2344
  2017-01-05       demetriabeloved.wordpress.com

6 Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk yang Harus Ada di Rumahmu

Musim hujan membuat banyak nyamuk berkeliaran. Cara ampuh usir nyamuk bisa moeslemates dapatkan dari jenis-jenis tumbuhan berikut.

santi lisnawati 108 views

Di musim hujan ini pastinya jadi makin banyak nyamuk mendatangi rumah-rumah. Hal ini tentu sangat mengganggu saat bersantai di rumah. Belum lagi kalau ternyata itu adalah jenis nyamuk aedes aegepty, bisa-bisa malah bikin kena penyakit demam berdarah. Oleh karena itu sebelum yang tidak diharapkan terjadi, kita cegah datangnya nyamuk dengan berbagai tanaman ini yuk.

1. Serai wangi

Daun serai wangi ini selain digunakan untuk memasak juga bisa dimanfaatkan sebagai pengusir nyamuk. Aroma dari tanaman ini mengandung zat sitronela dan geraniol yang ternyata dibenci oleh nyamuk. Serai wangi ini bisa ditanam di pot besar atau halaman rumah.

2. Lavender

Ini dia tanaman yang wanginya disukai banyak orang tapi tidak dengan nyamuk, yup lavender. Aroma lavender ini justru akan membuat nyamuk merasa pusing dan akhirnya pergi tak kembali.

3. Rosemary

Tanaman rosemary ini mengeluarkan aroma mirip dengan minyak telon atau minyak kayu putih yang tidak disukai nyamuk. Coba gosok-gosokkan daun rosemary ke tangan dan kaki untuk menghalau gigitan nyamuk.

4. Lemon thyme

Source: paleospirit.com

Jenis tumbuhan yang memiliki aroma lemon ini biasa digunakan sebagai dressing sajian kue atau es krim. Siapa sangka ternyata aroma lemon segar dari tumbuhan lemon thyme ini juga bisa bikin nyamuk gak betah dan langsung pergi.

5. Basil

Untuk moeslemates yang punya hobi memasak, pasti sudah khatam dengan jenis tanaman herbal ini. Yep, daun basil ini biasa digunakan sebagai tambahan bahan masakan seperti pasta dan olahan ayam. Tapi ternyata, aroma daun basil ini juga ampuh mengusir nyamuk.

6. Mint

Daun mint ini terlihat begitu mirip dengan basil. Hanya saja daun mint memiliki pinggiran yang bergerigi. Selain banyak digunakan untuk membuat minuman dan coklat jadi terasa lebih segar, aroma daun mint juga bisa bikin nyamuk kabur dari dalam rumah.

Tanaman pengusir nyamuk tersebut bisa moeslemates tanam di pot besar atau pot kecil lalu diletakkan di sudut-sudut rumah. Untuk menghindari gigitan nyamuk pada tubuh, tinggal ambil saja beberapa helai daunnya lalu gosokkan pada badan. Dijamin nyamuk-nyamuk gak ada yang berani mendekat :)

santi lisnawati
santi lisnawati
writing and traveling enthusiast
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
santi lisnawati
santi lisnawati
writing and traveling enthusiast

no comments

Follow Moeslema on SNS