2235
  2016-12-28       tourtipster.com

Plus dan Minus Liburan dengan dan tanpa Group Tour

Apa kamu sedang merencanakan liburan? Wajib baca artikel ini.

Audina Sheila 46 views

Saat merencanakan liburan, pasti ada satu pertanyaan yang muncul di pikiran banyak orang. “Lebih baik liburan dengan group tour, atau liburan sendiri ya?”. Sebenarnya, tidak ada jawaban yang absolut untuk pertanyaan ini. Itu semua tergantung dengan preferensi dan kebutuhan orang masing-masing. Kedua pilihan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda, dan rasanya tidak adil langsung menilai satu pilihan lebih baik dari yang satunya.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui apa yang akan kita dapatkan dan tidak dapatkan dari berlibur dengan group tour, dan sebaliknya. Dengan mengetahui hal itu, kita akan dapat membuat keputusan yang sesuai dengan kebutuhan berlibur kita. Dari pengalaman saya berlibur dengan group tour dan juga tanpa group tour, berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari kedua pilihan tersebut:

1. Persiapan keberangkatan jauh lebih mudah dengan Group Tour

Kita tidak perlu repot-repot searching hotel murah, booking ini-itu, bahkan kita juga tidak perlu susah-susah mengurus visa. Semua hal tersebut akan diurus oleh travel agent sehingga kita tinggal “terima jadi”. Sebaliknya, saat kita berlibur sendiri, kita tentu akan kerepotan mengurus banyak sekali hal.

2. No language barrier saat berlibur dengan Group Tour

Saat kita berlibur dengan group tour, tentu akan disediakan setidaknya satu guide lokal. Guide ini akan membantu kita berkomunikasi dengan masyarakat lokal dan menceritakan tentang hal-hal penting dari destinasi wisata tersebut. Saat kita berlibur tanpa guide, kita harus bersiap-siap kesulitan berkomunikasi dengan warga lokal.

3. Liburan yang santai dan fleksibel tanpa Group Tour

Kita harus bersiap-siap dibangunkan pagi buta saat berlibur dengan group tour. Selain itu, kita juga hanya akan diberi waktu yang sangaaat terbatas di tempat-tempat wisata. Kita juga tidak bisa extend waktu di tempat yang kita sukai karena kita sudah terikat dengan jadwal yang sudah dibuat.

4. Banyak package deals yang didapat dari Group Tour

Travel agent memiliki banyak partnership dengan berbagai tempat wisata. Hal ini membuat mereka dapat menyediakan banyak kegiatan untuk kita dengan harga yang terjangkau. Harga terjangkau ini tidak bisa kita dapatkan sebagai individual.

5. Kesempatan untuk hidup seperti warga lokal saat berlibur tanpa Group Tour

Kebanyakan group tour hanya akan membawa turis ke tempat-tempat mainstream. Saat kita berlibur tanpa group tour, kita benar-benar bebas menentukan tempat-tempat yang ingin kita kunjungi, dan kita bisa mendatangi tempat-tempat yang tidak mainstream and live like the locals!

6. Mengalami the art of getting lost tanpa group tour

Saat berlibur tanpa group tour, kemungkinan kita akan tersesat akan sangat besar. Namun terkadang hal ini dapat mengantar kita ke tempat-tempat menarik yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya.


Nah, itu dia beberapa hal yang bisa kalian dapatkan dari berlibur dengan dan tanpa group tour. Liburan dengan group tour tidak 100% lebih baik dari tanpa group tour, dan juga sebelumnya. Oleh karena itu, sesuaikan dengan preferensi dan kebutuhan kalian saja, ya Moeslemates.

Happy holiday!

Audina Sheila Audina Sheila
A 20 years old student with a passion for writing and bea...
Like our facebook page if you like this article!
Category: TRAVEL


Related Tags
Curator Introduction
Audina Sheila
Audina Sheila
A 20 years old student with a passion for writing and beauty.

no comments

Follow Moeslema on SNS