2164
  2017-01-09       Manfaat.co.id

Rimbang, Tumbuhan Kaya Manfaat

Buah tradisional sejuta manfaat yang mungkin banyak dari kita belum mengetahui. Yuk cek apa saja manfaat dari tumbuhan Rimbang!

Indah Gumala Andirasdini 507 views

Assalamu'alaykum Moeslemates,

Artikel kali ini mengulas sejenis tanaman yang ternyata punya manfaat untuk tubuh, dan bisa dijadikan sebagai pelengkap makanan. Sebenarnya buah ini sangat mudah ditemukan loh, namun seiring perkembangan zaman buah ini seolah menghilang dari pengetahuan kita. Kalau kita sejenak memikirkan zaman dahulu (di zaman orang tua/nenek kita) penggunaan kacamata didominasi oleh yang sudah berumur, beda dengan zaman sekarang. Faktor lainnya adalah zaman dahulu lebih sering menggunakan obat-obat tradisional jikalau sakit. Diluar itu, ga ada salahnya pula kita mengetahui buah yang satu ini.

Tahukah Moeslemates, "Apa itu Rimbang" ?

Source: indonetwork

Rimbang yang juga dikenal dengan sebutan Takokak atau Tekokak atau Cepokak atau Pokak merupakan sejenis tumbuh-tumbuhan yang dikategorikan dalam kelompok terong-terongan. Mungkin karena itu rasanya aga-aga pahit dan hambar kali ya, he. Di luar negeri, Rimbang ini dikenal dengan istilah "turkey berry" atau "mini-eggplant".

Rimbang sebenarnya sangat mudah ditemui dipasaran lo, namun karena ditiap-tiap daerah Rimbang punya nama yang berbeda mungkin Moeslemates harus searching dulu namanya di tiap-tiap daerah. Dan ternyata, banyak olahan masakan yang menambahkan rimbang di dalamnya, gulai ataupun sambal lado misalnya. Mungkin karena Rimbang ini tidak populer di kalangan masyarakat sekarang, banyak yang tidak mengetahuinya, padahal sebenarnya Rimbang memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Rimbang

Source: 9ragaminformasi.com

Nah, ini yang mau dibahas. Buah ini sangat terkenal bisa menyembuhkan penyakit mata (mata rabun). Bener ga sih ?

Menurut penelitian, Rimbang ini kaya akan kandungan vitamin A seperti wortel. Jadi, tak heran Rimbang sangat dibutuhkan untuk kesehatan mata hingga bisa menurunkan minus mata (jikalau dikonsumsi secara rutin).

Selain kandungan vitamin A nya, Rimbang juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Kandungan ini juga berguna untuk
pengobatan pinggang kaku, bengkak, sakit
lambung,tidak datang bulan, ataupun jantung berdebar.

Rimbang memiliki kandungan kimia pada daun, bunga dan buahnya antara lain, Saponin, Tanin, Flavonid, Alkaloid, Protein Lemak, Kalsium, Fosfor, Zat Besi serta Vitamin A, B dan C. Pada daunnya, Rimbang bisa dimanfaatkan sebagai obat jantung berdebar. Sedangkan daun dan buahnya bisa mengobati kepala pusing, kurang nafsu makan serta tekanan darah tinggi.

Bagi Moeslemates yang belum pernah mencoba Rimbang, Rimbang bisa menjadi pelengkap menu makanan yang sehat, bisa dipadu-padankan dengan makanan lain seperti tauco , atau lalapan. Jikalau Moeslemates tidak bisa memakan Rimbang mentah-mentah, Rimbang bisa dijus dengan wortel tanpa mengurangi khasiatnya.

Selamat mencoba (:

Like our facebook page if you like this article!
Category: RECIPE&CULINARY


Curator Introduction

no comments

Follow Moeslema on SNS