2181
  2016-12-30       www.muslimah.co.id

Sudah Kadaluarsakah Kosmetikmu?

Yuk cek masa kadaluarsa kosmetikmu, Moeslemates!

Fany Darrienda 101 views

Assalamu'alaikum, Moeslemates!
Punya koleksi lipstik dengan berbagai warna?
Atau 'peralatan' kosmetik lengkap, tapi baru dipakai kalau mau ke resepsi teman saja?
Sama dong! Hehe.
Saking jarangnya dipakai, berbulan-bulan kemudian baru ingat punya lipstik yang warnanya lagi hits sekarang. Apalagi eyeshadow warna terang atau concealer yang jarang disentuh? Masih aman tidak ya digunakan?
Cek yuk masa kadaluarsa kosmetik kita!

Lipstik

Source: www.mathatilaarshop.com

Kosmetik ini termasuk yang paling sering digunakan baik yang jarang bermake-up dalam kesehariaannya sekalipun.
Lipstik bisa bertahan 2-3 tahun, tapi kalau sudah menggumpal sebaiknya tidak digunakan lagi ya, Moeslemates.

Lip gloss

Source: www.urbandecay.com

Kalau menggunakan applicator, maksimal simpan lip gloss selama 2 tahun. Lip gloss tanpa applicator sebaiknya tidak digunakan lagi kalau sudah lebih dari 6 bulan karena sering tersentuh jari dan bibir secara langsung.

Lip Liner

Source: www.nyxcosmetics.com

Lip liner pencil bisa bertahan sampai 2 tahun. Rajin meraut lip liner pencil ya, Moeslemates, agar bakteri tidak berkumpul di ujung lip liner.

Eyeshadow

Source: www.stronglola.com

Karena kering dan tidak mengandung air, eyeshadow dapat bertahan hingga 3 tahun.
Yang perlu diperhatikan adalah kebersihan brush atau kuas. Sebisa mungkin, bersihkan atau cuci kuas sebelum dipakai, apalagi kalau jarang digunakan.

Concealer

Source: www.maybelline.com

Karena digunakan hanya untuk menutupi bagian-bagian tertentu saja, concealer biasanya lebih awet daripada foundation. Tapi kalau sudah lebih dari 1 tahun, sebaiknya beli yang baru ya, Moeslemates.

Foundation

Source: www.elfcosmetics.com

Foundation yang berbahan dasar air (water-based foundation) dapat bertahan 12-16 bulan sedangkan foundation berbahan dasar minyak (oil-based foundation) memiliki daya tahan lebih lama yaitu 18-24 bulan.
Kalau water-based foundation kalian mengering, jangan tambahkan air untuk mengencerkannya ya, Moeslemates. Cairkan dengan alcohol-free toner.
Perhatikan juga oil-based foundation yang lapisan minyaknya tampak terpisah dari cairan foundation. Sebaiknya tidak digunakan lagi.

Maskara

Source: www.narscosmetics.com

Maskara adalah kosmetik yang paling rentan karena sering terkena udara sehingga bakteri mudah berkumpul dan berkembangbiak. Oleh sebab itu, masa kadaluarsanya pun singkat.
Kalau rutin digunakan, sebaiknya habiskan sebelum 3 bulan dan kalau jarang memakai maskara sebaiknya ganti setelah 6 bulan.

Eyeliner

Source: www.milliondollarbeauty.blogspot.com

Eyeliner pensil, cair, dan gel memiliki masa kadaluarsa yang berbeda.
Sama seperti maskara, eyeliner cair dan gel juga sering terpapar udara sehingga bakteri mudah berkembangbiak. Jadi ganti eyeliner cair dan gel Moeslemates setelah 3 bulan ya.
Eyeliner pensil lebih awet, bisa bertahan hingga 2 tahun. Tapi bukan berarti tidak rentan bakteri. Sebaiknya pilih eyeliner pensil yang memiliki tutup agar tidak terus-terusan terkena udara. Tapi kalau sudah terlanjur memiliki eyeliner pensil yang tidak memiliki tutup, solusinya adala dengan rajin meraut eyeliner pensil setiap hendak dipakai atau secara berkala.

Pensil Alis

Source: www.nyxcosmetics.com

Pensil alis termasuk kosmetik yang awet, bisa bertahan hingga 2 tahun. Namun penyimpanannya juga harus diperhatikan ya, Moeslemates.
Cara penyimpanannya kurang lebih sama seperti eyeliner pensil.

Bedak

Source: www.brilio.net

Bedak tabur dan bedak padat memiliki masa kadaluarsa yang berbeda.
Bedak tabur, karena tidak mengandung air, masih aman digunakan sampai 2 tahun sejak pertama pemakaian sedangkan 'usia' bedak padat lebih singkat yakni hanya 6 bulan karena mengandung air.

Kuteks

Source: www.kiarasky.com

Biasanya nih, para muslimah mengenakan kuteks hanya pada saat sedang haid karena tidak khawatir kuteksnya akan menghalangi wudhu. Hal ini menyebabkan kuteks jadi awet. Kalau belum melewati 1 tahun sejak kuteks pertama kali digunakan, masih aman dipakai kok, Moeslemates.
Tapi kalau tekstur kuteks sudah mengental dan lengket, sebaiknya jangan digunakan lagi.
Agar awet, sebaiknya tidak menyimpan kuteks di kamar mandi ya, Moeslemates.

Parfum

Source: www.chanel.com

Beli parfum mahal, biasanya sayang dipakai terus-terusan. Biar nggak cepat habis hehehe. Tapi ingat ya Moeslemates, parfum juga memiiki masa kadaluarsa yaitu 2 tahun.
Parfum yang sudah kadaluarsa memang tidak menimbulkan efek yang berbahaya seperti iritasi dan sebagainya, hanya saja wanginya sudah tidak kuat seperti saat baru dibeli.
Agar parfum tahan lama, hindari terkena sinar matahari langsung dan tidak menyimpannya di tempat lembab ya, Moeslemates.

Fany Darrienda
Fany Darrienda
Postgraduate Student | Half-time house-wife | Fulltime mo...
Like our facebook page if you like this article!
Category: FASHION&BEAUTY


Curator Introduction
Fany Darrienda
Fany Darrienda
Postgraduate Student | Half-time house-wife | Fulltime mother

no comments

Follow Moeslema on SNS