2224
  2016-12-22       www.zetizen.com

Yuk Kenali Uang Rupiah Baru

Haaalo moeslemates, sudah tahu belum kalau ada uang rupiah terbaru yang diluncurkan Bank Indonesia? Lihat artikel dibawah ini yuk agar kamu tidak tertipu ataupun ragu dengan uang baru yang beredar

Arverinda Lintang Respati 145 views

Hai moeslemates, kamu sudah tau belum kalo Bank Indonesia mengeluarkan uang rupiah baru? Bank Indonesia hari ini (19/12/16) resmi meluncurkan uang rupiah emisi 2016. Uang baru tersebut antara lain uang kertas pecahan Rp 100.000, Rp 50.000, Rp 20.000, Rp 10.000, Rp 5.000, Rp 2.000 dan Rp 1.000. Sementara untuk uang logam yaitu pecahan Rp 1.000, Rp 500, Rp 200 dan Rp 100.

Uang Kertas Baru Nominal Rp 100.000

Source: Dok. Bank Indonesia

Ini adalah uang baru pecahan Rp 100.000 yang mana tokoh utamanya tidak ada perubahan yaitu Sang Proklamator yaitu Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta. Untuk bagian belakangnya terdapat perubahan yaitu sebelumnya adalah gedung MPR/DPR RI, saat ini bagian belakangnya adalah pemandangan Raja Ampat, seorang Penari Topeng Betawi dan juga Bunga Anggrek Bulan.

Uang Kertas Baru Nominal Rp 50.000

Source: Dok. Bank Indonesia

Apabila pada cetakan sebelumnya foto pahlawan yang digunakan adalah I Gusti Ngurah Rai, untuk pecahan 50.000 rupiah ini tokoh pahlawan yang dipampang adalah Ir. H. Djuanda Kartawidjaja. Beliau merupakan salah satu pejabat negara yang pernah menduduki posisi menteri di beberapa kabinet pemerintahan, selain itu beliau merupakan Perdana Menteri Indonesia. Nama beliau juga diabadikan menjadi nama bandara di Surabaya dan juga nama Taman Hutan Raya di Bandung.

Uang Kertas Baru Nominal Rp 20.000

Source: Dok. Bank Indonesia

Jika sebelum Bapak Otto Iskandar Dinata yang menghiasi uang kertas pecahan Rp 20.000, kali ini Dr. Gerungan Saul Samuel Jacob Ratulangi atau yang lebih dikenal dengan Sam Ratulangi adalah figur yang ada pada uang kertas terbaru yang dikeluarkan Bank Indonesia. Beliau merupakan Gubernur Sulawesi yang pertama. Pada bagian belakang uang pecahan Rp 20.000 ini terdapat gambar Penari Gong, pemandangan alam Derawan dan bunga Anggrek Hitam.

Uang Kertas Baru Nominal Rp 10.000

Source: Dok. Bank Indonesia

Pada uang kertas pecahan Rp 10.000 ini sosok pahlawan yang ditampilkan yaitu berasal dari wilayah timur. Beliau adalah Frans Kaisiepo, beliaulah yang mengusulkan nama Irian, kata dalam bahasa Biak yang berarti beruap. Sementara untuk bagian belakangnya terdapat gambar seorang penari Tari Pakarena, pemandangan alam Wakatobi dan Bunga Cempaka Hutan Kasar.

Uang Kertas Baru Nominal Rp 5.000

Source: Dok. Bank Indonesia

Pada uang kertas pecahan 5.000 rupiah ini Dr. KH. Idham Chalid lah yang menjadi tokoh pada uang baru ini. Beliau adalah salah satu politisi Indonesia yang berpengaruh pada masanya. Ia pernah menjabat sebagai Wakil Perdana Menteri Indonesia pada Kabinet Ali Sastroamidjojo II dan Kabinet Djuanda. Ia juga pernah menjabat sebagai Ketua MPR dan Ketua DPR.
Untuk Bagian Belakangnya adalah gambar Penari Gambyong, pemandangan alam Gunung Bromo dan Bunga Sedap Malam.

