2277
  2016-12-22       www.instagram.com

Makna Tersembunyi Dibalik Viralnya 'Om Telolet Om'

Om telolet om tengah viral di kancah internasional, tapi tunggu dulu ada makna tersembunyi dibalik viralnya om telolet om. Simak di artikel berikut ini.

Syanin Ss 410 views


Assalamu Alaikum Moeslemates,

Sejak beberapa pekan lalu sudah mulai viral istilah 'om telolet om' di kalangan pengguna internet, terutama twitter. Bahkan saking viralnya hingga para DJ kelas dunia pun ikut mengomentari fenomena 'Om telolet om' ini dan menempati taggar nomor 1 di twitter. Bahkan website sekelas billboard pun ikut menayangkan fenomena ini. Cek di situs dibawah ini.

Meski awalnya beberapa DJ tersebut sempat menanyakan 'What is om telolet om' tetapi akhirnya setelah menelusuri video tentang 'om telolet om' para dj itupun ikut terserang virus.

Source: www.instagram.com

Yang lebih lucunya DJ sekelas DJ Snake dan Dillon Franciss ikut men-spam di kolom komentar instagram Presiden Amerika, Donald Trump, 'Om telolet om'.

Alasan Psikologis Mengapa Om Telolet Om Bisa Viral

Coba perhatikan lebih detail video tersebut, terlihat berbagai ekspresi lucu dan lugu anak-anak tersebut. Mereka terlihat bahagia hanya sekedar mendengar klakson dari para sopir bus tersebut. Ekspresi dan reaksi itulah yang kemungkinan membuat banyak orang berempati dengan anak-anak itu. Sehingga akhirnya terjadi fenomena dimana banyak orang ikut-ikutan ingin merasakan kebahagian kecil dari menerima respon sang sopir bus.

Empati memang diciptakan ditiap diri manusia, maka jangan heran karena rasa empati seseorang atau suatu hal bisa menjadi viral dan terkenal dalam sekejap, apalagi di era sekarang seluruh lapisan masyarakat sudah mengenal penggunaan internet. Karena semua manusia memiliki sisi empati yang serupa maka wajar jika suatu informasi yang membuat orang berempati bisa langsung viral. Dan terkadang ada oknum nakal yang sembarangan menggunakan rasa empati untuk alasan yang tidak baik seperti contoh dibawah ini.

Masih dari cerita Kamsul Hasan, beliau pernah di tag poster informasi Sebuah Rumah Sakit yang akan menyelenggarakan pengobatan gratis. Di poster lengkap dengan gambar dan informasi no kontak RS yang bersangkutan. Kamsul menghubungi no kontak RS yang tertera di poster untuk mengecek kebenaran infomasi tersebut. Ternyata poster informasi bukan dikeluarkan oleh RS yang bersangkutan dan RS yang bersangkutan tidak mempunyai program pengobatan gratis. Kebayang nggak repotnya RS menghadapi masyarakat yang datang? Atau yang telepon? Jika RS tersebut mempunyai Tim Humas yang handal, mungkin bisa cepat di atasi. Jika tidak, maka RS akan menghadapi gangguan yang melelahkan bahkan menjengkelkan. Masyarakat yang menaruh harapan pada pengobatan gratispun, turut dirugikan.

Kita tidak pernah terpikir ada motif kurang baik dari penyebaran info pegobatan gratis tadi karena isinya baik. Kalau setiap orang mau melakukan pengecekan, dampak buruk bisa diminimalkan. Contoh dari kasus poster pengobatan RS. Kan ada info no kontak. Jika no kontak tidak bisa kita hubungi, atau ternyata bukan no kontak RS, itu bisa menjadi pertanda info tidak perlu disebarkan. Siapa dan apa motivasi di balik penyebaran poster, kita tidak tahu. Mungkin saja persaingan bisnis. Dengan kita tidak menyebarluaskan info tersebut, kita turut andil meminimalkan dampak negatifnya.

Nah, itu tadi Moeslemates alasan beserta makna tersembunyi dari viralnya fenomena 'om telolet om'. Semoga sehabis membaca artikel ini Moeslemates lebih berhati-hati lagi dalam berempati ya :D

Syanin Ss
Syanin Ss
Neverland❤
Like our facebook page if you like this article!
Category: ENTREPRENEURSHIP


Curator Introduction
Syanin Ss
Syanin Ss
Neverland❤

no comments

Follow Moeslema on SNS