206
  2016-06-21       www.alamislam.com

Bahaya Tidur Setelah Makan Sahur

Berikut yang terjadi pada tubuh akibat tidur setelah sahur

Official Moeslema Team 23 views

Assalamualaikum Moeslemates,

Bagi masyarakat muslim sahur adalah kegiatan untuk mengawali puasa setiap hari. Sahur (bahasa Arab: سحور ), juga disebut Sehur, Sehri, Sahari dan Suhoor dalam bahasa lain, adalah sebuah istilah Islam yang merujuk kepada aktivitas makan oleh umat Islam yang dilakukan pada dini hari bagi yang akan menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadan. Banyak orang yang setelah melakukan sahur kemudian tidur kembali untuk beristirahat, tapi tahukah Moeslemates ternyata tidur setelah makan terutama setelah makan sahur dapat memicu banyak permasalah bagi tubuh kita. Berikut bahaya tidur setelah makan sahur.

1. Susah Tidur

Makan sebelum tidur dapat menjadi penyebab susah tidur, terlebih jika makanan yang anda konsumsi banyak mengandung kafein seperti kopi, teh dan minuman bersoda. Untuk itu sebaiknya Moeslemates memberi jarak antara waktu makan dan tidur sekitar 2 jam setelah makan. Meskipun tidur setelah makan dapat memicu insomnia tetapi membiarkan perut kosong saat menjelang tidur juga tidak baik, sebaiknya isi perut sebelum tidur tapi tidak dalam waktu yang berdekatan.

2. Memicu Maag

Rasa perih pada lambung bisa terjadi ketika asam lambung dalam perut naik kembali ke kerongkongan setelah makan, menyebabkan rasa terbakar di dada. Hal ini bisa disebabkan karena berbaring atau tidur makan.

3. Komplikasi Asma

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Gastroenterology pada tahun 2004 lalu mengungkap bahwa penderita asma yang makan sebelum tidur mengalami komplikasi lebih sering pada asma mereka seperti batuk, mengi dan sesak napas, dibandingkan mereka yang tidak melakukan tidur setelah makan.

4. Memperbesar Resiko Stroke

Penelitian yang melibatkan 500 orang sehat, 250 orang yang mengalami stroke dan 250 dengan sindrom koroner akut menunjukkan bahwa tidur setelah makan dapat menjadi penyebab stroke dan memperburuk penderita stroke. Dari hasil penelitian tersebut mengungkap bahwa orang yang memiliki waktu 60 sampai 70 menit tidur setelah makan malam memiliki resiko 66% lebih kecil mengalami stroke. Sedangkan orang yang menunggu 70 menit sampai dua jam tidur setelah makan memiliki resiko 76% lebih rendah mengalami stroke.

5. Kegemukan

Source: www.merdeka.com

Tidur setelah makan dapat mengganggu proses pencernaan sehingga orang yang melakukannya lebih mungkin mengalami obesitas.

6. Pencernaan Buruk

Tidur setelah makan dapat membuat pencernaan terganggu sehingga perut menjadi kembung karena makanan tidak dapat dicerna dengan sempurna.

7. Sembelit

Sulit BAB terjadi karena makanan tidak bisa dicerna dengan baik karena posisi badan terbaring sehingga sampah dalam perut menjadi sulit dikeluarkan akibatnya pengeluaran racun dari dalam tubuh pun tidak bisa maksimal sehingga memungkinkan penyakit hinggap di tubuh.

Itu dia bahaya tidur setelah makan Moeslemates terutama setelah sahur, untuk Moeslemates yang ingin tetap sehat dan terjaga kualitas tidurnya disarankan untuk tidak bergadang saat bulan puasa agar puasa tetap fit dan terjaga.

Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS