2076
  2016-12-15       upload.wikimedia.org

Mengenal Jepang: Tsundere? (Part 2)

Bagian kedua dari artikel sebelumnya.

Lidya O. 132 views

Seperti yang sudah dijelaskan di bagian satu, tsundere adalah orang yang memiliki sifat keras, dingin, mudah marah, jutek namun pada saat yang tepat bisa menjadi sangat lovely. Biasanya dalam anime, tokoh perempuan dibuat begitu sulit untuk mengungkapkan perasaannya kepada orang lain. Salah satu yang saya masih ingat adalah tokoh Misaki dalam Kaichou wa Maid-sama.

Misaki ditakuti oleh semua teman-teman di sekolahnya karena terkenal galak dan boyish banget. Dia adalah ketua OSIS di SMA Seika yang kebanyakan muridnya adalah laki-laki. Kalau lagi marah, dia bisa ngamuk banget dan bikin bulu kuduk bergidik saking seramnya.

Siapa sangka, kehidupannya yang keras membuatnya harus bekerja sambilan sebagai maid yang mengharuskan sikapnya semanis perempuan pada umumnya. Ga kebayang kan waktu Misaki yang galak dan super duper jutek itu berubah jadi manis banget saat jadi maid? Bahkan dia bisa malu dan menangis layaknya sifat perempuan. Hanya di saat-saat tertentu saja, Misaki benar-benar lovely dan berubah total dari karakternya yang tsundere.

Macam-macam Tsundere

Source: pbs.twimg.com

Tsundere Natural: Tipe tsundere ini adalah tipe yang paling umum dan sering dijumpai di anime-anime. Biasanya, saat gugup dan malu mereka berlari untuk menutupi perasaannya. Nah, kalau tipe yang ini mirip banget nih sama tokoh Misaki.

Tsundere Narsisme: Sesuai dengan namanya, tipe ini disebabkan oleh karakternya yang tidak bisa menerima kritik atau opini dari orang lain. Bisa dibilang sih kayak krisis kepedean gitu. Makanya disebut "Tsundere Narsisme". Ada-ada ada ya!

Tsundere Ojou: Tsundere ini muncul karena memiliki gaya hidup yang mewah. Makanya tidak heran jika ia memiliki sifat gengsi yang cukup tinggi. Misalnya mereka yang hidup dari orangtua mereka yang kaya raya. Setiap hari diantar pakai mobil dan hampir tidak pernah kepanasan karena pengawal selalu setia 24 jam.

Deviant Tsundere: Tipe ini adalah tipe tsundere yang paling berbahaya karena dapat mengancam kehidupan karakter lain. Mungkin lebih ke kekerasan fisik ya. Jadi semacam karakter tsundere yang bisa bertingkah seolah-olah seperti penjahat.

Tsundere Pragmatis: Tsundere tipe ini menanggapi suatu hal atau masalah dengan serius dan hampir tidak memiliki selera humor yang bagus. Kalau diajak bercanda mungkin bakal dianggap serius sama mereka dan rasa-rasanya tipikal seperti mereka ini akan jarang tersenyum apalagi tertawa.

Extrovert Tsundere: Tipe ini merupakan tipe yang paling kekanak-kanakan karena memiliki sifat yang ceria dan banyak tingkah. Biasanya mereka kelihatan ceroboh dan tidak berpikir panjang.

Introvert Tsundere: Tipe ini adalah kebalikannya dari Extrovert Tsundere yang memiliki sifat pendiam dan tertutup. Jangan harap bisa curhat apalagi mendapatkan respon banyak dari tipe tsundere ini.


Dilansir dari sumber: http://www.burung-net.com/2015/06/apa-itu-tsundere-yandere-kuudere-dandere.html

Berbahayakah, Tsundere?

Seperti pertanyaan saya sebelumnya, apakah tsundere ini bisa disebut penyakit yang berhubungan dengan kejiwaan?

Kalau kamu cari artikel tentang "tsundere", akan banyak keluar yang menjelaskan tentang karakter anime. Jadi bisa dipastikan kalau karakter ini sebenarnya memang diperuntukkan untuk menghidupkan karakter-karakter yang ada di anime Jepang. Dari sekian banyak teman-teman saya yang mengenal anime dan punya komunitas otaku (penggila anime) mengatakan bahwa semua ini memang hanya untuk dunia animasi saja. Entah ada di dunia nyata atau tidak, sebenarnya itulah yang menarik perhatian saya untuk diteliti.

Source: cdn.klimg.com

Sebenarnya kalau kita perhatikan dari awal, tipikal karakter ini mungkin kelihatan wajar juga di beberapa kalangan walaupun tidak juga cepat berubah dari tsun tsun menjadi dere dere. Misalnya, pernah tidak kamu punya teman perempuan yang boyish dan galak sama cowok-cowok tapi dia bisa baik banget sama teman-teman ceweknya?

Source: www.isigood.com

Nah, menurut saya sebenarnya semuanya tergantung pada diri kita sendiri dan si pelaku tsundere itu. Kalau terlalu berlebihan, tidak bisa dikontrol, bisa jadi berbahaya untuk kehidupan sosial mereka. Misalnya, mereka bisa kehilangan teman karena sifat tsunderenya yang berlebihan. Terlalu mendominasi tsun tsun juga akan membuat orang jadi segan untuk temenan sama orang yang berkarakter seperti itu.

Bagaimana Moeslemates? Ternyata karakter di anime Jepang bisa dikaitkan juga ya dengan yang ada di kehidupan nyata? Nah, untuk artikel berikutnya saya akan coba membahas tentang bagaimana cara mengatasi mereka yang memiliki karakter tsundere ini. Tetap nantikan ya artikel berikutnya!

Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS