2220
  2016-12-28       upload.wikimedia.org

Review Little Miss Sunshine (2006)

Kisah sebuah keluarga tidak pernah selalu sama dan tentunya juga tidak selalu indah. Film ini menggambarkan sisi lain dari sebuah keluarga kecil yang berjuang demi sesuatu dimasa depannya.

Deane Lene 64 views

Tentang Film

Little miss sunshine adalah film drama komedi asal amerika yang resmi rilis pada tahun 2006. Film yang disutradarai oleh tim suami-istri Jonathan Dayton dan Valerie Faris. Kemudian skenarionya ditulis oleh Michael Arndt sebagai debut pertamanya sebagai penulis sekenario. Film ini berhasil memenangkan banyak penghargaan. Film yang mengangkat tema kehidupan sebuah keluarga ini dikemas secara apik sehingga film ini menarik untuk terus diikuti hingga film ini berakhir. Jadi buat kalian yang ingin menonton film ini, simak dulu review filmnya dibawah ini ya.

Sinopsis

Sebuah kisah sebuah keluarga. Terdapat seorang wanita bernama Sheryl Hoover, yang berperan sebagai seorang istri sekaligus ibu dari dua orang anak yang tinggal di Albuquerque, Nex Mexico. Sheryl harus menghadapi fakta bahwa keluarganya tidaklah sehangat dan seindah yang ia harapkan. Sang suami, Richard adalah seorang motivator yang begitu membenci para loser dan begitu berambisi hidup sebagai seorang pemenang dan selalu mencekoki keluarganya dengan metode-metode untuk hidup dalam keberhasilan. Sang putera, Dwayne adalah remaja anti-sosial hidup dalam ketidak bahagiaan dan sedang berpuasa bicara sampai ia bisa memenuhi impiannya menjadi pilot di US Air Force Academy. Puterinya yang baru berusia tujuh tahun, Olive begitu berambisi menjadi seorang puteri kecantikan dan terus berlatih untuk kompetisi tersebut bersama sang kakek, Edwin yang ternyata adalah seorang pecandu heroin.

Seolah masih belum cukup dengan keadaan dirumahnya yang begitu unik, Sheryl harus membawa pulang saudaranya, Frank, seorang gay yang baru saja melakukan usaha bunuh diri. Tentu saja keluarga ini tidak pernah akur dan sering bertengkar, sampai suatu saat mereka harus melakukan perjalanan bersama-sama menuju California dengan menaiki microbus untuk mengantarkan Olive mengikuti ajang kecantikan Little Miss Sunshine.

Review Film

ini adalah sebuah film yang benar-benar menampilkan realita kehidupan sebagian besar sebuah keluarga. Dimana dalam sebuah keluarga tentunya akan ada banyak seklai permasalahan yang datang silih berganti atau pun datang secara bersamaan. Film ini memberikan gambaran kepada para penonton bahwa sebuah keluarga tidak selamanya berjalan secara harmonis dan menyatukan kepribadian orang-orang didalamnya tidaklah mudah. Beban berat bagi orang tua dengan dua anak dan seorang kakek (ayah dari suami) membuat pasangan tersebut sering kali bertengkar.

Film ini juga menjelaskan bagaimana pemikiran dan keresahan seorang perempuan yang menjadi seorang istri juga sekaligus seorang ibu dan tentunya juga merangkap sebagai seorang wanita karir. Banyak peran yang ia ambil agar keluarga tersebut tetap dapat bertahan. Ia merelakan ego pribadinya demi mempertahankan keluarga tersebut dan tak jarang pula ia merelakan ego pribadinya demi menimbulkan ketenangan dalam keluarga tersebut walaupun tidak dapat dipungkiri bahwa suasana dalam keluarga tersebut tidaklah harmonis. Memiliki seorang suami yang begitu ambisius untuk menjadi seorang motivator juga terkadang membuatnya geram sebab ia harus beradaptasi pada keadaan dimana sumainya membenci orang-orang loser dan orang-orang yang dimaksud adalah keluarganya sendiri.

