2149
  2017.01.06       wisatalova.com

7 Wisata Alam di Bandung untuk Refreshing

Penat dengan kegiatan di Ibukota? Artinya kamu butuh refreshing, yuk kunjungi wisata alam di Bandung yang bikin kamu fresh dan bakalan lupa sejenak dengan hiruk pikuk Jakarta.

Arverinda Lintang Respati 198 views

Assalamualaikum moeslemates, tak terasa nih sudah di penghujung tahun. Pasti diantara moeslemates ada yang ingin liburan, refreshing dan terbebas dari hiruk pikuk kota terutama Jakarta. Bagi orang-orang yang tinggal di Jakarta alternatif liburan yang bernuansa alam paling dekat adalah Puncak dan Bandung. Nah kali ini aku mau bahas mengenai beberapa tempat wisata alam di Bandung yang harus kamu coba, yang bakalan bikin stress kamu di tempat kerja ataupun kuliah hilang sejenak. Yuk simak beberapa destinasi yang harus kamu kunjungi.

Berliburlah Selagi Kau Sempat, Sebelum Usiamu Menua, Sebelum Kau Disibukkan Dengan Keluargamu

1. Taman Hutan Raya (Tahura)

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda merupakan kawasan konservasi yang terpadu antara alam sekunder dengan hutan tanaman yang terletak di Kota Bandung, Indonesia. Luasnya mencapai 590 hektare membentang dari kawasan Dago Pakar sampai Maribaya. Selain hutan alaminya dan untuk berolah-raga lintas alam THR Djuanda juga terdapat objek wisata lainnya:
- Monumen Ir. H. Djuanda
- Gua Jepang dan Gua Belanda
- Kolam Pakar
- Air terjun Curug Omas
- Air terjun Curug Lalay
- Air terjun Curug Dago
- Museum Ir. H. Djuanda
- Artefak kebudayaan purba yang pernah ditemukan di kawasan Dago Pakar
- Prasasti Raja Thailand
- Taman bermain
- Tebing Keraton (Tiket terpisah tempat & Berlaku Tiket terusan ke Tahura untuk 1 hari)

Salah satu sudut di Taman Hutan Raya yang sejuk, rindang dan memberikan kesan tenang. Cocok untuk kamu yang ingin refreshing, rehat sejenak dari kehidupan kota yang penuh akan hiruk pikuk.

Tak hanya dipenuhi pepohonan dan pondok - pondok sebagai tempat untuk istirahat. Di Tahuran juga terdapat beberapa kedai kopi yang cukup hitz, yang mempunyai view yang begitu indah dan cocok banget buat kamu yang suka foto kemudian posting ke media sosial.

2. Kawah Putih

Kawah Putih adalah sebuah tempat wisata di Jawa Barat yang terletak di kawasan Ciwidey. Kawah putih merupakan sebuah danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha. Tanah yang bercampur belerang di sekitar kawah ini berwarna putih, lalu warna air yang berada di kawah ini berwarna putih kehijauan, yang unik dari kawah ini adalah airnya kadang berubah warna. Kawah ini berada pada ketinggian +2090 m dpl dibawah puncak/titik tertinggi Gunung Patuha.

Kawah Putih, tempat wisata yang mempunyai pesona keindahan tiada tandingnya. Untuk sampai di kawah putih pengunjung bisa menggunakan route perjalanan sebagai berikut: Pengunjung dari luar Bandung yang menggunnakan kendaraan roda empat dapat melewati jalur pintu Keluar Tol Kopo, melewati sayati dan dilanjutkan ke Soreang, dari soreang dilanjukan ke Ciwidey dan sampailah di lokasi kawah putih.

Harga tiket masuk Kawah Putih pada hari biasa dan hari libur serta akhir pekan adalah sama yaitu 15.000 Rupiah per orang, sedangkan untuk tarif kendaraan adalah sebagai berikut:

Parkir atas (mobil): 150.000 Rupiah
Parkir atas (motor): 35.000 Rupiah
Ontang-anting: 13.000 Rupiah
Parkir bawah (mobil): 6.000 Rupiah
Parkir bawah (motor): 5.000 Rupiah
Parkir bawah (bus): 25.000 Rupiah

Yang dimaksud dengan parkir atas adalah membawa kendaraan Anda sampai dengan lokasi kawah, bus tidak dapat parkir di atas. Maksud dari parkir bawah adalah memarkir kendaraan Anda di gerbang masuk kemudian Anda dapat naik ontang-anting untuk menuju kawah.

Apa itu ontang-anting? Ontang-anting berasal dari bahasa Sunda yang berarti ‘mondar mandir’ dan merupakan sebutan bagi kendaraan khas Kawah Putih Ciwidey. Kendaraan ini berupa mini bus yang telah dimodifikasi menjadi terbuka dan dilengkapi dengan pengaman. Kapasitas maksimal untuk 1 ontang-anting adalah 12 orang, namun jangan kuatir tidak kebagian tempat karena ada banyak ontang anting beroperasi di kawasan ini.

3. Rancaupas

Ranca Upas atau Kampung Cai Ranca Upas adalah salah satu bumi perkemahan di Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Terletak di Jalan Raya Ciwidey Patenggang KM. 11, Alam Endah, Ciwidey Kabupaten Bandung, dengan jarak sekitar 50 km dari pusat Kota Bandung.

Berikut adalah spot penangkaran rusa yang ada di Rancaupas Camping Adventure. Selain Penangkaran rusa terdapat pula Areal Camping Ranca Upas Smart Camp Adventure, Kolam Pemandian Air Panas dan Waterboom, Fun Adventure berupa kegiatan outbond, serta Fun Games berupa perahu-perahu.

