2075
  2016-12-12    

4 Sifat Rasulullah SAW yang harus kamu teladani

Alangkah baiknya di hari Maulid Nabi Muhammad SAW, kita belajar untuk menjadi lebih dekat dengannya dan menunjukkan rasa cinta kita dengan meniru akhlaknya

Official Moeslema Team 2,125 views

Assalaamu'alaikum Moeslemates,

Bagaimana hari libur kalian? Hari ini bertepatan dengan tanggal 12 Rabiul Awal sekaligus bertepatan dengan hari Mualid Nabi besar kita, Rasulullah SAW. Seperti yang sama-sama kita ketahui, Rasulullah SAW adalah sosok yang paling baik untuk dijadikan teladan oleh umat muslim dimanapun mereka berada.

Sungguh telah ada bagi kalian pada diri Rasulullah suri teladan yang baik bagi orang yang berharap kepada Allah, hari akhir dan bagi orang yang banyak mengingat Allah.
Source: QS. Al Ahzab, 21

Di bangku sekolah dasar, bahkan mungkin sebelumnya, kita sudah diperkenalkan dengan 4 sifat Rasulullah yang akan kami bahas berikut ini.

1. Shiddiq atau Jujur/Benar

Source: mulpix.com

Yang dimaksud dengan Shiddiq, yang berarti jujur/benar, dilihat tidak hanya dari segi perkataan tapi juga dari segi perbuatan. Nabi Muhammad SAW mencontohkan untuk tidak hanya mengumbar ucapan tapi juga melaksanakannya.

Supaya Allah memberikan balasan kepada orang-orang yang benar itu karena kebenarannya, dan menyiksa orang-orang munafik jika dikehendaki-Nya atau menerima tobat mereka. Sesungguhnya Allah adalah maha pengampun lagi maha penyayang.
Source: QS. Al Ahzab, 24

2. Amanah atau Bisa Dipercaya

Source: tafsirq.com

Nabi Muhammad SAW mendapatkan gelar Al Amin sejak beliau kecil, jauh sebelum diangkat sebagai Rasulullah SAW. Apapun urusan yang dipercayakan padanya, beliau selalu menjalankannya. Semua penduduk mekah pun mempercayainya karena beliau bukanlah orang yang pembohong dan selalu menjadi orang yang dapat dipercaya.

3. Tabligh atau Menyampaikan

Source: likesuccess.com

Saat menjadi Rasulullah SAW, beliau selalu menyampaikan setiap wahyu yang diterimanya sekalipun ada wahyu yang menyinggung dirinya. Sebagai umat-Nya, tentunya kita juga harus menyampaikan ajaran baik kepada orang-orang disekitar kita ya moeslemates. Menjadi teman yang baik artinya juga mau mengingatkan, sekalipun seringkali kebenaran itu menyakitkan.

4. Fathonah atau Cerdas

Source: plus.google.com

Rasulullah SAW selalu memiliki cara untuk menjelaskan firman-firman Allah kepada kaumnya dengan cara yang luar biasa sehingga mereka mau memeluk agama Islam. Beliau juga selalu menjaga hubungan baik dengan berbagai jenis orang serta mampu mengatur ummatnya dengan sebaik-baiknya.

Sebagai umat-Nya, menjadi orang yang cerdas artinya mampu memimpin diri kita sendiri agar menjadi seorang mukmin yang mampu membawa nama baik Islam. Untuk itu kita harus mampu menyesuaikan diri dengan keadaan. Tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini, tapi bukan berarti kita tidak bisa belajar dari kesalahan.

Sebenarnya, masih bayak sifat Rasulullah SAW yang perlu kamu teladani moeslemates. Tapi semoga apa yang kami bahas bisa menjadi triger untuk mencintai Rasulullah SAW lebih lagi sekaligus mengingatkan kita untuk mengamalkan kebaikan. Amiin yaa Rabbal 'alamiin.

Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS