2196
  2017-02-10    

Posisi Shaf Shalat yang Benar Saat Imam dan Makmumnya Perempuan

Moeslema tentu sering shalat berjamaah, dan mungkin pernah shalat berjamaah yang imam dan makmumnya sama-sama perempuan. Seperti apa sih posisi shaf yang tepat? Yuk simak penjelasannya!

Fi'it Rachmawati 280 views

Posisi Imam di Depan Membelakangi Makmum

Menurut ulama, Aceng Zakaria posisi shaf makmum yang benar saat imamnya perempuan adalah di depan membelakangi makmum. Namun, posisi ini jika makmum perempuannya lebih dari satu.

“Apabila muslimah hendak mengerjakan sholat berjamaah tetapi tidak ada imam laki-laki. Maka, pada umumnya sama seperti membentuk shaf dengan benar yaitu lurus dengan posisi imam berada di tengah membelakangi makmum jika makmumnya lebih dari dua,” tuturnya, Bandung, belum lama ini.

Berdiri di Samping Makmum

Sedangkan jika jumlah makmumnya hanya satu orang. Maka posisi shaf shalat yang benar saat imamnya sama-sama perempuan adalah sejajar antara imam dan makmum perempuan.

Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam salah-satu hadist yang diriwayatkan Aisyah Binti Abu Bakar RA dan Ummu Salamah RA yaitu “ Dari Ibnu Abbas radhiyallahuanhu bahwa seorang wanita mengimami jamaah shalat dari kaum wanita, dan ia (imam) berdiri di tengah-tengah mereka (yang ada di barisan paling depan).”

Lalu, sebagaimana dijelaskan dalam salah satu hadist yang berbunyi “Ummu Salamah pernah mengimami kami (para wanita) ketika sholat Ashar dan beliau berdiri di tengah-tengah kami”.

Selanjutnya dijelaskan juga dalam Hadist Riwayat Muslim yaitu “Sebaik-baik barisan shalat laki-laki adalah paling depan, seburuk-buruknya adalah paling belakang. Sebaik-baik barisan shalat wanita adalah peling belakang, seburuk-buruknya adalah paling depan.”

Fi'it Rachmawati Fi'it Rachmawati
Word Worker
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Fi'it Rachmawati
Fi'it Rachmawati
Word Worker

no comments

Follow Moeslema on SNS