2062
  2016-12-19       www.sayangi.com

Nikmat Memaafkan dalam Islam

Memaafkan kesalahan orang lain tak lantas membuat kita melupakan sakit hati yang didapat. Akan tetapi, akan selalu ada balasan kebaikan bagi kaum yang mudah memaafkan dengan ikhlas. Sudah siap jadi berlapang dada?

santi lisnawati 367 views


Assalamualaikum, moeslemates!

Memaafkan kesalahan orang lain secara tulus ikhlas memang tak mudah. Kadang mulut ini sudah berjanji untuk memaafkan tapi hati masih saja merasa tersakiti. Tapi nyatanya ada balasan yang dijanjikan Allah SWT bagi kaumnya yang mudah memaafkan. Apa aja ya?

Dan hendaklah mereka memaafkan dan berlapang dada. Apakah kamu tidak ingin Allah mengampunimu? Dan Allah adalah maha pengampun lagi maha penyayang (QS An-Nuur:22)

Jika Allah SWT saja begitu berlapang dadanya memaafkan kaumnya, pastinya kita juga harus bisa ikhlas ya moeslemates. InshaAllah dosa kita pun terampuni dengan memaafkan orang lain :)


Rasulullah SAW bersabda,

Barangsiapa memaafkan saat dia mampu membalas maka Allah memberinya maaf pada hari kesulitan. (HR Ath- Thabrani)

Sabda Rasulullah SAW,

Jika hari kiamat tiba terdengarlah suara panggilan "Manakah orang-orang yang suka mengampuni dosa sesama manusianya?" Datanglah kamu kepada Tuhan-mu dan terimalah pahala-pahalamu. Dan menjadi hak setiap muslim jika ia memaafkan kesalahan orang lain untuk masuk surga. (HR Adh-Dhahak dari Ibnu Abbas r.a.)

Kebayang gak moeslemates hanya dengan memaafkan, sudah dijamin masuk surga :)

Memaafkan adalah sifat ksatria. Alangkah baiknya kita sudah lebih dulu memaafkan sebelum orang lain meminta maaf. Namun bagaimana jika kita sudah memaafkan tapi orang tersebut tak kunjung datang meminta maaf? Doakan saja orang tersebut, minta kepada Allah SWT untuk membukakan pintu hatinya dan memberinya hidayah untuk bertaubat.

Well, moeslemates yuk kita sama-sama coba jadi ksatria dengan mudah memaafkan orang lain. Ingatlah betapa luar biasa kebaikan dan balasan yang akan didapat dari Allah SWT :)

santi lisnawati
santi lisnawati
writing and traveling enthusiast
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
santi lisnawati
santi lisnawati
writing and traveling enthusiast

no comments

Follow Moeslema on SNS