2320
  2017-01-08       pbs.twimg.com

Berkunjung ke Kampung Inggris Pare (Part 1)

Di Kediri ada sebuah daerah yang dinamakan Kampung Inggris, lho! Yuk cari tau mengenai seluk beluk Kampung Inggris Pare Kediri ini.

Nabiilah Hassa 118 views

Assalamu'alaikum Moeslemates.....
Selamat Tahun Baru 2017!

Sejarah Kampung Inggris

Muhammad Kalend Osen

Muhammad Kalend Osen yang dikenal sebagai pimpinan dari salah satu lembaga kursus tertua di Kampung Inggris Pare Kediri merupakan inisiator lahirnya kampung Pelajar tersebut.

berguru dari Kiyai Ahmad Yazid. Kalend Osman dipercayakan untuk menjadi tangan kananya mengamalkan ilmu berbahasa. Dimulai dari mengajar satu dua orang murid, sehingga tersebar luas berita bahwa ada seorang ahli bahasa yang tinggal di Pare Kediri, sehingga banyak pemuda/pemudi yang berbondong-bondong mencarinya.

Hingga untuk pertama kalinya di Pare Kediri lahir sebuah lembaga kursus BEC(Basic English Course).

Pada awalnya alumni BEC membuat cabang-cabang lembaga kursus untuk mengembangkan ilmu yang telah mereka dapatkan. Namun Seiring berjalannya waktu lembaga kursus di Pare semakin menjamur. Tidak lagi hanya alumni BEC yang membuka lembaga baru, tetapi warga sekitar bahkan pendatangpun bersaing menawarkan metode terbaik dalam belajar bahasa Asing. Sehingga kini kita semua mengenalnya sebagai Kampung Inggris atau Kampung Bahasa atau Kampung Pelajar.

How to go to Kampung Inggris?

Ada dua cara untuk menjadi Pelajar di Kampung Inggris.

1. visitpare.com

Web visitpare.com ini merupakan website Kampung Inggris Pare yang di kelola untuk mempermudah Moeslemates dalam mengurus administrari. Mulai dari pendaftaran lembaga kursus, camp, penjemputan di terminal ataupun stasiun, travel dan juga paket liburan telah disediakan di web visitpare.com ini.

Fasilitas ini sangat mempermudah Moeslemates bukan ?

2. Manual

Cara manual ini menuntut Moeslemates untuk mandiri. Karena segala sesuatunya harus Moeslemates kerjakan sendiri.
1) Moeslemates bisa langsung datang ke lembaga kursus yang diinginkan dan langsung mendaftar. Lembaga kursus yang akan Moeslemates temui di Kedri jauh lebih banyak dibandingkan pilihan yang tersedia di web visitpare.com.
Karena tidak semua lembaga mengiklankannya di web tersebut.

2. Pilihan Paket Belajar pun lebih banyak. Sehingga Moeslemates akan lebih puas memilih paket sesuai kebutuhan. misalnya, Moeslemates hanya ingin mendalami Grammer saja tanpa speaking atau speaking tanpa Grammer atau Moeslemates membutuhkan paket kumplit dari Nol, semuanya tersedia.

3. Jika terjadi pembatalan, Moeslemates bisa mengambil kembali uang yang sudah dibayarkan. Kalaupun kebijakan tersebut tidak berlaku minimal Moeslemates masih bisa kembali uang separuh atau sebagian. Lumayan kan untuk tambahan biaya kehidupan Moeslemates selama di Pare heheheh.

4. Moeslemates bisa memilih untuk tinggal di asrama tempat lembaga yang Moeslemates ambil atau Moeslemates juga bisa memilih untuk kos.

Metode Belajar Di Kampung Inggris

Hampir seluruh lembaga kursus di Kampung Inggris Pare kadiri ini memiliki metode belajar yang cenderung sama.
Berikut ini gambaran sebagian besar metode yang dipakai di Kampung Inggris Pare Kediri!

1. Penguasaan kosa kata

Biasanya bagi Moeslemates yang tinggal di camp atau asrama, Moeslemates akan dibebankan untuk menghafal kosa kata setiap harinya.

2. Penguasaan tata bahasa

Bagi Moeslemates yang memilih untuk tinggal di camp akan mendapatkan pengajaran yang lebih di waktu malam ba'da Maghrib dan pagi ba'da Subuh. Salah satunya yaitu mendalami kaidah tata bahasa.
Kalau dalam bahasa inggris kita mengenalnya dengan istilah grammar dan dalam bahasa Arab Qowaidul Lughah.

