2238
  2017-01-05       abduzeedo.com

Tips Menjaga Makanan Tetap Segar dan Tahan Lama ( Part 1 )

Jangan biarkan makanan yang kamu simpan dengan cara kurang tepat jadi sia-sia dan tidak bisa dikonsumsi.

santi lisnawati 70 views

Mungkin moeslemates pernah mendapati sayuran atau buah-buahan tidak selalu fresh dan cepat layu. Bisa jadi itu karena proses penyimpanannya yang kurang benar. Berikut tips menyimpan berbagai makanan segar agar lebih tahan lama.

Pisang

Saat membeli pisang pasti bentuknya dalam 1 sisir atau tandan. Agar pisang tidak terlalu cepat matang, jangan pisahkan pisang dari sisiran atau tandan tersebut. Cukup cabut 1 pisang saat ingin langsung memakannya. Langkah ini bisa membuat pisang bertahan 3-5 hari hingga benar-benar matang dan berubah warna kecoklatan.

Apel

Sebelum menyimpan apel ke dalam kulkas, bungkus dulu dengan plastik dan pastikan tidak digabung dengan buah lainnya. Selain itu hindari menyimpan apel di kulkas dalam keadaan terpotong, karena apel akan cepat berubah warna jadi kecoklatan.

Sayuran

Agar sayuran tidak mudah layu dan tetap segar, bungkus dengan paper towel atau bisa juga gunakan kertas tisu tebal sebelum memasukkan sayuran ke plastik atau kotak. Fungsi paper towel atau tisu kertas ini adalah menyerap embun air agar tidak membasahi sayur yang lama disimpan di kulkas.

Berries

Berries seperti strawberry dan blueberry adalah jenis buah yang cepat berjamur. Oleh sebab itu, sebelum menyimpannya di kulkas sebaiknya cuci dulu buah dengan campuran 1 gelas cuka dan 2 gelas air bersih untuk mematikan bakteri pada buah. Tiriskan buah lalu simpan dalam wadah dan masukkan ke kulkas.

Tomat

Source: feelgrafix.com

Menyimpan tomat dalam kulkas ternyata bukan ide yang baik karena akan cepat membuatnya layu dan membusuk. Sebaiknya biarkan tomat di suhu ruangan agar bisa matang lebih sempurna dengan sendirinya.

Mengonsumsi makanan segar pastinya akan lebih bermanfaat bagi tubuh. So, remember to keep your food always fresh :)

santi lisnawati
santi lisnawati
writing and traveling enthusiast
Like our facebook page if you like this article!
Category: RECIPE&CULINARY


Curator Introduction
santi lisnawati
santi lisnawati
writing and traveling enthusiast

no comments

Follow Moeslema on SNS