2128
  2017-01-06       stat.ks.kidsklik.com

5 Manfaat Membaca Bagi Kehidupanmu

Ada sekian banyak manfaat membaca dalam kehidupan kalian nih moeslemates, berikut 5 diantaranya.

Deane Lene 71 views

Dewasa ini minat membaca pada generasi muda mengalami penurunan yang cukup drastis. Hal ini disebabkan kerena adanya pergeseran gaya hidup seseorang. Sejatinya membaca adalah suatu kegiatan yang sangat penting yang harus dilakukan setiap harinya. Selain menambah wawasan, kegiatan membaca ini juga memiliki banyak manfaat bagi pelakunya loh. Membaca yang dimaksud bukan hanya sekedar membaca pesan singkat, atau sekedar kegiatan sosial saja kegiatan ini harus lebih bermanfaat. Kalian bisa membaca berita, ensiklopedia, novel, dan masih banyak lagi. Bukan membaca hanya dari buku secara fisik saja tetapi saat ini juga sudah tersedia buku secara virtual atau electronic book. Ada beberapa keuntungan ketika kalian membiasakan untuk membaca. Apa saja? Ini dia...

1. Menggenggam dunia

Source: goodheartextremescience.files.wordpress.com

Semakin banyak dan semakin sering kalian membaca maka dunia yang sangat luas ini seketika berada dalam genggaman kalian. Mengapa bisa demikian?

Moeslemates, dengan membaca kalian bisa mengetahui apa saja yang ada di belahan dunia lainnya tanpa kalian harus mengunjunginnya secara langsung. Semua hal yang ingin kalian ketahui juga bisa kalian dapatkan secara detailnya ketika kalian membaca dan mencari tahu lebih banyak lagi dari berbagai sumber. Manfaat lainnya kalian juga bisa kembali ke masa lalu untuk mengetahui peristiwa apa saja pada masa itu tanpa harus menggunakan kekuatan super atau menggunakan lorong waktu. Kalian juga bisa mengetahui rahasia alam mengenai galaksi, palung laut terdalam dan hal-hal extream lainya tanpa harus kalian mencobanya sendiri.

Selain itu, kalian tidak hanya mendapatkan pengetahuan seperti yang telah disebutkan saja tetapi kalian juga mendapatkan informasi mengenai fenomena sosial saat ini, keadaan perekonomian saat ini, polemik politik, hingga keadaan hewan-hewan sat ini pun kalian bisa ketahui.

2. Meminimalisir gangguan otak

Kalian sering merasa lupa apa yang harus kalian kerjakan? Atau kalian pernah merasa bingung apa yang seharusnya dilakukan setelahnya? Atau mungkin kalian merasa sering sakit kepala tanpa penyebab yang pasti?

Permasalahan tersebut bisa kalian atasi dengan membaca. Ketika kalian membaca, otak secara otomatis akan menerima dan juga menerima informasi dari luar. Jika kalian memaknakannya secara lebih maka informasi tersebut dapat tersimpan di otak dalam waktu yang cukup lama dan informasi tersebut akan kembali ketika kita membutuhkannya. Pada saat kondisi inilah otak bekerja untuk meremajakan sel-selnya agar tetap bisa berfungsi dengan baik.

Moeslemates, bukan berarti ketika kalian tidak memaknai suatu informasi dengan baik tidak akan mempengaruhi fungsi otak loh ya. Tetap saja informasi sekecil apapun ketika sudah dimaknai oleh panca indera dan masuk kedalam otak, maka informasi tersebut akan bermanfaat bagi otak.

3. Menenangkan

Ketika kalian memiliki banyak sekali masalah, kecemasan yang tidak kunjung reda, dan kekhawatiran yang tidak tahu apa penyebabnya. Maka kegiatan membaca adalah salah satu alternatif cara yang bisa kalian gunakan agar permasalahan tersebut dapat tereduksi secara perlahan-lahan. Mengapa aktifitas membaca dapat menghilangkan gangguan ini?

Karena pada saat membaca, kalian akan hanya berfokus pada informasi yang ada dihadapan kalian dan secara tidak langsung kalian akan mengesampingkan permasalahan yang sedang kalian hadapi saat itu. Pada saat kalian membaca, otak secara tidak langsung akan mencari jalan keluar atau problem solving bagi permasalahan kalian. Setelah kalian membaca, tentunya kalian akan merasa lebih tenang sebab kalian memberikan kesempatan bagi otak untuk beristirahat dari ketegangan yang kalian buat.

4. Lebih produktif

Source: img.okezone.com

Dengan kalian membiasakan aktifitas membaca dalam kehidupan sehari-hari kalian tentunya kalian akan lebih produktif. Perlu kalian ketahui bahwa seseorang yang memiliki kebiasaan membaca 5 kali lipat lebih produktif daripada seseorang yang tidak senang dengan kegiata membaca. Loh kok bisa?

Secara tidak langsung kegiatan membaca membuat kalian menemukan banyak hal dan informasi yang sebelumnya kalian tidak kalian ketahui. Kalian akan menjadi lebih kreatif dalam segala hal. kalian juga bisa menjadi pribadi yang inovatif dan juga memiliki segudang talenta hanya dengan membaca buku. Biasanya orang-orang yang memilki kebiasaan membaca buku berpeluang besar menjadi seorang pemimpin, seorang motivator, inovator dan masih banyak lagi.

Kreatif yang dimaksud bukan hanya bagaimana menciptakan sesuatu loh moeslemates, tetapi kreatif dalam mencari dan memecahkan masalah adalah salah satau kemampuan yang didapat dari membaca. Kalian akan menemukan banyak cara untuk memecahkan masalah yang tentunya tidak semua orang dapat mengetahui hal itu terlebih cara-cara tersebut bersifat unik dan tidak biasa. Hal ini didapat setiap kali kalian membaca, kalian akan menemukan berbagai macam permasalahan dan bagaimana cara memecahkan masalahnya dan tentu saja setiap buku walaupun memiliki masalah yang berbeda namun tentunya mereka memiliki cara yang berbeda untuk menyelesaikannya.

5. Hubungan sosial yang baik

Tidak jarang seseorang yang membiasakan diri untuk membaca memiliki hubungan sosial yang baik. Mengapa? Karena seseorang yang senang membaca terutama membaca novel akan menemukan banyak sekali dan berbagai macam jenis hubungan sosial dan tentunya dari situlah mereka menemukan sebab dan akibat dari hubungan sosial tersebut dan bisa jadi hal tersebut diaplikasikan pada kehidupannya.

Mereka akan mudah menampilkan sisi empatinya untuk memulai suatu hubungan sosial dengan siapapun orangnya. Mereka meyakini bahwa dengan cara berempati disetiap kali berhubungan sosial membuat mereka memahami kehidupan yang sebenarnnya dan akan membantu mereka meyakinkan apa yang terjadi dalam buku yang ia baca benar atau tidak terjadi demikian.

Nah moeslemates.... Beberapa hal diatas adalah sedikit dari sekian banyak manfaat dari membaca. Ada egitu banyak manfaat dari membaca lainnya yang bisa kaian dapatkan secara otomatis. Mulai sekarang, cobalah untuk menyukai kegiatan ini. Jika kalian tidak memiliki waktu kuhusus untuk melakukan kegiatan ini, kalian bisa lakukan disela-sela kesibukan. Walaupun hanya sedikit saja kesempatan kalian untuk membaca, tidak masalah. Jadi, selamat membaca ya moeslemates.

Deane Lene Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS