2117
  2016-12-21       instagram.com/patbingsooid

Cicipi Es Serut ala Korea di Patbingsoo Korean Dessert

Buat penggemar drama Korea, boyband Korea, reality show Korea pasti tak asing dengan dessert lucu dan kyut ala Korea yang sangat menggiurkan untuk disantap

Novia Causal 1,165 views

Moeslemates semua yang menyukai drama korea tak jarang melihat banyak makanan lucu nan unik khas korea yang menggiurkan untuk disantap. Mulai dari jajanan pasar korea, beraneka macam jenis mie ala korea, sampai dessert pun menarik dicoba. Yang menarik untuk coba salah satunya dessert ala korea. Ada berbagai macam dessert yang korea punya, namun yang akhir-akhir ini sedang booming yaitu es serut alias shaved ice. Orang korea menyebutnya dengan istilah Patbingsu.

Patbingsu originally began as ice shavings mixed in with sweetened azuki beans known as pat and it was usually sold by street vendors

Patbingsu awalnya berupa jajanan pinggir jalan atau street food di Korea yang ada saat musim panas dan musim semi. Namun karena banyaknya peminat, patbingsu muncul dengan berbagai macam toping menarik selain ketan hitam sebagai toping utamanya, bermunculan toping-toping lain seperti buah, yogurt, ice cream , cheesecake , sirup, jelly, corn flakes, dan menjadi dessert andalan dibeberapa kafe di Korea. Tidak mengenal musim, Patbingsu dapat dinikmati kapan saja dan dimana saja.

Di Indonesia sudah ada lhoh beberapa resto atau kafe ala korea yang menyajikan dessert Patbingsu. Salah satunya kafe Patbingsoo Korean Dessert. Patbingsoo Korean Dessert sudah banyak cabangnya di kawasan Jabodetabek. Kali ini saya mencoba Patbingsoo Korean Dessert yang ada di Bintaro Exchange Tangerang Selatan. Dari tampilan kafe nya mirip seperti resto biasa. Ada meja warni-warni, standing menu, dan pelayan yang siaga melayani. Di Patbingsoo Bintaro Xchange terbagi menjadi 2 area yakni area indoor dan outdoor.

Source: dokumentasi pribadi

Menggoda Untuk Dimakan

Patbingsoo menyajikan berbagai macam dessert yang benar-benar menggoda untuk disantap sesudah makan berat. Tumpukan es serutnya dipadukan dengan berbagai macam toping membuat saya lapar mata. Walaupun ciri khas menunya ada pada toping Pat alias ketan hitamnya, namun di Patbingsoo disajikan juga dessert tanpa ada ketan. Nama menunya Bing-Soo (Pat nya dibuang). Bingsoo disajikan bagi moeslemates yang tidak begitu suka dengan ketan hitam. Variannya pun tak kalah menggiurkan dengan yang ada toping Pat nya. Selain menu dessert tersedia juga main course ala Korea. Moeslemates dapat melihat macam-macam menunya di Qraved.com. Disitu tertulis pula review dari pengunjung lainnya.

Kali ini saya mencoba dessert tanpa Pat yang kaya akan rasa strawberry. Saya pesan Euljino Bingsoo. Es serut dipadukan dengan ice cream vanilla yang disekelilingnya diberikan taburan Cheese Cake. Diatas ice cream vanilla tak lupa disiram saus strawberry yang segar dan diakhiri dengan straberry cone. Digambar nampak kecil, namun setelah datang rasanya sendiri tak sanggup menghabiskan.

Source: dokumentasi pribadi

Source: dokumentasi pribadi

Tanyakan Komposisi Dessert

Sebagai umat muslim sudah sebaiknya kita memastikan terlebih dulu komposisi atau penyusun makanan yang kita santap kepada pihak kafe. Saat saya akan memesan suatu menu, ternyata pada ice creamnya ada kandungan alkoholnya. Sebaiknya moeslemates menanyakan komposisi bahan-bahannya kepada pelayan terlebih dahulu sebelum memesan karena kafe ini autentik atau dibuat mirip dengan aslinya di Korea dimana di negara tersebut halal atau haram nya makanan belum ada lembaga yang mensertifikasinya. Tidak ada salahnya kita mencegah kan moeslemates ?

Untuk harga nya standar kafe pada umumnya dessertnya mulai harga 35 ribuan yang nantinya akan diberikanTax dan Tax services. Lumayan worth it untuk dessert sebanyak dan semenggiurkan itu. Jam buka kafe ini mulai dari jam 11 pagi hingga last order jam 9 malam menyesuaikan jam buka Mall Bintaro Xchange. Lokasinya mudah dijangkau moeslemates, jadi tidak usah khawatir akan tersesat yah.

Sekian pembahasan saya tentang Patbingsoo Korean Dessert semoga bisa menjadi inspirasi kuliner bagi para pecinta kuliner ala Korea ini.

Novia Causal
Novia Causal
A precious woman with a great husband
Like our facebook page if you like this article!
Category: RECIPE&CULINARY


Related Tags
Curator Introduction
Novia Causal
Novia Causal
A precious woman with a great husband

no comments

Follow Moeslema on SNS