Uwi6c2avl8fimg06ncbu Source: Arverinda Lintang R

Salah satu foto sunrise di Rancaupas Camping Adventure, buat kamu yang bakalan camping ke rancaupas jangan lupa siapin jaket yang berlapis lapis karena disini dingin banget apalagi pas subuh, dijamin dinginnya nusuk sampe tulang.

HARGA TIKET MASUK RANCA UPAS
Perorang Rp.10.000
Kendaraan Roda 4 Rp.5.000
Kendaraan Roda 2 Rp.2.000
Kendaraan Bus Rp.20.000

4. Situ Patenggang

Situ Patenggang atau Situ Patengan adalah suatu danau yang terletak di kawasan objek wisata alam Bandung Selatan, Jawa Barat, Indonesia, tepatnya di Ciwidey. Terletak di ketinggian 1600 meter di atas permukaan laut, danau ini memiliki pemandangan yang sangat eksotik. Situ patenggang juga memiliki pemandangan alam yang asri, karena disekitarnya terdapat hamparan kebun teh.

Pemandangan kebun teh dan Situ Patenggang yang mencuri perhatian. Berdasarkan informasi yang tertera di lokasi wisata, situ Patenggang berasal dari bahasa Sunda, pateangan-teangan (saling mencari). Mengisahkan cinta Putra Prabu dan Putri titisan Dewi yang besar bersama alam, yaitu ki Santang dan Dewi Rengganis. Mereka berpisah untuk sekian lamanya. Karena cintanya yang begitu mendalam, mereka saling mencari dan akhirnya bertemu di sebuah tempat yang sampai sekarang dinamakan "Batu Cinta". Dewi Rengganispun minta dibuatkan danau dan sebuah perahu untuk berlayar bersama. Perahu inilah yang sampai sekarang menjadi sebuah pulau yang berbentuk hati (Pulau Asmara /Pulau Sasaka). Menurut cerita ini, yang singgah di batu cinta dan mengelilingi pulau asmara, senantiasa mendapat cinta yang abadi seperti mereka.

HARGA TIKET MASUK SITU PATENGGANG
Area wisata : Rp18.000 /orang weekday - Rp.20.500/orang weekend
Kendaraan Bis : Rp.22.000/bis,
Kendaraan roda 4 : Rp. 11.000/mobil
Kendaraan motor : Rp.3.500/motor
Sarana yang tersedia antara lain berupa tempat parkir yang luas, toilet umum, mushala, dan tempat menginap yang berada dibawah pengelolaan Perhutani . Selain itu juga terdapat banyak gazebo yang bisa digunakan untuk istirahat di sekitar objek wisata .

5. Tangkupan Perahu

Tangkuban Parahu atau Gunung Tangkuban Perahu adalah salah satu gunung yang terletak di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Sekitar 20 km ke arah utara Kota Bandung, dengan rimbun pohon pinus dan hamparan kebun teh di sekitarnya, Gunung Tangkuban Perahu mempunyai ketinggian setinggi 2.084 meter. Daerah Gunung Tangkuban Perahu dikelola oleh Perum Perhutanan. Suhu rata-rata hariannya adalah 17 oC pada siang hari dan 2 oC pada malam hari.

Keindahan Gunung Tangkuban Perahu. Asal-usul Gunung Tangkuban Perahu dikaitkan dengan legenda Sangkuriang, yang dikisahkan jatuh cinta kepada ibunya, Dayang Sumbi/Rarasati. Ketika usahanya gagal, Sangkuriang marah dan menendang perahu itu sehingga mendarat dalam keadaan terbalik. Perahu inilah yang kemudian membentuk Gunung Tangkuban Parahu.

Sementara untuk harga tiket masuk Tangkuban Perahu yaitu :
Tiket Masuk
Wisdom : Weekday Rp 20.000 - Weekend Rp 30.000
Wisman : Weekday Rp 200.000 - Weekend Rp 300.000
Kendaraan Roda Dua : Rp 17.000
Kendaraan Roda Empat : Rp 35.000
Kendaraan Roda Enam : Rp 150.000
Sepeda : Rp 10.000

6. The Lodge Maribaya

The Lodge Maribaya adalah salah satu tujuan wisata di kawasan Lembang, pengunjung The Lodge Maribaya dapat melakukan kegiatan outing, rekreasi, camping, tracking dan kegiatan luar ruang lainnya, lokasinya dapat dikatakan sangat dekat dengan patahan Lembang di bagian sebelah timur (Desa Cibodas) dari tempat ini pengunjung dapat menyaksikan rimbunnya pepohonan pinus yang terhampar di lereng bukit patahan Lembang.

Lokasi The Lodge Maribaya terletak di bagian timur kawasan Lembang, butuh waktu kurang lebih 30 menit – 1 jam dari pasar Lembang untuk menuju ke tempat ini. Lokasi The Lodge Maribaya berada satu jalur dengan lokasi wisata De Ranch, Taman begonia dan maribaya hotspring resort.

この記事が気に入ったらいいね!しようMoeslemaの最新情報をお届けします
Category: TRAVEL


2459

Kebun Begonia - Taman Bunga Cantik di Bandung Barat

Arverinda Lintang Respati
Updated at 2017-02-06
410

Mejelajahi Taman Tematik di Bandung

Deane Lene
Updated at 2016-08-05
1908

The Lodge Maribaya - Earthbound Advanture, Bandung

Nabiilah Hassa
Updated at 2016-12-28
2956

7 Masjid Termegah di Indonesia

Woro Ninditarini
Updated at 2017-02-02

no comments

Follow Moeslema on SNS