2045
  2016-12-14       images.moviepostershop.com

Movie Review: 5 Centimeters Per Second

"5 Centimeters Per Second" akan mengajakmu berfantasi tentang kisah di masa lalu dan romansa dua insan yang dipertemukan kembali saat kehidupan mereka sudah berubah.

Lidya O. 96 views

Akhir-akhir ini di komunitas Jepang mulai banyak yang membicarakan tentang film "Your Name". Rupanya hampir semua teman-teman saya sangat merekomendasikan film ini. Ternyata "Your Name" adalah karya terbaru dari Makoto Shinkai yang salah satu anime terbaiknya adalah "5 Centimeters Per Second". Ah, saya jadi ingin 'flashback' ke masa Akari dan Takaki masih bersama. Boleh ya saya review film ini untuk menjadi lanjutan "Your Name" yang akan saya review juga di artikel berikutnya. Selamat membaca!

Maybe we tried to leave as much memories of ourselves with each other because we knew one day we wouldn't be together any more.
Source: Makoto Shinkai

Sinopsis

"5 Centimeters Per Second"

Directed by Makoto Shinkai
Produced by Makoto Shinkai
Written by Makoto Shinkai
Music by Tenmon
Released 3 March 2007
Runtime 63 minutes

Animasi bergenre romansa ini menurut saya sangat touchable. Beberapa kali saya menangis haru karena menonton film ini. Ceritanya mengisahkan tentang Tohno Takaki dan Shinohara Akari yang sudah akrab dari kecil. Kemudian mereka dipisahkan oleh jarak. Takaki terus menerima surat dari Akari yang bahkan mungkin mereka sebenarnya sudah memiliki kehidupan yang berbeda saat itu. Terbagi dalam 3 chapter yang masing-masing memiliki alur cerita yang bisa kamu nikmati seakan-akan kehidupan mereka terus berjalan. Sampai pada di adegan pertemuan Akari dan Takaki dewasa yang menguras air mata. Dan klimaksnya di chapter 3. Terpisah oleh jarak, terhalang oleh waktu, terlewati begitu saja dan seperti itukah cara mereka saling mencintai?

Review

Di chapter 1 kamu akan melihat bagaimana cara Akari menceritakan kisah-kisahnya kepada Takaki sejak mereka berpisah. Dan kita akan dibawa oleh kenangan Takaki kepada Akari hingga tidak sadar saat itu Takaki sudah dewasa dan akan pergi ke suatu tempat.

Lewat perjalanan jauh Takaki itulah kita dibawa ke sebuah kenangan panjang. Rasa khawatir, bahaya di tengah salju, dan waktu yang terus bergulir seakan-akan mengisyaratkan bahwa perjanjian masa kecil mereka sudah tidak berarti lagi. Tapi, ternyata perjuangan Takaki menemui Akari tidaklah sia-sia.

Walaupun 'hanya' sebuah anime, tapi saya merasa mereka benar-benar seperti hidup. Saya suka banget sama musik yang mengiringi sepanjang film ini diputar. Dan setiap kata-kata yang keluar dari mulut Takaki maupun Akari.

Ah, bahkan untuk menuliskannya saja saya bisa menangis. Kamu akan tahu bagaimana kerennya film ini setelah menontonnya.

Trailer

Lidya O. Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: REVIEW


Related Tags
Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS