2230
  2017-02-23       www.google.co.id

Pengalaman Pelepasan Pen Pada Kasus Patah Tulang (Part 4)

Pengalaman saya pasca pelepasan pen yang wajib kamu baca.

Lidya O. 368 views

Halo Moeslemates. Artikel kali merupakan bagian terakhir dari kisah panjang tentang kasus patah tulang yang saya alami. Alhamdulillah, setelah akhirnya bersabar untuk berjalan tanpa menapak hingga mengalami kesulitan saat berada di dalam TransJakarta, sekarang saya sudah bisa bernapas lega karena pen di kelingking saya sudah berhasil dilepas.

Source: Photo © Lidya Oktariani

Pada hari Kamis (02/02/17), saya kembali datang ke rumah sakit tempat saya berobat selama pasca pemulihan operasi pen. Awalnya saya takut banget karena ternyata dokter menyarankan untuk tidak dibius sama sekali. Lho?! Nanti kalau nyeri bagaimana? Ternyata, pennya berbentuk seperti jarum pentul yang sangat tipis dan panjang. Jadi, begitu dilepas, hanya perlu ditarik beberapa detik dan sakit sedikit saja. Setelah itu, bekas pen tersebut dibubuhi betadine supaya langsung kering dan menutup sempurna.

Source: Photo © Lidya Oktariani

Nah, beginilah perbedaan jari kelingking normal di sebelah kiri dengan yang habis dilepas pen di sebelah kanan. Mohon maaf jika fotonya tidak berkenan. Saya mengunggahnya hanya semata-mata ingin membagi kepada kalian informasi dan pengalaman yang mungkin nantinya akan bermanfaat. Kalau dilihat-lihat sih, ukuran jari kelingking saya 2x lebih besar dari biasanya. Di bagian telapaknya juga ikut membengkak. Walaupun tidak sakit ataupun nyeri, pengaruh bengkaknya membuat saya masih agak susah untuk jalan seperti biasa.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan pasca pelepasan pen adalah seperti di bawah ini:

Do's:

1. Boleh lepas perban dan diganti dengan hansaplast jika ingin ke luar rumah.
2. Boleh kena air.
3. Boleh jalan menapak seperti semula.

Don'ts:

1. Jangan terlalu ditekan.
2. Jangan kesenggol dulu.
3. Jangan tertabrak benda berat.
4. Usahakan untuk tidak kepentok apa pun.

Lesson Learned

Banyak hal tak terduga yang mungkin awalnya saya anggap sebagai sesuatu yang tidak menyenangkan sebenarnya adalah pelajaran penting untuk membuat diri saya jauh lebih baik. Tahukah kamu, di saat kita sedang sakit, pasti yang kita pikirkan adalah bagaimana rasa sakitnya, bagaimana supaya cepat sembuh dan keinginan-keinginan kecil dan rasa iri kepada orang lain yang sehat. Tapi dibalik itu semua, ada hal-hal yang bermanfaat untuk kita renungkan.

1. Lewat sakit, kita bisa menyadari betapa sakit dan sembuh datangnya dari Allah.
2. Lewat sakit, kita bisa memaknai arti sehat, keadaan yang sehat harusnya disyukuri karena tidak ada orang yang ingin berlama-lama sakit.
3. Lewat sakit, kita bisa banyak mengingat kesalahan, dosa ataupun kekurangan kita kepada Allah. Entah selama ini ibadah kita masih bolong-bolongkah atau yang lainnya.
4. Lewat sakit, seakan-akan Allah menegur kita untuk lebih hati-hati terhadap tubuh yang dititipkan ini.
5. Lewat sakit, seakan-akan Allah ingin menyampaikan rasa cintanya kepada kita bahwa: kau akan menjadi manusia yang jauh lebih baik setelah sembuh dari sakitmu.
6. Lewat sakit, kita bisa menghargai keadaan sehat, waktu sehat dan tentunya bisa memaknai arti bersyukur yang sesungguhnya.

Begitulah kira-kira cerita dan pengalaman saya selama pemasangan pen hingga pelepasannya. Mudah-mudahan informasi yang saya bagikan ke kalian bisa bermanfaat dan membuat kita belajar untuk jauh lebih hati-hati lagi dalam menjaga tubuh kita ini ya. Sampai ketemu di artikel-artikel berikutnya!

Lidya O. Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

2 comments

Intan Zahra
Intan Zahra 2017-07-16 09:11:25

Hai mba, sama ni saya juga mau lepas pen. Kata dokter bisa lepas tanpa operasi, tapi takut banget 😭sakit nya kerasa banget ga si mba? Sesudah lepas pen masi kerasa sakitnya?

nunu
nunu 2017-03-11 09:30:54

assalamualaikum.. wahh cobaan kita sama bngt, cuma bedanya saya di kaki kiri.. seminggu lagi kaya'y mau di lepas pen nya, saya takut bngt, minggu kmren pas di lepas jaitannya sakit bngt, gimana ini klo pen nya d tarik.. jd takutt.. 😂😂

Follow Moeslema on SNS