3. Learning by doing

Belajar bahasa memang gampang-gampang susah. Menguasai teori belum tentu menguasai lisan, begitu sebaliknya.
Oleh karena itu, dibutuhkan keseimbangan diantara keduanya.
Setiap camp bisanya mewajibkan para muridnya untuk berbicara atau berkomunikasi menggunakan bahasa Asing yang mereka pelajari.

Dan uniknya kewajiban berbahasa ini tidak diterapkan setiap waktu. Ada camp yang hanya mewajibkan berbahasa dari jam 6 Pagi sampai jam 6 Sore, ada juga yang 24 jam, Tergantung kebijakan dari lembaga kursus tersebut.

Ada hukumannya loh Moeslemates bagi mereka yang melanggar atau menggunakan bahasa Indonesia. Biasanya hukuman yang diberikan adalah dengan membayar denda sebesar 500 rupiah hingg 1000 rupiah per katanya, bukan perkalimat yah Moeslemates!.

4. Pidato

Hampir setiap Camp memiliki metode ini. Guna melatih Moeslemates untuk tampil berbahasa Asing di muka umum.

5. Study Club

Untuk menghindari kejenuhan dalam belajar mengingat padatnya jam belajar, setiap Camp mengadakam study club. Biasanya saat study club Moeslemates akan berpindah tempat belajar, tidak lagi di dalam kelas. Atau juga dengan metode gaming.

Antara Kost dan Asrama

1. Asrama

sedikit banyaknya aku sudah menjelaskan di atas. Sejak memejamkan mata hingga mata terpejam, Moeslemates akan dipadati dengan kegiatan-kegiatan camp. mulai dari disiplin berbahas, piket harian, belajar kelompok hingga solat berjamaah menjadi kewajiban dari penghuni asrama.
pilihan asrama sangat cocok bagi Moeslemates yang ingin memperlancar convertation dan disiplin.

2. Kos

tidak banyak kamar kos yang menetepkan peraturan seperti di asrama. gerak-gerik Moeslemates juga lebih bebas. lebih memiliki banyak waktu kosong dan bisa lebih sedikit bersantai.
tapi inget loh tujuan Moeslemates ke Pare adalah belajar, jadi jangan terlalu nyantai banget yah hihihihi.

Biaya Hidup

Judul di atas memang sangat sensitif dan harus diperhatikan sungguh-sungguh sebelum kita memutuskan untuk bertahan hidup di kampung orang. Tapi jangan hawatir Moeslemates! karena biaya hidup di Pare sangat murah dan mudah.

1. Tempat tinggal

Moeslemates bisa mengirit pengeluaran dengan memilih tempat tinggal yang disediakan oleh lembaga. meskipun tidak semua lembaga menyediakan tapi hampir 95% lembaga-lembaga tersebut menyediakannya. Moeslemates tidak perlu hawatir jika lembag kursus yang Moeselmates pilih tidak menyediakan asrama, karena Moeslemates bisa mengambil asrama di lembaga lain tanpa harus terikat kursus di sana.
Untuk harga sewa asrama jauh lebih murah dibandingkan harga sewa kost. Jadi memilih asrama adalah salah satu cara menghemat pengeluaran.

2. Makan

Makan meruakan hal yang sangat krusial bagi semua orang di manapun mereka berada. Namun besar kecilnya biaya tersebut bisa menjadi suatu masalah.
Ada beberapa asrama atau camp yang merupakan kediaman dari warga setempat dan biasanya pemilik rumah memberikan fasilitas makan dengan rentan biaya 100 ribu/minggu untuk 3 kali makan/harinya. Hal ini pun sangat membantu meminimalisir pengeluarn. Tapi janagn hawatit untuk asrama Moeslemates yang tidak menyediakan fasilitas tersebut karena biaya makan di Pare sangat murah kok. Dengan jumlah uang 20 ribu cukup untuk traktir teman makan loh heheh.

3. Alat Transportasi

Setiap pelajar maupun wisatawan di Pare memiliki kendaraan pribadi berupa sepeda ontel yang di sewa di beberapa tempat penyewaan sepeda. Harga sewa seped berkisar 60-150 ribu rupiah.

PETA KAMPUNG INGGRIS

Nabiilah Hassa
Nabiilah Hassa
Makeup Artist Consultan
Like our facebook page if you like this article!
Category: REVIEW


Curator Introduction
Nabiilah Hassa
Nabiilah Hassa
Makeup Artist Consultan

no comments

Follow Moeslema on SNS