Jika dilihat dari penggambaran ceritanya, film ini mencoba untuk menceritakan bagaimana permasalahan akan datang silih berganti dan terkadang masalah baru akan datang tanpa menunggu masalah sebelumnya terselesaikan. Selain itu, para penonton juga akan merasakan emosi yang sama dengan apa yang ada dalam film tersebut sebab para pemainnya melakukannya dengan sangat baik.

Perlu kalian sadari bahwa, keluarga yang tidak harmonis akan membentuk karakter anak cenderung mengarah kepada hal yang negatif. Mengapa? Karena ketika kodisi keluarga yang tidak harmonis dan perlakuan orang tua kepada anak juga tidak mengarah pada hal yang positif juga, akan akan memiliki dua kemungkinan yaitu kemungkinan yang pertama anak akan menanggap apa yang dilihatnya selama ini adalah bukan suatu hal yang salah atau menyimpang sehingga anak akan berpeluang melakukan hal yang sama dimasa yang akan datang atau kemungkinan yang kedua adalah anak akan memberontak dan mencari jalan kehidupannya yang lebih baik namun tidak melibatkan orang tua didalamnya. Ini adalah dua hal yang sama-sama bernilai rugi bagi orang tua.

Disisi lain film ini juga memberikan sindiran bagi semua orang tua yang menginginkan anaknya mengikuti kontes kecantikan. Anak akan mencoba memberikan yang terbaik namun tidak berperan menjadi dirinya sendiri. Anak akan cenderung menampilkan apa yang diharapkan oleh orang disekitarnya. Hal ini tentunya akan berdampak pada karakter anak yang sedikit demi sedikit akan menghilang. Kehilangan karakter pada anak tentunya berdampak pada masa depannya yang kemungkinan besar anak akan menjadi seseorang yang tidak pernah merasa puas akan diri dan pencapainannya.

Film ini juga memberikan gambaran bahwa sebuah keluarga yang tidak harmonis, sedikit demi sedikit akan mulai menyatu disaat keluarga tersebut berada dalam sebuah kondisi yang tidak menyenangkan dan tentunya menekan mereka untuk bisa tetap bertahan. Seperti dalam film ini, pada akhir cerita, keluarga tersebut menyatu demi memberikan dukungan bagi sang anak agar tidak kehilangan kepercayaan dirinya diatas panggung.

Kehdiupan yang dilandaskan dengan ambisi-ambisi terlebih pada ambisi yang tidak realistis juga merupakan pondasi yang sangat buruk dan akan berdampak hingga jangka panjang dalam sebuah keluarga.

Rating

Film ini mendapat nilai yang cukup tinggi nih. 7,8/10. Film yang cukup menarik dan aku merekomendasikannya untuk kalian tonton. Jadi, masukan film ini dalam list wajib tonton kalian ya.

Cast

- Greg Kinnear sebagai Richard Hoover
- Abigail Breslin sebagai Olive Hoover
- Toni Collette sebagai Sheryl Hoover (née Ginsberg)
- Steve Carell sebagai Frank Ginsberg
- Alan Arkin sebagai Edwin Hoover
- Paul Dano sebagai Dwayne Hoover
- Bryan Cranston sebagai Stan Grossman
- Dean Norris sebagai State Trooper McCleary
- Wallace Langham sebagai Kirby
- Beth Grant sebagai Pageant Official Jenkins
- Mary Lynn Rajskub sebagai Pageant Assistant Pam
- Matt Winston sebagai Pageant MC

Little Miss Sunshine - Official Trailer

Nah itu tadi review film dari little miss sunshine. Secara keseluruhan aku sangat merekomendasikan film ini untuk kalian tonton. Selamat menonton...

Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: REVIEW


Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS