2242
  2016-12-31       www.freshfoodcompany.co.uk

Tips Menjaga Makanan Tetap Segar dan Tahan Lama ( Part 2 )

Sayang sekali jika bahan makanan yang dibeli jadi cepat layu, busuk hingga tidak bisa dikonsumsi karena proses penyimpanan yang kurang diperhatikan. Cari tahu cara menjaga bahan makanan agar lebih segar dan tahan lama di sini.

santi lisnawati 259 views

Bahan makanan yang segar tentunya akan lebih sehat untuk dikonsumsi. Setiap bahan makanan membutuhkan treatment yang berbeda agar membuatnya tetap fresh lebih lama. Yuk, cari tahu tips menjaga bahan makanan yang baik dan benar :)

Jamur

Demi menjaga kesegaran jamur yang moeslemates beli, taruh jamur di dalam paper bag baru masukkan ke dalam kulkas. Bahan kertas pada paper bag akan menjaga jamur tetap bersih dan kering. Jika jamur jadi terlalu kering karena terlalu lama disimpan, moeslemates bisa membasuhnya dengan air agar jamur jadi segar kembali.

Alpukat

Biarkan alpukat matang secara alami dalam suhu ruangan. Jika permukaan buah mulai melunak saat disentuh, baru simpan di dalam kulkas sebelum dimakan.

Selada

Source: www.merdeka.com

Selada yang layu karena terlalu lama disimpan bisa jadi segar kembali lho, moeslemates. Caranya, rendam selada dalam wadah berisi air es selama 5-30 menit. Setelah itu selada akan kembali fresh dan siap dikonsumsi.

Kismis

Source: ideklik.com

Sebenarnya kismis adalah jenis makanan yang bisa bertahan hingga setahun. Namun, jika tidak disimpan dengan benar kismis akan cepat sekali mengering dalam waktu hanya beberapa minggu. Solusinya adalah dengan menyimpan kismis dalam wadah yang tertutup rapat hingga udara tidak akan masuk. Jika kismis terlanjur mengering, rendam dengan air panas selama 1 atau 2 jam untuk menyegarkannya kembali.

Seledri

Biasanya seledri hanya digunakan sedikit demi sedikit untuk bahan tambahan pada masakan. Oleh sebab itu, proses penyimpanan seledri akan lebih lama dari bahan makanan lainnya. Untuk menjaga seledri tetap segar lebih lama, bungkuslah dengan kertas aluminium foil. Jika membungkusnya dengan plastik tertutup, udara akan terperangkap dan membuat seledri mudah layu.

Menyimpan makanan memang tidak bisa sembarangan. Aturan penyimpanan harus tetap diperhatikan jika moeslemates ingin bahan makanan bisa lebih tahan lama dan selalu fresh untuk dikonsumsi :)

santi lisnawati
santi lisnawati
writing and traveling enthusiast
Like our facebook page if you like this article!
Category: RECIPE&CULINARY


Curator Introduction
santi lisnawati
santi lisnawati
writing and traveling enthusiast

no comments

Follow Moeslema on SNS