Uang Kertas Baru Nominal Rp 2.000

Source: Dok. Bank Indonesia

Pada uang kertas pecahan Rp 2.000 tokoh pahlawan yang dibadikan adalah Mohammad Husni Thamrin. Beliau lahir di Weltevreden, Batavia, 16 Februari 1894 – meninggal di Senen, Batavia, 11 Januari 1941 pada umur 46 tahun) adalah seorang politisi era Hindia Belanda yang kemudian dianugerahi gelar pahlawan nasional Indonesia.
Pada bagian belakang uang kertas ini menggambarkan Penari Piring, Pemandangan Ngarai Sianok dan Bunga Jeumpa yang terkenal dari Aceh.

Uang Kertas Baru Nominal Rp 1.000

Source: Dok. Bank Indonesia

Uang kertas pecahan 1000 rupiah ini menampilkan sosok pahlawan wanita yaitu Tjut Meutia, seorang pahlawan dari negeri serambi Mekkah. Beliau merupakan salah satu pahlawan wanita yang berjuang mengusir kaum kolonial dari bumi Indonesia.
Pada bagian belakang uang kertas ini terdapat gambar seorang Penari Tifa, Pemandangan Alam Banda Naira dan Bunga Anggrek Larat.

Tidak hanya uang kertas, uang logam pun turut mempunyai desain yang baru, dimana materialnya terbuat dari alumunium dan nickel platted steel.

Uang Logam Baru Nominal Rp 1000

Source: Dok. Bank Indonesia

Jika sebelum pada uang logam pecahan Rp 1000 hanya gambar Burung Garuda dan tulisan nominal uangnya saja, saat ini ada gambar tokoh pahlawan. Pada pecahan 1000 rupiah ini tokoh pahlawannya adalah I Gusti Ketut Pudja, seorang pahlawan dari tanah Bali yang pada zamannya menjadi salah satu anggota PPKI. Disamping gambar pahlawan tersebut terdapat gambar Burung Garuda.

Uang Logam Baru Nominal Rp 500

Source: Dok. Bank Indonesia

Sama seperti pecahan 1000 rupiah dimana bagian depannya terdapat tokoh pahlawan dan lambang Burung Garuda. Untuk pecahan uang logam 500 rupiah ini tokoh pahlawan yang terukir adalah Letnan Jenderal TNI (Purn) Tahi Bonar Simatupang atau yang lebih dikenal dengan nama T.B. Simatupang.

Uang Logam Baru Nominal Rp 200

Source: Dok. Bank Indonesia

Pada pecahan uang logam 200 rupiah ini tokoh pahlawan yang terukir adalah dr. Tjipto Mangoenkoesoemo. Beliau adalah seorang tokoh pergerakan kemerdekaan Indonesia. Bersama dengan Ernest Douwes Dekker dan Ki Hajar Dewantara ia dikenal sebagai "Tiga Serangkai" yang banyak menyebarluaskan ide pemerintahan sendiri dan kritis terhadap pemerintahan penjajahan Hindia Belanda.

Uang Logam Baru Nominal Rp 100

Source: Dok. Bank Indonesia

Tokoh yang terukir pada uang logam pecahan 100 rupiah ini berasal dari civitas akademik, beliau adalah Prof. Dr. Ir. Herman Johannes. Beliau merupakan cendekiawan, politikus, ilmuwan Indonesia, guru besar Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Pahlawan Nasional Indonesia. Ia pernah menjabat Rektor UGM (1961-1966), Koordinator Perguruan Tinggi (Koperti) tahun 1966-1979, anggota Dewan Pertimbangan Agung (DPA) RI (1968-1978), dan Menteri Pekerjaan Umum (1950-1951).

Nah bagaimana moeslemates? sudah sedikit paham kan mengenai uang baru yang saat ini sudah beredar, dan banyak sekali informasi yang dapat kita ketahui dari gambar-gambar yang terdapat pada uang kertas maupun uang logam tersebut. Semoga bermanfaat yaaa

-lintang-

Like our facebook page if you like this article!
Category: NEWS&EVENT


Related Tags
Curator Introduction

no comments

Follow Moeslema on SNS