210
  2016-06-21       pengajian-ldii.net

Keutamaan Shalat Witir di Bulan Ramadhan

keutamaan yang didapatkan untuk mereka yang melaksanakan shalat witir di bulan ramadhan

Official Moeslema Team 367 views

Assalamualaikum Moeslemates,

Salat Witir adalah salat sunah yang dikerjakan pada waktu malam hari setelah waktu isya dan sebelum waktu salat subuh, dengan rakaat ganjil. Salat ini dilakukan setelah salat lainnya, seperti tarawih dan tahajjud), Salat ini dimaksudkan sebagai pemungkas waktu malam untuk "mengganjili" salat-salat yang genap, karena itu, dianjurkan untuk menjadikannya akhir salat malam.
Hadits Ali Radhiyallahu ‘anhu ketika ia berkata: “Witir tidaklah wajib sebagaimana salat fardhu. Akan tetapi ia adalah sunnah yang ditetapkan oleh Rasulullah SAW”. Maka hukum Shalat witir termasuk sunah muakad atau sunah yang ditekankan (bukan wajib).

1. Allah Mencintai Orang yang Witir

Dari ‘Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu anhu, ia menuturkan, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ اللهَ وِتْرٌ يُحِبُّ الْوِتْرَ، فَأَوْتِرُوْا يَاأَهْلَ الْقُرْآنِ.
“Sesungguhnya Allah itu ganjil dan menyukai orang-orang yang melakukan shalat Witir, maka shalat Witirlah, wahai para ahli al-Qur-an.”

2. Menyempurnakan Shalat Malam

Ibnu ‘Umar Radhiyallahu anhuma berkata, “Barangsiapa shalat sunnah di malam hari maka hendaklah ia men-jadikan akhir shalatnya adalah shalat Witir, karena Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan hal itu.”

3. Waktu yang Sangat Dekat dengan Allah

Rasulullah SAW adalah contoh teladan yang baik. Walaupun ia mendapatkan jaminan masuk syurga, namun ia selalu melakukan perbuatan baik termasuk shalat di sepertiga malam yang merupakan waktu terdekat dengan Allah SWT. Dia pun selalu berpesan kepada umatnya untuk tidak meninggalkan shalat witir.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia menuturkan, “Kekasihku Rasulullah Shalallahu’alahi wasallam berpesan kepadaku dgn tiga perkara (yang tak akan aku tinggalkan hingga mati): [1] berpuasa tiga hari pada setiap bulannya, [2] mengerjakan dua rakaat shalat Dhuha, & [3] mengerjakan shalat witir sebelum aku tidur.” (Muttafaqun’alaihi)

Itu dia keutamaan-keutamaan shalat witir di bulan Ramadhan Moeslemates. Semoga di bulan Ramadhan ini kita mampu menjalankannya dengan baik dan tentunya mengharap ridha Allah SWT. Amiin

Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS