirited Away sendiri adalah Sen to Chihiro no Kamikakushi. Selain itu, Spirited Away juga berhasil mendulang sukses dengan total penghasilan yang melebihi Titanic dengan total pendapatan sebesar 30 miliyar yen.

Sinopsis

Cihiro adalah gadis berusia sepuluh tahun yang pindah ke kota lain bersama orang tuanya. Dia tidak begitu senang dengan rencana kepindahan tersebut dan hanya mempertimbangkan bagaimana rencana tersebut memengaruhi dirinya, mengeluh tentang semuanya termasuk sekolah barunya sampai buket bunga yang telah diberikannya kepada teman-temannya sebagai hadiah.

Ketika sedang mencari rute yang lebih dekat ke rumah baru mereka, Ayah Chihiro mengendara ke jalan kecil yang berakhir ke bangunan misterius. Orang tua Chihiro penasaran dan masuk melewatigerbang yang gelap dari bangunan tersebut. Di sisi lain, mereka menemukan apa yang mereka asumsikan sebagai taman bermain yang sudah ditinggalkan, yang nantinya disingkap bahwa tempat itu sebenarnya perbatasan antara dunia arwah dan dunia manusia. Dari situlah petualangan Chihiro dimulai.

Review Film

Tokoh-tokohnya seindah itu, seolah-olah saling membangun karakter masing-masing. Karakter Haku yang keliatan dingin, baik, dan nekat, tapi ternyata punya kontribusi besar membuat jalan ceritanya jadi seru. Karakter Chihiro yang tersasar di dunia para arwah, tapi tetap tegar dan ceria sukses bikin jalan ceritanya meledak-ledak dan menyenangkan. Dan masih banyak lagi tokoh-tokoh lain dengan karakter dan pembawaan yang unik tapi justru bikin ceritanya beda dari yang lain

Untuk endingnya, masih sama, mau bilang happy ending kok, kayanya ngga rela. Bilang sad ending juga kok kayanya ngga sad juga karena akhirnya keluarganya Chihiro berhasil kembali ke dunia manusia

Yang bikin aku bilang endingnya ngga tentu karena di akhir scene, Haku my love, berjanji ke Chihiro mereka bakal bertemu lagi. Tapi genggaman Haku ke Chihiro masih dipertanyakan, Haku beneran janji atau sekedar omong doang mereka bakal ketemu lagi? Karena dari segi dunia aja mereka udah berbeda. Haku di dunia arwah. Chihiro di dunia manusia. Jadi itu yang menurutku bikin sedih. Atau jangan-jangan bukan cuma aku yang mempertanyakan soal janji Haku ini? Yah, akusih dari dulu selalu berharap ada lanjutannya soal janji Haku. Tapi mungkin produsernya takut kalau dibikin lanjutannya ngga akan begitu meledak kaya film yang pertama mungkin? Soalnya mayoritas film series selalu punya beban mental kaya gitu. Atau mungkin sang legendaris Miyazaki memang sengaja bikin orang menyimpulkan endingnya masing-masing. Atau bisa juga the legend of anime ini pengen karakter Haku dan Chihiro tetap terlihat anak-anak di jiwa penonton makanya tidak dibikin lanjutannya saat mereka dewasa. Apapun itu pokoknya film ini keren banget dan seindah itu. Jadi buat yang penasaran bisa liat sekilas trailernya dibawah ini.

Cast

 Chihiro Ogino sebagai Sen (voice)

 Miyu Irino sebagai Haku (voice)

 Mari Natsuki Sebagai Yubaba / Zeniba (voice)

 Takashi Naitô sebagai Akio Ogino (voice)

 Yasuko Sawaguchi sebagai Yûko Ogino (voice)

 Tatsuya Gashûin sebagai Aogaeru (voice)

 Ryûnosuke Kamiki sebagai Bô (voice)

 Yumi Tamai sebagai Rin (voice)

 Yô Ôizumi sebagai Bandai-gaeru (voice)

Spirited Away Official Trailer

Nah, itu tadi Moeslenates review film Spirited Away :D

Syanin Ss
Syanin Ss
Neverland❤
Like our facebook page if you like this article!
Category: REVIEW


Curator Introduction
Syanin Ss
Syanin Ss
Neverland❤

no comments

Follow Moeslema on SNS